Saling Sindir Soal Transfer, Ini Rincian Pengeluaran Mourinho-Klopp

Pasar sudah berubah

Jelang laga pra musim antara Manchester United melawan Liverpool hari Minggu besok di Michigan Stadium, Jose Mourinho menyatakan bahwa tekanan ada di pundak Jurgen Klopp untuk akhirnya menjadi juara.

Hal ini ditegaskan oleh Jose Mourinho usai mengantarkan Setan Merah memenangkan laga melawan AC Milan di turnamen pra musim International Champions Cup melalui adu penalti dengan skor 9-8. 

1. Jose Mourinho menyatakan kini saatnya Liverpool dituntut menjadi juara

Saling Sindir Soal Transfer, Ini Rincian Pengeluaran Mourinho-Klopptwitter.com/MirrorFootball

Liverpool tercatat sudah mengeluarkan dana sebesar £176,95 juta guna mendatangkan beberapa pemain seperti kiper Brasil Alisson Becker (£67 juta), Naby Keita (£53,75 juta), Fabinho (£43 juta) dan Xherdan Shaqiri (£13,5 juta), yang membuat Jose Mourinho menyatakan pendapatnya seperti dilansir dari Sky Sports.

"Mungkin musim ini akhirnya kalian menuntut mereka memenangkan gelar. Saya tidak melihat siapa saja yang dapat mendekati pengeluaran seperti yang mereka lakukan.
"Sebuah tim yang merupakan finalis Liga Champions, Anda harus menyatakan bahwa kalian adalah kandidat utama, kalian harus menang."

2. Jurgen Klopp akui pasar transfer pemain sudah berubah

Saling Sindir Soal Transfer, Ini Rincian Pengeluaran Mourinho-Klopptwitter.com/SkySportsPL

Jika dilihat dari konteksnya, ucapan Jose Mourinho ini sekaligus merupakan jawaban atas kritikan yang sempat dilontarkan oleh Jurgen Klopp saat MU mendatangkan Paul Pogba dengan rekor transfer sebesar £93,25 juta.

Jurgen Klopp sendiri sudah mengakui bahwa situasi pasar sudah berubah dan pendapatnya memang sudah harus berubah sebagaimana dilansir dari Squawka.

"Dunia sudah berubah total. Pemain yang lebih baik daripada yang kami miliki tidak lagi menunggu di sudut lapangan. Anda tidak bisa mendapatkan kiper terbaik dunia yang memiliki kontrak jangka panjang di Roma dengan bebas transfer."

3. Net spending Liverpool jauh lebih kecil

Saling Sindir Soal Transfer, Ini Rincian Pengeluaran Mourinho-Klopptwitter.com/BBCSport

Jika diteliti, sebenarnya sejak jendela transfer musim panas 2016 saat kedua pelatih mulai menangani klub di Liga Premier Inggris, pengeluaran kedua pelatih tidaklah berbeda banyak.

Liverpool tercatat mengeluarkan dana £411.55 juta berbanding £392,55 juta—di mana Alexis Sanchez dan Zlatan Ibrahimovic didapatkan tanpa mengeluarkan dana sepeser pun.

Namun dari pendapatan, kedua pelatih memiliki catatan yang sangat berbeda.

Liverpool dalam periode yang sama berhasil mendapatkan dana £289,65 juta di mana porsi terbesar didapatkan dari penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona sebesar £146 juta.

Di pihak lain, Manchester United hanya menerima dana penjualan pemain sebesar £85,3 juta.

Jika dikurangi pengeluaran dengan pendapatan (net spending), maka Liverpool total mengeluarkan dana £121,9 juta sementara Manchester United mengeluarkan dana £307,25 juta.

Terlepas dari perbandingan pengeluaran dan pendapatan tersebut di atas, yang jelas kompetisi Liga Premier Inggris musim ini akan semakin bertambah seru.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya