Kontrak Pelatih Timnas U-23 Luis Milla  Diperpanjang, Ini Alasan PSSI

Luis Milla gagal memenuhi dua target

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-23 Luis Milla akhirnya bisa bernafas lega setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memperpanjang kontraknya untuk setahun ke depan. Sebelumnya pelatih asal Spanyol ini disorot setelah gagal membawa Timnas U-23 masuk empat besar Asian Games 2018.

"Masuknya dia ke tim mengubah kultur permainan tim nasional kita. Oleh karena itu, mengganti dirinya berarti butuh waktu lagi untuk menyesuaikan semuanya sementara waktu menuju Piala AFF semakin singkat," kata Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, seperti dikutip dari Antara, Rabu (29/8).

1. Target-target Luis Milla yang meleset

Kontrak Pelatih Timnas U-23 Luis Milla  Diperpanjang, Ini Alasan PSSIAntara foto/Puspa Perwitasari

Saat ditunjuk menjadi pelatih Timnas U-23, Luis Milla ditargetkan meraih emas pada Asian Games 2017 dan membawa timnas masuk empat besar Asian Games 2018. Namun kedua target tersebut meleset.

Pada Sea Games 2017, Timnas di bawah asuhan Luis Milla hanya mendapatkan medali perunggu. Sementara di Asian Games 2018 timnas tersingkir di babak 16 besar setelah dikalahkan Uni Emirat Arab.

Kegagalannya mencapai target tersebut sempat memicu kabar PSSI tidak akan memperpanjang kontraknya. Ternyata yang terjadi justru sebaliknya.

Baca Juga: Terus Berkembang, Para Pemain Timnas Bela Luis Milla Bertahan

2. Luis Milla ditargetkan membawa Timnas U-23 memenangi Piala AFF 2018

Kontrak Pelatih Timnas U-23 Luis Milla  Diperpanjang, Ini Alasan PSSIpssi

Target Luis Milla  berikutnya adalah membawa Timnas U-23 menjuarai turnamen sepak bola Asia Tenggara Piala AFF 2018 yang digelar 8 November-15 Desember 2018.

"Target tetap menjadi juara AFF 2018. Luis Milla sudah berada di Indonesia selama setahun delapan bulan dan dia sudah tahu kekuatan Indonesia. Artinya program tinggal berjalan dan diterapkan dengan baik," kata Edy.

3. Timnas U-23 dan Senior akan dipisah

Kontrak Pelatih Timnas U-23 Luis Milla  Diperpanjang, Ini Alasan PSSIpssi.org

Sekrektaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan di kontrak baru Luis Milla nanti akan ada pembagian tugas siapa yang akan melatih timnas senior dan siapa yang akan menangani timnas U-23 yang harus segera dipersiapkan untuk berlaga di SEA Games 2019 di Filipina.

"Itu salah satu turunan dalam kontrak yang akan dibicarakan secara teknis. Namun kami ingin Milla melatih timnas senior dan timnas U-23 Indonesia," tutur Tisha.

Baca Juga: Resmi Dipertahankan, PSSI Masih Tunggu Keputusan Luis Milla

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya