5 Fakta Usai Inggris Kalahkan Kroasia di Piala Eropa 2020

#IDNTimesSport The Three Lions akhiri rekor buruk 

Inggris berhasil mengalahkan Kroasia 1-0 dalam laga perdana grup D Piala Eropa 2020. Pertandingan ini dilaksanakan di Stadion Wembley, London, Inggris pada Minggu 13 Juni 2021. Pertandingan Inggris lawan Kroasia ini berlangsung alot. Tak banyak peluang apik yang tercipta.

Inggris banyak menurunkan sejumlah pemain muda yang baru menjalani debutnya di turnamen ini. Sedangkan Kroasia masih mempertahankan muka-muka lama yang berhasil masuk final Piala Dunia 2018. Satu-satunya gol di pertandingan ini dicetak oleh Raheem Sterling pada menit ke-57 setelah meneruskan umpan dari Kalvin Phillips.

Kemenangan Inggris atas Kroasia diiringi sejumlah fakta menarik. Apa saja fakta menarik dalam laga tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Inggris akhiri kutukan pertandingan pertama

5 Fakta Usai Inggris Kalahkan Kroasia di Piala Eropa 2020Susunan pemain timnas Inggris saat menghadapi Kroasia. (twitter.com/EURO2020)

Anak asuh Gareth Southgate berhasil mengakhiri kutukan tidak pernah menang di laga pertama Piala Eropa. Kemenangan Inggris atas Kroasia menjadi yang pertama selama sembilan kali berpartisipasi di putaran final Piala Eropa.

Inggris dalam delapan edisi Piala Eropa sebelumnya mencatatkan 3 kekalahan dan cuma meraih 5 hasil seri. Tentunya kemenangan ini menjadi awal yang positif bagi The Three Lions dalam Piala Eropa 2020.

2. Kroasia perpanjang rekor buruk

5 Fakta Usai Inggris Kalahkan Kroasia di Piala Eropa 2020Luca Modric saat membela Kroasia melawan Inggris. (twitter.com/EURO2020)

Kekalahan yang diderita Kroasia dari Inggris menambah catatan buruk anak asuh Zlatko Dalic saat bermain di Wembley. Maklum, Kroasia selama berlaga di Wembley hanya mampu mencatatkan satu kemenangan, sekali seri, dan tiga kekalahan.

Selain itu, kekalahan atas Inggris memutus catatan selalu menang di laga pembuka Piala Eropa. Sebelumnya, mereka belum pernah kalah dari lima laga pembuka Piala Eropa yang mereka pernah ikuti. Catatannya, Kroasia menang 4 kali dan seri 1 kali.

3. Rekor Jude Bellingham

5 Fakta Usai Inggris Kalahkan Kroasia di Piala Eropa 2020Jude Bellingham saat memperkuat timnas Inggris. (twitter.com/BellinghamJude)

Jude Bellingham, pemain Inggris yang membela Borussia Dortmund menjadi pemain termuda yang bermain di Piala Eropa dalam usia 17 tahun 349 hari. Rekor tersebut tercipta setelah Bellingham masuk menggantikan Harry Kane di akhir babak kedua.

Namun, rekor tersebut masih bisa dipatahkan selama turnamen berlangsung. Rekor Jude Bellingham bisa terpatahkan jika pemain timnas Polandia, Kacper Kozłowski turun di Euro 2020. Usia Kacper Kozłowski saat ini masih 16 tahun.

Baca Juga: Piala Eropa: 5 Pelatih Ini Bukan Berasal dari Negara yang Dilatihnya

4. Tuah positif dari Stadion Wembley bagi Inggris

5 Fakta Usai Inggris Kalahkan Kroasia di Piala Eropa 2020Raheem Sterling merayakan golnya ke gawang Kroasia. (theathletic.com)

Selain dapat mengakhiri catatan buruk di laga perdana Piala Eropa. Inggris juga mampu mempertahankan rekor tidak pernah kalah di turnamen major saat berlaga di Wembley.

Tercatat dari tujuh laga yang dijalani The Three Lions di Wembley dalam turnamen major, Inggris mencatatkan empat kemenangan dan tiga kali hasil imbang. Catatan ini masih bisa bertambah karena Inggris masih memainkan dua laga grup D Piala Eropa di Wembley.

5. Catatan clean sheet Inggris

5 Fakta Usai Inggris Kalahkan Kroasia di Piala Eropa 2020Kieran Trippier saat menjaga pemain Kroasia. (twitter.com/twitter.com/trippier2)

Inggris berhasil mencatatkan clean sheet di kandang sendiri melawan Kroasia dalam pertandingan kompetitif untuk pertama kalinya. Hal ini tidak terlepas dari lini pertahanan Inggris yang mampu meredam serangan Kroasia.

Selain itu, Inggris adalah tim pertama yang mencatatkan clean sheet melawan Kroasia di babak penyisihan grup Piala Eropa sejak Spanyol pada 2012. Clean Sheet yang dicatatkan Inggris ini menunjukkan solidnya lini pertahanan The Three Lions yang dikomandoi oleh John Stones.

 

Itulah sejumlah fakta menarik dalam laga pembuka grup D Piala Eropa 2020 yang mempertemukan Inggris dan Kroasia. Kira-kira mampukah anak asuh Gareth Southgate mempertahankan tren positifnya dan Kroasia memperbaiki performanya?

Baca Juga: 8 Pemain Asal Klub Luar Eropa yang Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

Yoga Adi Photo Verified Writer Yoga Adi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya