Profil Jassim bin Hamad Al Thani, Calon Pemilik Baru MU

Intip kekayaannya di sini

Dunia sepak bola tengah dihebohkan oleh kabar bahwa seorang miliarder Qatar, Jassim bin Hamad Al Thani, berencana membeli Manchester United. Ia merupakan pebisnis dan tentunya seorang pendukung klub Setan Merah.

Sebelumnya, keluarga Glazers sebagai pemilik MU hendak menjual kepemilikan sahamnya kepada siapa pun yang ingin membelinya. Sejauh ini, ada tawaran serius dari dua pihak, yaitu pebisnis Inggris, Sir James Ratcliffe dan miliarder Qatar, Jassim bin Hamad Al Thani.

Bagi kebanyakan publik sepak bola, nama Sheikh Jassim mungkin masih terdengar asing. Namun, jika dia benar-benar akan menjadi pemilik MU selanjutnya, tentu namanya akan jadi bahan perbincangan. Sebenarnya siapakah Sheikh Jassim? Simak profil dan harta kekayaannya berikut ini.

1. Profil dan karier Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani

Profil Jassim bin Hamad Al Thani, Calon Pemilik Baru MUSheikh Jassim Bin Hamad Bin Jassim Bin Jaber Al Thani - Chairman of Qatar Islamic Bank (qib.com.qa)

Sheikh Jassim Bin Hamad Bin Jassim Bin Jaber Al Thani adalah seorang miliarder asal Qatar dan anak ketiga dari mantan Perdana Menteri Qatar, Hamad bin Khalifa Al Thani. Sheikh Hamad menjabat sebagai perdana menteri pada 2007-2013.

Sheikh Jassim merupakan lulusan akademi militer kerajaan di Sandhurst, Inggris. Ia mendapat pangkat sebagai Kadet Perwira. Pada 2003, ia melepaskan posisinya sebagai Putra Mahkota karena mengaku tidak tertarik menjadi perdana menteri.

Pria kelahiran 1982 ini adalah Chairman dari Qatar Islamic Bank (QIB) yang berkantor pusat di Doha, Qatar. QIB adalah salah satu bank terbesar di Qatar. Hingga saat ini, ia berhasil membawa bank tersebut memiliki nilai pasar tertinggi ketiga di negara tersebut.

Ia pun pernah bertugas di angkatan bersenjata milik Qatar sebelum akhirnya memutuskan menjadi pengusaha. Ia sempat bekerja di beberapa perusahaan dan bank sebagai anggota dewan. Salah satunya ia pernah menjadi anggota dewan di Credit Suisse, salah satu bank investasi terbesar di dunia.

2. Kekayaan Sheikh Jassim Hamad Al Thani

Profil Jassim bin Hamad Al Thani, Calon Pemilik Baru MUQatar Islamic Bank (qib.com.qa)

Berapa kekayaan Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani? Tidak ada angka yang bisa memastikan berapa jumlah seluruh harta kekayaannya.

Namun, keluarganya merupakan bangsawan Qatar dengan kekayaan sekitar 275 miliar poundsterling atau Rp5,05 kuadriliun. Majalah Forbes memperkirakan kekayaan Sheikh Jassim adalah sekitar 1 miliar poundsterling atau Rp18,4 triliun.

Baca Juga: Profil Sam Altman, CEO OpenAI dan Pencipta ChatGPT

3. Tawaran untuk Manchester United

Profil Jassim bin Hamad Al Thani, Calon Pemilik Baru MUManchester United (twitter.com/ManUtd)

Sheikh Jassim mengatakan kalau dia berniat membeli 100% saham Manchester United dan akan berinvestasi tidak hanya pada tim sepak bolanya, tapi juga pusat latihan, stadion, infrastruktur, dan pada para penggemar.

Meski tidak disebutkan nominal pasti yang ditawarkan Sheikh Jassim kepada MU, tapi konsorsium Qatar memastikan tawaran tersebut sepenuhnya bebas utang melalui Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim.

Diketahui Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani adalah penggemar Manchester United sejak 1992. Hal itu disebut-sebut yang menjadi salah satu alasan ia menamakan perusahaannya Nine Two Foundation.

Baca Juga: Investor Qatar Resmi Layangkan Tawaran untuk Ambil Alih MU!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya