Statistik Menarik 48 Laga Babak Penyisihan Grup Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Break down 122 gol yang tercipta

Setelah dimanjakan dengan pagelaran 48 laga dalam jangka waktu 2 minggu, Piala Dunia akan memasuki fase knock out yang akan berlangsung tidak seintens fase penyisihan grup.

Selama penyisihan grup, tercipta 122 gol yang hampir setengahnya disumbangkan oleh para pemain yang merumput di dua kompetisi besar Eropa.

Mana saja mereka dan apa catatan menarik dari penyisihan grup Piala Dunia tahun ini?

1. Pemain Liga Premier Inggris dan La Liga Spanyol mendominasi gol

Statistik Menarik 48 Laga Babak Penyisihan Grup Piala Dunia 2018twitter.com/HKane

Para pemain yang merumput di Liga Premier Inggris tercatat menyumbangkan 31 gol. Sementara para pemain La Liga menyumbangkan 29 gol. Empat gol lainnya disumbangkan dari klub divisi dua kedua negara itu.

Untuk top skorer, Liga Premier Inggris menempatkan dua pemainnya, yaitu Harry Kane dengan lima gol untuk timnas Inggris, dan striker Manchester United, Romelu Lukaku dengan empat gol bagi timnas Belgia.

Sementara itu La Liga menempatkan striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo dengan 4 gol untuk Portugal, striker Atletico Madrid Diego Costa dengan 3 gol untuk Spanyol dan gelandang Villarreal, Denis Cheryshev dengan tiga gol untuk timnas Rusia.

Sementara itu para pemain yang bermain di Ligue 1 Perancis menyumbangkan 9 gol, lebih satu gol dari para pemain yang bermain di Bundesliga, sementara para pemain Serie A Italia mencetak 7 gol.

2. Pemain Real Madrid, Barcelona dan Tottenham Hotspur paling subur

Statistik Menarik 48 Laga Babak Penyisihan Grup Piala Dunia 2018twitter.com/FIFAWorldCup

Untuk level klub, para pemain Real Madrid menjadi yang tersubur dengan mencetak 9 gol disusul oleh klub Barcelona dan Tottenham Hotspur dengan masing-masing 8 gol.

Klub anggota Bundesliga, Bayern Munich merupakan satu-satunya klub yang pemainnya tidak mencetak satu gol pun di Piala Dunia Rusia 2018. Kegagalan melewati babak 16 besar membuat peluang untuk mencetak gol menjadi tertutup.

Hal ini kontras dengan turnamen Piala Dunia Brasil 2014 - di mana mereka tampil sebagai juara, dengan mencetak 18 gol di turnamen tersebut.

Klub anggota Liga Utama Amerika Serikat diwakili oleh dua pemainnya, yaitu Carlos Vela yang bermain di Los Angeles FC untuk timnas Meksiko dan Kendall Waston, yang bermain di Vancouver Whitecaps untuk timnas Kosta Rika.

3. Produktivitas gol per laga menurun dibanding Piala Dunia Brasil 2014

Statistik Menarik 48 Laga Babak Penyisihan Grup Piala Dunia 2018twitter.com/FIFAWorldCup

Secara total terdapat 86 pemain yang berhasil mencatatkan nama mereka di papan skor selama babak kualifikasi grup, yang jika dirata-ratakan mencapai 2,5 gol per laganya.

Namun produktivitas gol selama babak penyisihan grup Piala Dunia Rusia 2018 kalah dengan produktivitas turnamen empat tahun lalu, di mana saat itu tercipta 136 gol yang jika dirata-ratakan menjadi 2,8 gol per laganya.

Untuk gol bunuh diri, Piala Dunia Rusia 2018 merupakan yang tertinggi tahun ini, yaitu sebanyak 9 buah gol.

Catatan lainnya adalah hanya terdapat satu laga yang berakhir dengan skor kacamata 0-0, yaitu laga penutup antara Denmark melawan Prancis, yang sudah tidak menentukan lagi, demikian dilansir dari AP.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya