Tendangan Bebas: Pengertian, Jenis dan Peraturannya

Ada 4 macam tendangan bebas dalam sepak bola

Tendangan bebas dalam sepak bola dikenal sebagai salah satu cara untuk mencetak gol ke gawang lawan. Ada beberapa pemain bola yang menjadi spesialis dalam tendangan ini, antara lain Cristiano Ronaldo dan Juninho Pernambucano.

Perlu skill dan latihan secara rutin agar bisa mencetak gol lewat tendangan bebas. Sebab, tidak mudah menendang bola secara akurat dari jarak yang juga tidak dekat.

Ada beberapa macam tendangan bebas dalam sepak bola yang dibagi berdasarkan jarak dan teknisnya. Mau tahu? Simak artikel ini sampai akhir, yuk!

1. Pengertian tendangan bebas

Tendangan Bebas: Pengertian, Jenis dan PeraturannyaYoutube/BeIN SPORTS Indonesia

Tendangan bebas atau free kick dalam sepak bola adalah jenis tendangan yang dilakukan salah satu tim yang menerima hadiah tendangan karena pelanggaran yang dilakukan oleh tim lawan di luar kotak penalti.

Karena dilakukan dari luar kotak penalti, free kick memiliki peluang terciptanya gol lebih kecil. Namun, bukan berarti tidak mungkin karena tetap membutuhkan teknik dan strategi yang tepat supaya gol bisa tercipta.

Ada beberapa macam tendangan bebas yang setelah ini akan kamu ketahui secara lengkap. Tendangan bebas dibagi berdasarkan 2 hal, yaitu berdasarkan jarak dan berdasarkan teknis.

Tendangan bebas berdasarkan jarak dibagi lagi menjadi dua, yaitu tendangan bebas jarak dekat dan tendangan bebas jarak jauh. Begitu juga pada tendangan bebas berdasarkan teknis dibagi menjadi 2, yaitu tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung.

2. Tendangan bebas jarak jauh

Tendangan Bebas: Pengertian, Jenis dan PeraturannyaInstagram/Leomessi

Macam-macam tendangan bebas yang pertama adalah tendangan berdasarkan jarak, yaitu jarak jauh dan jarak dekat. Tendangan bebas dari jarak jauh biasanya tidak memerlukan penjagaan oleh pagar betis.

Biasanya bola akan ditendang agak jauh supaya bisa lebih dekat dengan gawang. Namun, terkadang sebuah tim lebih memilih mengoper bola secara dekat ke rekan timnya.

3. Tendangan bebas jarak dekat

Tendangan Bebas: Pengertian, Jenis dan PeraturannyaTendangan bebas David Beckham (thesun.co.uk)

Jenis tendangan yang satu ini dilakukan lebih dekat dengan gawang. Jika free kick dilakukan lebih dekat dengan gawang, maka akan ada pagar betis dari tim lawan.

Tim lawan hanya dibolehkan menggunakan pagar betis dengan jarak 9 meter. Biasanya pagar betis diisi oleh 3-5 orang yang berjejer dengan berdempetan supaya bisa menghalau bola yang ditendang tim lawan saat free kick.

Dalam melakukan free kick, pemain bola terkadang memiliki strateginya tertentu. Ada yang akan menendang secara melambung dengan tendangan pisang atau melengkung. Ada juga yang memilih dengan tendangan mendatar.

4. Tendangan bebas langsung

Tendangan Bebas: Pengertian, Jenis dan Peraturannyatwitter.com/EURO2020

Kemudian yang kedua adalah tendangan bebas berdasarkan teknisnya, yaitu tendangan langsung dan tidak langsung. Tendangan bebas langsung adalah jenis tendangan yang bertujuan untuk menendang langsung ke gawang lawan.

Sebuah tim dihadiahi tendangan bebas oleh wasit bisa disebabkan banyak pelanggaran yang dilakukan oleh tim satunya, antara lain:

  1. Handsball
  2. Menabrak lawan
  3. Menendang lawan
  4. Menarik pakaian atau anggota tubuh tim lawan
  5. Mengganjal atau melakukan tackle tetapi malah mengenai kaki lawan dan tidak mengenai bola
  6. Melompati lawan
  7. Memukul atau berusaha memukul tim lawan

Baca Juga: 5 Gol Tendangan Salto Paling Ikonik di Era Modern, Masih Ingat?

5. Tendangan bebas tidak langsung

Tendangan Bebas: Pengertian, Jenis dan Peraturannyainstagram/mancity

Sedangkan tendangan bebas tidak langsung umumnya tidak diarahkan langsung ke gawang, tetapi dioper ke rekan tim. Oleh sebab itu, jenis tendangan ini dilakukan bukan untuk mencetak gol secara langsung. Melainkan perlu melakukan build up strategi dahulu.

Terdapat juga tendangan bebas tidak langsung yang dilakukan di kotak penalti. Kok bisa? Tendangan ini dihadiahi kepada sebuah tim jika kiper tim lawan melakukan pelanggaran.

Namun, tendangan tersebut berbeda dengan penalti karena tendangan tersebut tidak langsung mengarah ke gawang. Dalam teknisnya, biasanya seorang pemain akan mengumpan ke temannya terlebih dahulu, baru kemudian menembak ke gawang.

Tendangan bebas seperti ini biasanya diberikan kepada sebuah tim jika tim satunya melakukan beberapa pelanggaran, misalnya:

  1. Offside
  2. Membahayakan pemain lawan, misalnya mengangkat kaki terlalu tinggi di dekat lawan dan menyundul bola terlalu rendah saat lawan akan menendangnya
  3. Menghalang-halangi pergerakan lawan, tetapi posisi badan berada jauh dari bola
  4. Melakukan tindakan berbahaya, misalnya menendang bola yang dipegang kiper
  5. Untuk kiper, jika memegang bola lebih dari 6 detik
  6. Untuk kiper, jika mengambil bola yang telah dilepas secara sengaja

6. Peraturan dalam tendangan bebas

Tendangan Bebas: Pengertian, Jenis dan PeraturannyaChilavert juga perlahan mulai menguasai teknik tendangan bebas (worldfootballindex.com)

Ada beberapa aturan dalam melakukan tendangan bebas langsung dan tidak langsung, di antaranya:

  1. Pemain lawan tidak boleh memberikan isyarat atau menggerakkan bagian tubuh dengan tujuan mengganggu pemain yang ingin melakukan tendangan bebas
  2. Jika ada isyarat tersebut, maka wasit akan memberi peringatan kepada pemain yang melakukannya
  3. Penendang tidak boleh menendang bola 2 kali sebelum bola tersebut disentuh oleh pemain lain
  4. Jika penendang melakukan tendangan secara cepat, sementara pagar betis belum berada pada area yang diizinkan, maka wasit akan tetap melanjutkan permainan

Nah, demikianlah semua penjelasan tentang tendangan bebas. Tendangan ini memang lebih kecil kemungkinannya akan terjadi gol karena butuh kemampuan dan trik yang dilatih berkali-kali oleh pemain yang menendang.

Namun, bukan berarti mustahil untuk menciptakan gol dari tendangan bebas. Nama-nama pemain seperti Cristiano Ronaldo, Roberto Carlos, Lionel Messi, hingga Andrea Pirlo membuktikan hal itu.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Jumlah Gol Tendangan Bebas Terbanyak Saat Ini

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya