Comscore Tracker

Jarang Terdengar, 5 Klub Ini Ternyata Pernah Juara Liga Champions!

Bahkan ada klub dari Serbia dan Rumania

Untuk semua klub Eropa, kompetisi Liga Champions adalah salah satu kompetisi paling prestisius yang semua pemain dan klub pasti ingin memenangkannya.

Kompetisi yang sudah berjalan lebih dari 60 tahun tersebut saat ini didominasi oleh klub-klub besar dari negara besar seperti Inggris, Spanyol, Jerman, dan Italia.

Namun tahukah kamu, ternyata ada klub-klub kecil yang mungkin sudah jarang terdengar di telinga kita, berhasil memenangkan Liga Champions, lho.

Ini berarti tak tertutup kemungkinan bahwa klub manapun bisa memenangkan piala prestisius ini, seperti misalnya lima klub ini yang ternyata pernah juara Liga Champions!

5. Aston Villa

Jarang Terdengar, 5 Klub Ini Ternyata Pernah Juara Liga Champions!futbolretro.es/avfc.co.uk

Mungkin tidak banyak yang tahu, kalau Aston Villa, tim asal Inggris yang baru saja promosi ke Premier League tahun 2019 kemarin, ternyata adalah salah satu dari sekian klub di Inggris yang pernah memenangkan Liga Champions.

Ya, mereka pernah sekali memenangkan Liga Champions, yakni pada tahun 1982. Tak tanggung-tanggung, mereka memenangkan laga final melawan raksasa Jerman, Bayern Munich dengan skor 1-0.

4. Hamburger SV

Jarang Terdengar, 5 Klub Ini Ternyata Pernah Juara Liga Champions!UEFA.com

Selain Aston Villa, Hamburger SV juga adalah salah satu tim yang juga pernah memenangkan Liga Champions, tepatnya pada tahun 1983, setahun setelah Aston Villa menjadi juara. Mereka mengalahkan raksasa Italia, Juventus dengan skor 1-0 di final.

Hamburger SV dijuluki 'The Dinosaur' karena berhasil berada di Bundesliga sejak liga pertama diresmikan tahun 1963. Mereka akhirnya terdegradasi pada tahun 2018, dan belum berhasil kembali promosi hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Klub asal Inggris dengan Pertandingan Terbanyak di Liga Champions

3. Red Star Belgrade

Jarang Terdengar, 5 Klub Ini Ternyata Pernah Juara Liga Champions!thesefootballtimes.co

Berlanjut ke salah satu kejutan dari negara Eropa Tengah, Red Star Belgrade adalah salah satu juara Liga Champions, tepatnya pada tahun 1991, ketika mereka berhasil mengalahkan klub asal Perancis, Marseille, di final lewat drama adu penalti.

Saat itu, negara Yugoslavia belum pecah dan jadi kekuatan baru di Eropa. Namun, semenjak negara tersebut pecah menjadi beberapa negara, klub yang sekarang mewakili Serbia tersebut kesulitan mencapai level yang pernah mereka capai sebelumnya.

2. Steaua Bucuresti

Jarang Terdengar, 5 Klub Ini Ternyata Pernah Juara Liga Champions!UEFA.com/©Getty Images

Sebelum Red Star Belgrade mengejutkan dunia, Steaua Bucuresti sudah mengejutkan sebelumnya dengan berhasil memenangkan Liga Champions pada tahun 1986 silam.

Tak tanggung-tanggung, mereka berhasil mengalahkan raksasa Spanyol, Barcelona di final lewat drama adu penalti. Mereka juga sempat kembali mencapai final di tahun 1989, namun impian mereka untuk menang kedua kalinya dikandaskan oleh AC Milan.

1. Nottingham Forest

Jarang Terdengar, 5 Klub Ini Ternyata Pernah Juara Liga Champions!bleacherreport.com/Associated Press

Yang terakhir, dan yang juga sudah jarang disorot di Liga Inggris adalah Nottingham Forest. Klub yang sudah jarang terdengar bagi generasi milenial pecinta Liga Inggris. Ya, klub ini memang sudah tidak berada di divisi utama Premier League sejak tahun 1999.

Namun, rekor mereka di Liga Champions adalah salah satu yang paling luar biasa, dimana mereka berhasil meraih gelar Liga Champions secara beruntun pada tahun 1979 dan 1980, sebuah rekor yang kemudian baru dicapai kembali oleh Real Madrid nyaris 30 tahun kemudian.

Mereka mengandaskan harapan klub Swedia, Malmo FF di final tahun 1979 dengan skor 1-0, sebelum kembali menang dengan skor yang sama di tahun 1980, kali ini memupus mimpi Hamburger SV meraih gelar (mereka akhirnya berhasil mendapatkan gelar di tahun 1983)

 

Itulah lima klub yang pernah memenangkan gelar Liga Champions tapi jarang terdengar. Apakah kamu sudah tahu semua?

Baca Juga: Para Klub Juara Liga Europa yang Gagal di Liga Champions, Kutukan?

Yoseph Sebastian Photo Writer Yoseph Sebastian

Seorang Penggila Sepakbola dan Bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya