Keibuan, Inilah Profil Presiden Kroasia yang Memotivasi Tim Kroasia

#WorldCup2018 Pelukannya melelehkan banyak hati warganet

Prancis boleh saja memenangkan gelar Piala Dunia Rusia 2018, namun banyak warganet merasa pemenang sesungguhnya di babak final yang berlangsung semalam di Luzhniki Stadium, Moskow adalah Presiden Kroasia, Kolinda Grabar-Kitarovic.

Pelukan hangatnya kepada para pemain saat penyerahan medali membuat banyak hati warganet yang meleleh.

Siapakah Kolinda Grabar-Kitarovic?

1.Kolinda Grabar-Kitarovic fasih berbagai bahasa

Keibuan, Inilah Profil Presiden Kroasia yang Memotivasi Tim Kroasiatwitter.com/Miali_Mkenya

Presiden Kroasia ini lahir tanggal 29 April 1968 di Rejika, bagian Kroasia di Yugoslavia. Saat masih duduk di SMU, dia mendaftarkan diri di program pertukaran pelajar dengan menghabiskan waktu satu tahun di Los Alamos High School, New Mexico, Amerika Serikat.

Dia kemudian meneruskan pendidikannya di Zagreb, Vienna, Washington DC dan Harvard sebelum menyelesaikan studi doktoralnya di negaranya tiga tahun lalu.

Berkat pendidikannya ini, Kolinda Grabar-Kitarovic fasih berbahasa Kroasia, Inggris, Spanyol dan Portugal dan juga mengerti bahasa Jerman, Perancis dan Italia.

2.Kolinda Grabar-Kitarovic terpilih sebagai presiden Kroasia 2015

Keibuan, Inilah Profil Presiden Kroasia yang Memotivasi Tim Kroasiatwitter.com/Zuri_News

Kolinda Grabar-Kitarovic terpilih sebagai presiden Kroasia yang ke-empat bulan Februari 2015 - menjadikannya PM wanita pertama negaranya.

Dia sempat memegang berbagai jabatan politik sejak bergabung dengan Croatian Democratic Union (HDZ) tahun 1993, mulai dari penasehat Kementerian Luar Negeri Kroasia.

Sebelum menjadi presiden, wanita berusia 50 tahun ini pernah bekerja sebagai duta besar Kroasia untuk AS dan asisten Sekjen NATO sebelum akhirnya terpilih menggantikan presiden sebelumnya, Ivo Josipovic.

3.Kolinda Grabar-Kitarovic sempat serahkan jersey timnas Kroasia untuk Presiden Vladimir Putin

Keibuan, Inilah Profil Presiden Kroasia yang Memotivasi Tim Kroasiatwitter.com/MirrorFootball

Kolinda Grabar-Kitarovic menikah dengan Jakov Kitarovic pada tahun 1996 di mana dia mendapatkan dua anak dari hasil pernikahannya ini.

Anak perempuannya, Kararina yang berusia 17 tahun merupakan juara nasional figure skater junior sementara anak keduanya lahir pada tahun 2003.

Jelang laga babak final Piala Dunia Rusia 2018, Kolinda Grabar-Kitarovic menyempatkan diri menemui Presiden Rusia, Vladimir Putin di Kremlin sambil menyerahkan jersey timnas Kroasia bernomer punggung 9 dengan nama Putin, demikian dilansir dari Mirror UK.

Presiden Putin mengucapkan selamat kepada tamunya ini di mana timnas mereka berhasil menembus babak final.

Kolinda Grabar-Kitarovic mengucapkan terima kasih kepada Presiden Putin atas perannya di turnamen yang dianggapnya sukses, meskipun jersey tersebut ternyata masih ada tag harganya.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya