Profil Inter Miami CF, Klub Baru Lionel Messi dari MLS

Baru berdiri tahun 2018

Setelah Lionel Messi mengumumkan hengkang dari Paris Saint-Germain (PSG) pada 3 Juni 2023 lalu, ia diketahui akan segera berlabuh di klub Major League Soccer (MLS), Inter Miami CF. Kabar ini disampaikan oleh Fabrizio Romano pada 7 Juni 2023 melalui akun Twitter-nya.

Inter Miami CF adalah klub asal Amerika Serikat yang bermain di kasta tertinggi sepak bola AS, yaitu MLS. Menariknya, Inter Miami merupakan klub yang baru berdiri tahun 2018 dan bermain di MLS pada 2020.

Keputusan Messi bergabung ke Inter Miami tentu disambut meriah oleh para penggemarnya dan pencinta sepak bola. Lantas, seperti apa profil klub Inter Miami? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Profil Inter Miami CF

Profil Inter Miami CF, Klub Baru Lionel Messi dari MLSInter Miami CF, klub Amerika yang bermain di Major League Soccer (MLS) (instagram.com/intermiamicf)

Inter Miami CF adalah klub sepak bola profesional yang bermarkas di Miami, Florida, Amerika Serikat. Klub yang memiliki nama resmi Club Internacional de Futbol Miami ini didirikan pada 29 Januari 2018.

Lalu, nama resminya tersebut baru digunakan pada 5 September 2018. Inter Miami CF baru berlaga di Major League Soccer (MLS), kasta tertinggi sepak bola AS pada tahun 2020.

Klub berjuluk The Herons atau Si Bangau ini memiliki markas di Stadion DRV PNK, Fort Lauderdale. Namun, mereka akan pindah markas setelah stadion baru bernama Miami Freedom Park selesai dibangun.

2. Sejarah Inter Miami CF

Profil Inter Miami CF, Klub Baru Lionel Messi dari MLSDavid Beckham menjabat sebagai Presiden Klub Inter Miami CF, klub MLS (instagram.com/intermiamicf)

Berawal dari kehadiran Beckham di AS

Pendirian Inter Miami bermula sejak kehadiran bintang sepak bola, David Beckham ke Amerika Serikat pada tahun 2007. Saat itu, Beckham yang bergabung dengan LA Galaxy diberikan opsi untuk membeli tim ekspansi di masa mendatang dengan harga 25 juta dolar AS.

Setelah pensiun pada 2013, pihak MLS membantu Beckham untuk mempelajari target ekspansi klub. Salah satunya wilayah Miami yang belum memiliki tim sepak bola profesional di MLS.

Membentuk tim baru

Setelah melalui proses panjang beberapa tahun, akhirnya Beckham membentuk tim baru pada Februari 2014. Namun, klub baru tersebut tidak langsung bermain di MLS.

Inter Miami CF baru resmi berdiri pada 2018 dan menjadi tim ke-25 MLS saat itu. Laga pertama Inter Miami di MLS pun baru terjadi pada musim 2020. Saat itu, mereka kalah dari tuan rumah Los Angeles FC.

Menjadi pemilik mayoritas

David Beckham menjadi pemilik mayoritas Inter Miami. Namun, ia tetap dibantu oleh mitra-mitra usahanya untuk berjuang mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Perjuangannya tersebutlah yang membuat mereka bisa tampil di MLS pada 2020.

Untuk diketahui, David Beckham menjabat sebagai Presiden Klub Inter MIami. Ia memimpin Beckham Miami United LLC, manajemen yang menjadi pemilik klub Inter Miami. Beckham ditemani dua orang lainnya, yaitu Jorge Mas dan Jose Mas dalam memimpin klub.

Baca Juga: Plot Twist Saga Lionel Messi: Gabung Klub David Beckham

3. Perjalanan klub

Profil Inter Miami CF, Klub Baru Lionel Messi dari MLSInter Miami CF, klub Amerika yang bermain di Major League Soccer (MLS) (instagram.com/intermiamicf)

Gonta-ganti pelatih

Setelah resmi berdiri, Inter Miami merekrut pelatih asal Uruguay, Diego Alonso. Ia tercatat sebagai pelatih The Herons sejak Desember 2019 hingga Januari 2021.

Alonso kemudian diganti oleh Phil Neville, mantan teman setim David Beckham di Manchester United. Namun, pada 31 Mei 2023, Neville dipecat dari kursi kepelatihan usai membuat Inter Miami terpuruk di dasar klasemen Wilayah Timur.

Saat ini, Inter Miami dilatih oleh pelatih sementara bernama Javier Morales, pelatih asal Argentina.

Pernah diperkuat Higuain

Sebelum Lionel Messi, Inter Miami juga pernah diperkuat oleh bintang dunia asal Argentina, Gonzalo Higuain. Higuain berseragam Inter Miami pada 2020-2022.

Selain Higuain, pemain sepak bola terkenal yang pernah membela The Herons adalah gelandang timnas Prancis, Blaise Matuidi.

Belum ada prestasi

Sejak didirikan pada 2018, Inter Miami tercatat belum pernah mendapat prestasi apa pun. Meski begitu, Inter Miami berpotensi besar untuk berkembang di masa mendatang. Terlebih setelah kedatangan Messi, banyak netizen berharap dirinya bisa mendorong pemain lain untuk tumbuh dan berkembang.

Itulah tadi profil Inter Miami CF, klub Amerika yang dipilih sebagai tempat berlabuh Lionel Messi dari PSG. Apakah Messi tetap bisa menunjukkan tajinya sebagai pesepak bola? Patut kita nantikan bersama.

Baca Juga: 5 Sumber Kekayaan Messi, Ada Kontrak Brand Seumur Hidup

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya