Comscore Tracker

Peran Suporter Sepak Bola dalam Pertandingan, Jadi Penentu Kemenangan

Suporter disebut sebagai pemain ke-12 dalam tim sepak bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling bisa dinikmati oleh semua kalangan tanpa batasan usia, gender, agama, hingga ekonomi. Semua kalangan bisa menikmatinya, baik dengan menonton tayangannya maupun menonton langsung di stadion.

Ada orang-orang yang sengaja menyediakan waktunya untuk mendukung klub kebanggaan. Mereka adalah para suporter. Lantas, sebenarnya apa peran suporter sepak bola dalam setiap pertandingan? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini yuk!

1. Hadir untuk memberi semangat dan motivasi kepada pemain

Peran Suporter Sepak Bola dalam Pertandingan, Jadi Penentu KemenanganIDN Times/aremafc.com

Banyak orang yang memberi julukan kepada suporter sebagai pemain ke-12 dalam tim sepak bola. Pasalnya, peran suporter sepak bola dalam setiap pertandingan patut diapresiasi. Suporter sudah menjadi bagian dalam sepak bola.

Tanpa suporter yang hadir di stadion, suasana pertandingan mungkin akan menjadi agak membosankan. Contohnya, ketika angka positif COVID-19 meninggi, hampir semua pertandingan sepak bola di seluruh dunia diadakan tanpa penonton. Itu membuat pertandingan terkadang agak membosankan karena tidak ada riuh dari para suporter.

Maka dari itu, peran suporter sepak bola dalam pertandingan yakni menjadi sumber semangat bagi para pemain dalam bertanding. Mereka memberikan semangat dan motivasi kepada pemain.

2. Sepak bola sudah menjadi sebuah industri yang menguntungkan

Peran Suporter Sepak Bola dalam Pertandingan, Jadi Penentu KemenanganInstagram/@persib_official

Tidak perlu munafik, sepak bola kini sudah menjadi sebuah industri dan bisnis yang menguntungkan bagi berbagai pihak. Mulai dari tim, manajer, pihak penyelenggara, dan sebagainya.

Dengan menyelenggarakan sebuah pertandingan sepak bola di stadion, pihak penyelenggara dan tim sepak bola bisa mendapat keuntungan dari penjualan tiket hingga merchandise. Hal itu otomatis berdampak pada pemain dalam sebuah tim.

Dengan hadirnya suporter yang memenuhi stadion, tentu menjadi semangat tersendiri bagi setiap tim sepak bola. Dengan kata lain, peran suporter sepak bola juga dapat menjadi sumber keuntungan bagi pihak penyelenggara.

3. Mempererat persatuan dan kekompakan sesama suporter

Peran Suporter Sepak Bola dalam Pertandingan, Jadi Penentu KemenanganIlustrasi The Jakmania. (Istimewa)

Para suporter sepak bola biasanya membentuk komunitas atau organisasi suporter. Peran suporter sepak bola berikutnya adalah untuk mempererat hubungan sesama suporter sebuah tim sepak bola dan menjaga kekompakan dalam mendukung klub kesayangannya.

Maka dari itu, tak jarang kita temukan komunitas suporter membuat kartu keanggotaan, hingga melakukan berbagai aktivitas yang membangun kebersamaan dan kekompakan di antara mereka. Misalnya, mengadakan gathering, menjual merchandise untuk suporter, meet and greet dengan para pemain, dan sebagainya.

4. Menjaga rasa cinta dan saling memiliki terhadap tim kebanggaan

Peran Suporter Sepak Bola dalam Pertandingan, Jadi Penentu Kemenanganilustrasi suporter sepak bola Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Peran suporter sepak bola selanjutnya adalah sebagai jembatan untuk menjaga rasa cinta dan saling memiliki terhadap tim kebanggaan. Seperti yang diketahui, suporter sebuah tim sepak bola hadir ke stadion untuk menyaksikan dan mendukung tim kesayangannya. Hal itu karena suporter memiliki rasa cinta dan ingin menjaga rasa saling memiliki, baik dengan pemain maupun sesama suporter.

Hal itu membuat mereka semakin erat dan loyal kepada tim kebanggaannya. Bagi orang awam yang baru menonton sepak bola di stadion pun akan menjadi hiburan yang menyenangkan ketika melihat suporter sepak bola kompak dalam menyanyikan lagu dan yel-yel penyemangat untuk klubnya.

Demikianlah beberapa peran suporter sepak bola dalam pertandingan. Suporter dan pemain sepak bola seakan sudah menjadi satu hal yang tidak bisa dipisahkan. Di situ ada pertandingan sepak bola, di situ pula ada suporternya.

Baca Juga: 11 Suporter Sepak Bola Paling Fanatik di Indonesia, Terkenal Loyal!

Topic:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya