Sukses Tanpa Bobol Sebelum Corona, Ini 6 Pilar Pertahanan Persiraja 

Laskar Rencong Aceh solid dalam bertahan 

Persiraja Banda Aceh melewati tiga laga awal Shopee Liga 1 2020 tanpa kebobolan. Menjadi satu-satunya tim dengan rekor clean sheet sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi Corona. Catatan apik ditorehkan kala bersua Bhayangkara FC dalam laga pembuka di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Serta dua lawatan tandang saat berhadapan dengan tim tangguh Jawa Timur, Madura United dan Persik Kediri. Mengandalkan skema klasik 4-4-2, kuartet lini belakang tim yang baru promosi di Liga 1 2020 ini silih berganti sukses menghalau serangan lawan yang mengancam gawang tim berjuluk Laskar Rencong ini. Berikut para pemainnya.

1. Adam Mitter  

Sukses Tanpa Bobol Sebelum Corona, Ini 6 Pilar Pertahanan Persiraja instagram.com/persiraja_official

Adam Mitter, pemain berpaspor Inggris ini mengisi satu pos bek tengah Persiraja. Mitter bermain lugas tanpa kompromi dengan dua sentuhan layaknya pemain Britania yang mengandalkan fisik serta sprint dalam merebut bola dan umpan-umpan panjang.

Pada 2009 kala remaja Mitter pernah menimba ilmu di Akademi Preston North End, klub kasta kedua Inggris yang juga pernah diperkuat David Beckham kala dipinjamkan Manchester United. Sebelum bergabung dengan Persiraja, Mitter semusim berlaga di Liga Primer Kanada bersama Valour FC, tampil dalam 20 pertandingan di tahun 2019.

2. Eriyanto   

Sukses Tanpa Bobol Sebelum Corona, Ini 6 Pilar Pertahanan Persiraja instagram.com/eriyantou

Pemain bertinggi badan 1,63 meter asal Sukabumi Jawa Barat menjadi duet Adam Mitter di jantung pertahanan Persiraja. Di level junior, Eriyanto menjadi kapten tim junior Indonesia yang dilatih Yeyen Tumena dalam laga bertajuk Milan Junior Camp Day Tournament 2010 di Italia.

Kala itu, ia terpilih sebagai pemain terbaik dan tergabung dalam All Star Team Milan Junior Camp. Tahun 2012, ia pernah menjadi bagian dari skuad Indonesia U-19 yang dikapteni Evan Dimas kala menjuarai HKFA International Youth Football di Hongkong. Eriyanto memperkuat Persib, Madura United dan PSPS Riau sebelum bergabung dengan Persiraja.  

3. Agus Suhendra 

Sukses Tanpa Bobol Sebelum Corona, Ini 6 Pilar Pertahanan Persiraja instagram.com/persiraja_official

Pemain asal pantai selatan Aceh ini tergolong senior di Persiraja. Agus memperkuat Bonden Kutaraja (julukan Persiraja) sejak 2014 dan telah mencatatkan 70 penampilan dengan lesakan 3 gol. Saat ini, Agus dalam proses penyembuhan cedera patah tangan yang dialaminya kala berbenturan dengan pemain Bhayangkara FC. Dalam laga itu, ia bermain apik sebagai bek sayap kanan sebelum digantikan akibat cedera.    

Baca Juga: Gaji Dibayar 25 Persen, Kiper Persiraja Pasrah dengan Kebijakan Klub

4. Tri Rahmad Priadi  

Sukses Tanpa Bobol Sebelum Corona, Ini 6 Pilar Pertahanan Persiraja instagram.com/persiraja_official

Berposisi di kiri pertahanan, Tri Rahmad Priadi telah memperkuat tim bermarkas di Lampineung sejak pagelaran Liga 2 2019. Pemain kelahiran Bukit Tinggi ini pernah memperkuat Cilegon United, PSPS Pekan Baru dan Persis Solo.

5. Ganjar Mukti 

Sukses Tanpa Bobol Sebelum Corona, Ini 6 Pilar Pertahanan Persiraja instagram.com/ganjarmukti

Pria yang juga anggota TNI ini baru bergabung di awal Maret dari Arema Malang dengan status pinjaman. Ganjar langsung menjalani debutnya sebagai bek kanan kala bersua Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Madura, menggantikan Agus Suhendra yang cedera. Di tahun 2015, pemain asal Tangerang ini bermain untuk Bali United sebelum pindah ke PS TNI di musim 2016. Dari 2016-2019, ia memperkuat PSIS Semarang sebelum direkrut Arema untuk musim 2020.

6. Luis Irsandi 

Sukses Tanpa Bobol Sebelum Corona, Ini 6 Pilar Pertahanan Persiraja instagram.com/persiraja_official

Sekilas penampilannya mirip mantan pemain Barcelona, Carles Puyol. Kebetulan keduanya berposisi sebagai pemain bertahan. Pria ini jebolan Akademi PSMS Medan dan sempat bermain di level senior dalam Liga Super 2012-2014.

Pemuda kelahiran Medan bergabung dengan tim bersemboyan Lantak Laju (Hajar Terus) sejak Liga 2 2018 dari PSPS. Tercatat 3 gol telah dicetak dari 40 penampilan untuk Persiraja. Di Shopee Liga 1 2020, pria berambut gondrong ini menggantikan Adam Mitter dalam laga ketat di Kediri bersua Persik.   

Nah, itu tadi deretan pemain yang sukses menjaga pertahanan Persiraja. Sayang pandemi Corona menghentikan aksi mereka. Yang mana saja kuartet pilihanmu?

Baca Juga: Meski Banda Aceh Lockdown, Kiper Persiraja Tak Libur Latihan

Yopi Ilhamsyah Photo Writer Yopi Ilhamsyah

Pemerhati Lingkungan dan Sepakbola Nasional

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya