Ditunjuk Sebagai Pelatih Baru Arsenal, Siapakah Unai Emery?

Selamat datang di Emirates Stadium, Emery!

Teka-teki pengganti Arsene Wenger di Arsenal terjawab sudah. Hal itu ditunjukkan setelah hadirnya mantan pelatih Paris Saint-Germain, Unai Emery, ke Emirates Stadium pada 23 Mei 2018.

Dengan wajah yang sumringah sambil sesekali melambaikan tangan, Unai Emery menyusuri setiap bagian markas Meriam London yang akan menjadi rumah barunya tersebut dengan didampingi salah satu petinggi Arsenal, Ivan Gazidis.

Lalu, bagaimanakah track record Unai Emery sebagai pelatih sehingga bisa membuat para petinggi Arsenal memercayakan kursi kepelatihan Arsenal kepadanya? Berikut catatannya!

1. Unai Emery telah mempersembahkan tujuh gelar bagi Paris Saint-Germain

Ditunjuk Sebagai Pelatih Baru Arsenal, Siapakah Unai Emery?twitter.com/PSG_English

Selama dua musim menjadi pelatih Paris Saint-Germain, Unai Emery tidak pernah absen memberikan gelar liga domestik bagi PSG. Total ia berhasil mempersembahkan tujuh gelar juara baik di Ligue 1 maupun Piala Perancis. Gelar juara tersebut di antaranya Ligue 1 (2017-2018), Coupe de France (2016-2017 dan 2017-2018), Coupe de la Ligue (2016-2017 dan 2017-2018), Trophee des Champions 2016 dan 2017.

Meski berhasil mempersembahkan banyak gelar bagi Les Parisiens, ternyata Unai Emery dianggap gagal memenuhi ekspetasi para petinggi PSG untuk membawa PSG meraih gelar Liga Champions Eropa. Dengan alasan itulah Unai Emery dicopot dan ia digantikan oleh Thomas Tuchel dari kursi kepelatihan Paris Saint-Germain.

2. Di bawah kepelatihan Emery, Sevilla juara Europa League tiga kali berturut-turut

Ditunjuk Sebagai Pelatih Baru Arsenal, Siapakah Unai Emery?twitter.com/EuropaLeague

Sempat melatih klub di luar Spanyol, Unai Emery akhirnya memutuskan untuk pulang kampung. Keputusannya untuk pulang ke Spanyol sekaligus membawanya ke kursi kepelatihan Sevilla.

Bertahan dalam waktu yang cukup lama, Unai Emery berhasil memberikan tiga gelar Europa League bagi anak asuhnya tersebut. Bukan hanya sekali atau dua kali, namun Sevilla berhasil menjadi juara bertahan Europa League sebanyak tiga kali secara berturut-turut, yaitu pada tahun 2014, 2015, dan 2016.

Hebat bukan?

3. Unai Emery gagal bersinar ketika melatih Spartak Moskow

Ditunjuk Sebagai Pelatih Baru Arsenal, Siapakah Unai Emery?twitter.com/UnaiEmery_

Sebagai pelatih yang pernah menukangi PSG dan Sevilla, Unai Emery ternyata pernah mencoba peruntungannya di Liga Rusia bersama Spartak Moskow. Namun, perjalanannya bersama klub asal Rusia tersebut tidak berjalan manis.

Saat masih di bawah asuhan Unai Emery, Spartak Moskow justru harus menelan kekalahan sebanyak 11 kali selama enam bulan. Dan kekalahan terakhir Spartak bersama Emery terjadi saat Spartak Moskow dibantai oleh Dynamo Moskow dengan skor 1-5.

Setelah menelan kekalahan 1-5, Spartak Moskow akhirnya memecat Unai Emery dari kursi kepelatihan.

4. Unai Emery berhasil mengantarkan Lorca Deportivo dan Almeria promosi

Ditunjuk Sebagai Pelatih Baru Arsenal, Siapakah Unai Emery?twitter.com/Arsenal

Selain melatih klub-klub besar, ternayata Unai Emery juga pernah melatih tim-tim kecil, seperti Lorca Deportivo dan Almeria. Selama Perjalanannya bersama Lorca dan Almeria, Emery bisa dikatakan sebagai pelatih yang sukses.

Hal itu dibuktikan lewat kemampuan pelatih 46 tahun ini mengantar Lorca Deportivo promosi ke Segunda Devision (kasta kedua Liga Spanyol). Prestasi tersebut menjadi sejarah tersendiri bagi Lorca yang untuk pertama kalinya berhasil promosi.

Bukan hanya Lorca Deportivo saja yang naik kasta, Almeria juga pernah merasakan hal serupa saat dilatih Emery di tahun 2008, prestasi tersebut menjadi catatan pertama bagi Almeria yang berhasil untuk naik kasta alias promosi untuk ke La Liga.

Buat kamu pendukung Meriam London sepertinya kamu tidak perlu cemas dengan pelatih yang satu ini. Dengan segudang prestasi yang dimilikinya, tentu itu menjadi modal besar bagi Emery dalam merestorasi permainan Arsenal.

Selamat bekerja dan semoga sukses Emery!

Yefta Christopherus Photo Verified Writer Yefta Christopherus

instagram: @yefta_chris

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya