5 Pemain Paling Senior yang Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020

#IDNTimesSport Maarten Stekelenburg tetap menjadi andalan 

Belanda telah mengumumkan daftar pemain untuk Euro 2020 yang akan diselenggarakan tahun ini, setelah sebelumnya diundur karena pandemik. Meski diisi mayoritas pemain muda, Frank De Boer memasukkan beberapa pemain senior untuk memperkuat De Oranje dalam gelaran 4 tahunan itu. Pemain senior tersebut dibutuhkan De Boer untuk mendampingi pemain-pemain muda Belanda.

Pengalaman yang mereka miliki dalam ajang-ajang sebelumnya tentunya sangat berarti. Salah satu nama yang tetap diandalkan Belanda adalah Maarten Stekelenburg. Berikut daftar pemain paling senior yang akan memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020.

1. Maarten Stekelenburg

5 Pemain Paling Senior yang Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020 Maarten Stekelenburg (footiespot.com)

Pemain paling senior yang dibawa Frank De Boer di Euro 2020 adalah Maarten Stekelenburg. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu sudah memperkuat timnas Belanda sejak bulan September 2004. Pada Piala Dunia FIFA 2010, Stekelenburg selalu menjadi andalan Belanda hingga mencapai babak final.

Penjaga gawang berusia 38 tahun ini juga tetap menjadi andalan klubnya Ajax musim ini. Bersama Belanda, Stekelenburg memulai debutnya pada 3 September 2004 saat menghadapi Liechtenstein.

Hingga saat ini, Stekelenburg sudah mencatatkan 58 caps dengan torehan 26 clean sheet dan 44 kali kebobolan. Kemungkinan Euro 2020 merupakan turnamen terakhir Stekelenburg bersama timnas Belanda.

2. Tim Krul

5 Pemain Paling Senior yang Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020 Tim Krul (fifa.com)

Tim Krul juga menjadi pemain senior yang dipanggil untuk memperkuat Belanda di Euro 2020. Pemain yang kini berusia 33 tahun itu dikenal sebagi kiper yang jago membaca tendangan penalti. Krul di beberapa kesempatan sengaja dimasukkan di babak tambahan sebagai persiapan untuk menghadapi adu penalti.

Sejak menjalani debut pada 4 Juni 2011, pemain yang saat ini memperkuat Norwich City sudah mencatatkan 14 caps bersama timnas Belanda. Dalam 14 laga tersebut, Krul berhasil membuat 6 clean sheet dan 14 kali kebobolan.

3. Jasper Cillessen

5 Pemain Paling Senior yang Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020 Jasper Cillessen (bdnews24.com)

Jasper Cillessen saat ini merupakan penjaga gawang utama timnas Belanda. Pemain yang saat ini berusia 32 tahun itu sudah menjadi andalan Belanda di bawah mistar sejak Piala Dunia 2014. Di level klub, Cillessen menjadi menjadi pilar utama Valencia di LaLiga.

Cillessen menjalani debut bersama timnas Belanda pada 7 Juni 2013. Hingga saat ini, mantan pemain Barcelona ini telah mencatatkan 60 caps dengan catatan 56 kebobolan dan 26 kali clean sheet.

Baca Juga: 6 Pemain Termuda yang akan Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020

4. Daley Blind

5 Pemain Paling Senior yang Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020 Daley Blind (90min.com)

Pemain serba bisa Daley Blind tetap menjadi pilar utama Belanda di Euro 2020 nanti. Kemampuannya bermain di beberapa posisi dengan sama baiknya tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi timnas Belanda.

Daley Blind menjalani debut timnas Belanda pada 6 Februari 2013 saat menghadapi Italia pada laga uji coba yang berakhir dengan skor 1-1. Sejak saat itu, pemain Ajax ini kerap mendapat panggilan timnas. Blind mencatatkan 77 caps dengan torehan 2 gol dan 10 assist.

5. Luuk de Jong

5 Pemain Paling Senior yang Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020 Luuk De Jong (bleacherreport.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Luuk de Jong yang kini juga sudah tak lagi muda. Ia pada 1 Juli nanti akan genap berusia 31 tahun. Saat ini De Jong menjadi andalan lini depan Sevilla.

Sejak menjalani debut pada 9 Februari 2011, ia sudah mencatatkan 35 caps dengan torehan 8 gol. Luuk de Jong akan bersaing dengan Wout Weghorst, Memphis Depay, dan penyerang muda Donyell Malen untuk mengisi satu tempat di lini depan timnas Belanda.

 

Kehadiran pemain senior di timnas Belanda sangat berarti mengingat banyaknya pemain muda dalam skuad kali ini. Akankah pemain-pemain senior itu akan membawa timnas Belanda melangkah jauh di Euro 2020 tahun ini?

Baca Juga: 5 Pemain Paling Senior yang Memperkuat Timnas Prancis di Euro 2021

Yoga Adi Photo Verified Writer Yoga Adi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya