Teliti Tandukan Bola dan Penyakit Otak,Yayasan Ini Sumbang Rp12,5 M

Penelitian menyeluruh

Sebuah yayasan amal menyumbangkan dana Rp12,5 miliar bagi para peneliti untuk menyelidiki potensi hubungan antara benturan kepala dan penyakit otak di antara para mantan pemain sepak bola di Inggris.

Dilansir dari Telegraph UK, the Drake Foundation akan membiayai penelitian dari akademisi London School of Hygiene & Tropical Medicine, Queen Mary University dan the Institute of Occupational Medicine dengan meneliti 300 mantan pemain yang berusia antara 50 sampai 85 tahun selama dua tahun ke depan.

1. Asosiasi Pemain Sepak Bola Professional akan fasilitasi penelitian ini

Teliti Tandukan Bola dan Penyakit Otak,Yayasan Ini Sumbang Rp12,5 Mtwitter.com/OptaJoe

Asosiasi Pemain Sepak Bola Professional (PFA) Inggris, yang selama ini mendapatkan kritikan tajam karena dianggap tidak tanggap atas isu ini, kini sepakat untuk memfasilitasi proyek ini dengan memberikan database para mantan pemain.

Berdasarkan database ini, para peneliti akan meneliti sejarah bermain, sejarah pekerjaan dan gaya hidup para mantan pemain tersebut selain melakukan berbagai test menyeluruh - mulai dari pemeriksaan tatap muka dan test klinis neurologis sampai pemeriksaan darah.

2.Drake Foundation juga sudah danai penelitian yang temukan CTE di dunia tinju

Teliti Tandukan Bola dan Penyakit Otak,Yayasan Ini Sumbang Rp12,5 Mtwitter.com/DF_concussion

Sebelumnya tahun lalu the Drake Foundation juga sudah mengucurkan dana penelitian yang menemukan terjadinya CTE (Chronic Traumatic Encephalopathy) - sejenis penyakit pikun yang disebabkan oleh pukulan di kepala yang sering terjadi kepada petinju dan pemain sepak bola Amerika Serikat, terhadap empat mantan pemain sepak bola Amerika Serikat.

Selain itu, Football Association dan PFA sudah mendanai studi lainnya yang dipimpin oleh neuropatologis Dr Willie Stewart guna meneliti terjadinya penyakit otak dari mantan para pemain sepak bola. Dr Willie Stewart lah yang mendiagnosa terjadinya CTE atas mantan pemain internasional Inggris Jeff Astle yang meninggal tahun 2002, demikian dilansir dari The Guardian.

3. KetuaDrake Foundation sambut baik penelitian ini

Teliti Tandukan Bola dan Penyakit Otak,Yayasan Ini Sumbang Rp12,5 Mtwitter.com/PFA

Dalam sambutannya, Ketua the Drake Foundation, James Drake menyambut gembira penelitian ini.

"Banyak orang yang telah menantikan penelitian ini selama bertahun-tahun."

Sementara itu Prof Neil Pearce yang mengepalai penelitian ini juga menekankan pentingnya penelitian ini.

"Kita mengetahui meningkatnya penyakit neurologis dari cedera kepala di olah raga seperti tinju. Namun kita belum mengetahui mengenai resiko dari benturan di sepak bola, dan kita hampir tidak tahu sama sekali mengenai efek jangka panjang dari menanduk bola berulang-ulang.
"Penelitian ini akan memberikan bukti meyakinkan, untuk pertama kalinya, mengenai efek jangka panjang dari fungsi kognitif para pemain sepak bola professional."

Bagaimana ujung dari hasil penelitian ini belum diketahui, mungkin di masa depan para pemain sepak bola mungkin harus memakai pelindung kepala saat turun ke lapangan.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya