Comscore Tracker

Profil Azrul Ananda, Presiden Persebaya Surabaya Putra Dahlan Iskan

Mengulik sosok Azrul Ananda yang inspiratif

Seperti klub sepak bola lainnya, Persebaya Surabaya juga dipimpin oleh seorang presiden klub, yaitu Azrul Ananda. Ia sudah menjadi Presiden Persebaya sejak 2017. Untuk diketahui, ternyata Azrul merupakan putra dari mantan Menteri BUMN RI, Dahlan Iskan.

Mau tahu secara lengkap profil Azrul Ananda, sang Presiden Persebaya? Artikel ini akan membahasnya hingga tuntas. Simak terus sampai akhir, ya!

1. Biodata dan profil Azrul Ananda

Profil Azrul Ananda, Presiden Persebaya Surabaya Putra Dahlan IskanDok.IDN Times/Istimewa

Profil Azrul Ananda tentu saja wajib mengulik biodata umum Presiden Persebaya Surabaya satu ini. Berikut ini adalah profil Azrul Ananda, Presiden Persebaya Surabaya, yang memiliki sapaan akrab, Ulik.

Nama lengkap: Azrul Ananda

Tempat dan tanggal lahir: Samarinda, 4 Juli 1977

Nama Istri: Ivo Ananda

Nama Anak:

  • Ayrton Senninha Ananda
  • Alesi Maxine Ananda
  • Andretti Amidala Ananda

Nama Ayah: Dahlan Iskan

Nama Ibu: Nafsiah Sabri

2. Perjalanan karier Azrul Ananda

Profil Azrul Ananda, Presiden Persebaya Surabaya Putra Dahlan IskanPresiden Persebaya, Azrul Ananda saat menonton salah satu pertandingan Persebaya. IDN Times/Hendy Wardhana

Karier seorang Azrul Ananda berawal ketika ia lulus pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Kemudian Azrul kembali ke Indonesia dan berprofesi sebagai wartawan.

Ketika itu, ayahnya, Dahlan Iskan menjadi petinggi di Jawa Pos. Namun, Azrul ternyata tidak masuk ke perusahaan ayahnya karena ditolak. Walaupun akhirnya Azrul masuk ke Jawa Pos setelah ingin mendaftar sebagai karyawan di Kompas. 

Sampai pada 2005, Azrul menjadi pemimpin redaksi dan pada tahun 2007, ia menjadi kepala pemasaran produksi.

Kemudian pada 2017, Jawa Pos mengakuisisi saham mayoritas Persebaya sebanyak 70%. Itu yang membuat Azrul Ananda akhirnya didaulat menjadi Presiden Persebaya.

Selama menjabat sebagai presiden klub, Azrul berhasil membawa Persebaya menjuarai Liga 2 Indonesia pada tahun 2017 dan promosi ke Liga 1. Hal itu praktis membawa kembali semangat pemain dan suporter Persebaya dalam mengarungi kasta tertinggi sepak bola di Indonesia.

3. Mundur sebagai presiden klub

Profil Azrul Ananda, Presiden Persebaya Surabaya Putra Dahlan IskanIDN Times/Hendy Wardhana

Namun, kabar mengejutkan justru datang dari Azrul. Dia mengajukan surat pengunduran diri sebagai Presiden Persebaya pada pertengahan September 2022. Hal itu sontak mengejutkan para bonek, termasuk KSAP (Koperasi Surya Abadi Persebaya) yang merupakan pemegang 30% saham Persebaya.

KSAP sempat memberi penolakan terhadap pengunduran diri Azrul. Sebab sebagai presiden klub, Azrul dinilai tidak melakukan pelanggaran maupun kesalahan apapun. Justru Azrul membuat Persebaya semakin berprestasi di kancah sepak bola nasional.

Untuk diketahui, Azrul memang menjanjikan akan selesai pada tanggung jawab sebagai presiden Persebaya sampai Liga 1 musim 2022-2023 berakhir.Oleh sebab itu, jika ia benar-benar mundur, maka 70% saham yang dimilikinya harus diserahkan ke KSAP dan tidak bisa diberikan ke pihak lain.

Demikian informasi lengkap tentang profil Azrul Ananda, Presiden Persebaya Surabaya yang sosoknya sangat inspiratif. Salut banget, ya!

Baca Juga: Mundur dari Persebaya, Azrul Minta Maaf ke Bonek

Topic:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya