Profil Enzo Fernandez, Gelandang Baru Chelsea asal Argentina

Dibeli dari Benfica dengan harga 121 juta euro

Enzo Fernandez dibeli Chelsea dari Benfica pada hari terakhir bursa transfer musim dingin 2023. Chelsea menebusnya dengan harga 121 juta euro atau setara Rp1,97 triliun. Gelandang kelahiran 2001 ini menjadi pembelian kesembilan Chelsea pada bursa transfer kali ini.

Meski terbilang masih muda, Enzo Fernandez dikenal sebagai gelandang tengah berbakat. Apalagi setelah ia tampil cemerlang bersama timnas Argentina di Piala Dunia 2022. Saat itu, Enzo pun dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di Piala Dunia 2022.

Seperti apa profil dan perjalanan karier Enzo Fernandez sebagai pesepak bola? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

1. Profil Enzo Fernandez

Profil Enzo Fernandez, Gelandang Baru Chelsea asal ArgentinaEnzo Fernandez (chelseafc.com)

Sejak kecil, Enzo sudah dikenalkan ke dunia sepak bola dengan bergabung ke klub lokal. Enzo kecil sempat bergabung ke klub lokal bernama Club La Recova. Lalu, pada 2006, Enzo bergabung ke akademi River Plate. Berikut profil lengkapnya:

  • Nama lengkap: Enzo Jeremias Fernandez
  • Tanggal kelahiran: 17 Januari 2001
  • Tempat kelahiran: San Martin
  • Usia: 21 tahun
  • Tinggi: 1,78 meter
  • Posisi: Gelandang tengah
  • Agen: De 9 Futbol
  • Klub: Benfica
  • Bergabung: Juli 2022
  • Kontrak berakhir: Juni 2027
  • Sosial Media: Instagram @enzojfernandez

Mau tahu bagaimana kelanjutan perjalanan karier klubnya? Baca setelah ini, ya!

2. Perjalanan karier klub

Profil Enzo Fernandez, Gelandang Baru Chelsea asal Argentinapotret Enzo Fernandez (instagram.com/enzojfernandez)

Hampir 13 tahun menimba ilmu di akademi River Plate, akhirnya Enzo dipromosikan ke tim utama oleh Marcelo Gallardo, pelatihnya saat itu. Berikut timeline lengkap seputar perjalanan karier Enzo Fernandez.

2019 (River Plate)

Setelah lulus dari akademi, Enzo dipromosikan ke tim utama River Plate. Meski sudah lulus dan dipromosikan ke tim utama, Enzo baru bermain di tim utama River Plate pada Maret 2020. Sebab ia dipinjamkan ke klub Defensa y Justicia.

2020-2021 (Defensa y Justicia)

Enzo Fernandez dipinjamkan ke Defensa y Justicia selama dua musim. Bersama Defensa, Enzo sukses menjuarai Copa Sudamericana 2020 dan Recopa Sudamericana 2021.

2021 (River Plate)

Setelah masa pinjamannya selesai, Enzo kembali ke tim senior River Plate. Jika ditotal, Enzo tampil dalam 40 pertandingan bersama River Plate dan berhasil mengemas 10 gol. Bisa dibilang Enzo menjadi salah satu pemain penting di skuad dalam menjuarai Divisi Utama Argentina.

2022 (S. L. Benfica)

Klub asal Portugal, S. L. Benfica melihat potensi Enzo Fernandez saat bermain di River Plate. Ketertarikan itu pun disambut positif oleh Enzo sendiri.

Pada 23 Juni 2022, Benfica mengumumkan Enzo Fernandez sebagai pemain barunya. Benfica membelinya dengan harga yang relatif murah, yaitu 10 juta euro dan bonus 8 juta euro. Namun, baru pada Juli 2022 Enzo benar-benar pindah dan bermain di Benfica.

Bersama Benfica, Enzo pun berhasil tampil ciamik. Laga demi laga ia jalani dengan baik, meskipun ia hanya mampu mencetak satu gol dalam 17 pertandingan yang dilakoninya.

2023 (Chelsea)

Baru enam bulan tampil bersama Benfica dan menunjukkan performa terbaiknya, Chelsea meminang Enzo menjadi pemain barunya. Chelsea tertarik dengan penampilan Enzo bersama Benfica dan timnas Argentina.

Sejak akhir 2022, Chelsea memang sudah diisukan mengincar Enzo Fernandez. Pada hari terakhir bursa transfer musim dingin bulan Januari 2023, Chelsea resmi merekrut Enzo Fernandez.

Chelsea membelinya dengan harga 121 juta euro atau sekitar Rp1,97 triliun. Enzo menandatangani kontrak di Chelsea hingga 2031. Diketahui pula Chelsea membayar nominal tersebut dengan cara mencicil sebanyak enam kali. Cicilan pertama dibayar pada awal kontrak dan lima kalinya disusul kemudian.

Enzo Fernandez menjadi pemain kesembilan yang dibeli Chelsea pada bursa transfer musim dingin 2023. Chelsea diketahui melakukan banyak transfer pemain di musim ini untuk menggenjot performa tim, khususnya peringkat di Liga Inggris.

3. Perjalanan karier internasional

Profil Enzo Fernandez, Gelandang Baru Chelsea asal ArgentinaEnzo Fernandez, pemain Benfica. (instagram.com/enzojfernandez)

2019 (Argentina U18)

Enzo Fernandez tampil bersama timnas Argentina sejak tahun 2019. Saat itu, ia bergabung dengan Argentina U-18. Namun, ia hanya tampil dalam dua pertandingan sebelum bergabung ke timnas senior Argentina.

2022 (Timnas senior Argentina)

Enzo menjalani debutnya bersama timnas senior Argentina pada September 2022. Saat itu, ia menjadi pemain pengganti dalam pertandingan melawan Honduras yang berakhir untuk kemenangan Argentina 3-0.

Puncaknya saat ia dipanggil ke Piala Dunia 2022 untuk memperkuat timnas Argentina. Meski baru mengemas satu gol, tapi banyak pihak yang memuji penampilannya bersama timnas senior Argentina.

Usianya yang saat Piala Dunia 2022 masih 21 tahun tak menampik kalau Enzo menjadi salah satu pemain penting dalam skuad Argentina. Bahkan, Enzo Fernandez mendapat penghargaan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2022.

Itulah yang membuat banyak klub top Eropa tertarik mendatangkannya, tak terkecuali Chelsea. Saat itu, Benfica menjaga Enzo dengan memasang klausul yang tinggi. Diketahui kalau klausul rilis Enzo Fernandez dalam kontraknya mencapai 120 juta euro.

Akhirnya pada bursa transfer musim dingin 2023, Chelsea pun berani menebusnya dengan angka yang tidak jauh dari klausul tersebut.

Baca Juga: 5 Transfer Termahal dalam Sejarah Premier League, Ada Enzo Fernandez!

4. Pecahkan rekor transfer termahal Liga Inggris

Profil Enzo Fernandez, Gelandang Baru Chelsea asal ArgentinaEnzo Fernandez (premierleague.com)

Enzo Fernandez memecahkan rekor transfer termahal di Liga Inggris dengan nominal sebesar 121 juta euro. Apalagi jika melihat Enzo yang masih berusia 22 tahun dan masih memiliki masa depan karier yang cerah.

Sebelumnya, rekor transfer termahal Liga Inggris dipegang oleh Jack Grealish yang dibeli Manchester City dari Aston Villa dengan harga 117,5 juta euro pada Agustus 2021 lalu. Di bawahnya lagi adalah Romero Lukaku yang dibeli Chelsea dari Inter Milan seharga 112 juta euro pada bursa transfer musim panas 2021 lalu.

Itulah tadi profil dan perjalanan karier Enzo Fernandez, gelandang muda baru Chelsea yang direkrut dengan harga fantastis dari Benfica. Patut kita nantikan bagaimana penampilannya bersama tim London biru. Apakah ia mampu membantu Chelsea merangsak naik ke empat besar Liga Inggris musim ini?

Baca Juga: Daftar Pemain Baru Chelsea Sepanjang 2022-2023, Diborong!

Topik:

  • Yogama W
  • Jumawan Syahrudin
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya