Bawa Pulang Trofi, 5 Fakta Pelatih Italia Roberto Mancini

Timnas Italia kian pede menatap masa depan #IDNTimesSport

Tepat pada tanggal 11 Juli 2021, tim nasional sepak bola Italia atau yang lebih dikenal dengan nama Gli Azzuri berhasil membawa pulang trofi turnamen EURO 2020. Pertandingan final antara Italia dan Inggris yang diadakan di Stadion Wembley, London tersebut berjalan dengan sengit hingga diperlukan waktu tambahan.

Walaupun sempat kebobolan pada menit kedua, tim asuhan Roberto Mancini ini akhirnya mampu mengalahkan tim asuhan Gareth Southgate dengan skor adu penalti 3-2.

Namun siapakah sebenarnya sosok Roberto Mancini?

Roberto Mancini merupakan mantan pesepak bola Italia kelahiran Kota Iesi, Provinsi Ancona di Marche.. Mancini secara resmi ditunjuk untuk melatihGli Azzuri pada tahun 2018 setelah menggantikan Gian Piero Ventura yang gagal membawa Italia lolos ke ajang Piala Dunia Rusia 2018. Peristiwa tersebut bahkan dianggap sebagai peristiwa paling tragis dalam sejarah sepak bola Italia. 

Keberhasilan Gli Azzuri di Piala EURO 2020 secara tidak langsung menunjukan bahwa Mancini berhasil membangunkan Italia dari keterpurukan. Oleh karena itu, tidak heran jika masyarakat Italia menganggap Mancini sebagai pahlawan dalam sepak bola Italia saat ini.

Ingin tahu lebih dalam tentang pelatih tim nasional Italia? Simak fakta tentang Roberto Mancini melalui ulasan di bawah ini!

1. “Gol kembar” bersama Gianluca Vialli

Bawa Pulang Trofi, 5 Fakta Pelatih Italia Roberto Mancinipotret Gianluca Vialli dan Roberto Mancini saat masih muda (instagram.com/lucavialli)

Sebelum menjadi salah satu pelatih sepak bola paling populer saat ini, Roberto Mancini mengawali karirnya sebagai pemain sepak bola sebagai seorang penyerang. Pada usia 18 tahun, Mancini memutuskan untuk bergabung dengan klub Italia, UC Sampdoria yang berbasis di Genova.

Di Sampdoria, Mancini bertemu dengan sahabat dekat sekaligus tandemnya selama melatih Gli Azzuri, Gianluca Vialli. Bahkan keduanya berhasil mencetak gol bersama yang dikenal dengan istilah "gol kembar" oleh masyarakat Italia.

2. Persembahkan trofi untuk setiap klub yang ia latih

Bawa Pulang Trofi, 5 Fakta Pelatih Italia Roberto Mancinipotret Roberto Mancini setelah sukses menjuarai EPL bersama Manchester City (manchestereveningnews.co.uk)

Mancini memulai karir sebagai pelatih dengan mengasuh beberapa klub lokal Italia seperti Florentina, Lazio, hingga Inter Milan. Pada tahun 2009, Mancini ditunjuk menjadi pelatih dari klub asal Inggris, Manchester City dan berhasil menjadi juara Liga Inggris setelah berhasil mengungguli perolehan poin Manchester United di menit akhir perburuan gelar EPL musim 2011/2012.

Klub Zenit St. Petersburg juga pernah dilatih oleh Mancini pada tahun 2016-2018. Total, sudah ada 13 trofi yang diraih Mancini selama karirnya menjadi manajer sepak bola sebelum akhirnya melatih Gli Azzuri.

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar Timnas Italia Selama Ditangani Roberto Mancini

3. Anggota The Hall of Fame

Bawa Pulang Trofi, 5 Fakta Pelatih Italia Roberto Mancinipotret Ronaldo, Viallu, dan Mancini (robertomancini.com)

Pada tahun 2016, tepat setelah 14 tahun meniti karir sebagai manajer sepak bola sejak 2002, Roberto Mancini berhasil masuk ke dalam daftar The Hall of Fame del Calcio Italiano. The Hall of Fame del Calcio Italiano merupakan sebuah penghargaan bersifat member yang diberikan oleh asosiasi sepak bola Italia, FIGC kepada tokoh-tokoh yang memiliki peran signifikan dalam perkembangan sepak bola Italia.

Roberto Mancini mendapat penghargaan tersebut bersama dengan Gianluca Vialli sebagai pemain sepak bola Italia dan Ronaldo sebagai pemain sepak bola non Italia.

4. Salah satu ikon fashion Italia

Bawa Pulang Trofi, 5 Fakta Pelatih Italia Roberto Mancinipotret Mancini saat menjadi sampul sebuah majalah (Instagram.com/mrmancini10)

Fakta yang tidak kalah menarik tentang sosok Roberto Mancini adalah selera fashion yang ia miliki dianggap sebagai kesegaran dalam ranah berbusana sepak bola Italia. Mancini seringkali mengenakan celana kain yang dipadukan dengan blazer senada dan ditambahkan dengan scarf sebagai pemanis.

Selera fashion tersebut tentu saja tidak dapat dipisahkan dari tanah kelahiran dan tempatnya meniti karir sepak bola yang memang merupakan rumah dari para brand fashion seperti Versace, Gucci, hingga Prada. Bahkan, Mancini pernah menjadi cover dari salah satu majalah fashion populer bernama QG Italia pada bulan Maret 2021.

5. Italia menjadi juara EURO 2020

Bawa Pulang Trofi, 5 Fakta Pelatih Italia Roberto Mancinipotret Mancini mengangkat trofi Euro (Instagram.com/azzuri)

Memang saat ini tidak ada hal lain yang dapat menandingi keberhasilan Roberto Mancini usai membawa Gli Azzuri sebagai juara EURO 2020. Bersama dengan legenda seperti Gianluca Vialli dan Daniele de Rossi, Mancini berhasil membuktikan kebangkitan tim nasional sepak bola Italia dengan mengalahkan The Three Lions di kandang mereka.

Pertadingan tersebut bahkan disaksikan secara langsung oleh presiden Italia, Sergio Mattarella yang kemudian memberikan penghargaan kepada seluruh pemain dan pelatih Gli Azzuri di Roma.

Itulah lima fakta menarik tentang Roberto Mancini yang saat ini menjabat sebagai manajer tim nasional Italia dan berhasil membawa pulang trofi EURO 2020. Mampukah Roberto Mancini dan anak asuhnya di skuad Italia mengulang kejayaan yang sama pada helatan Piala Dunia Qatar 2022 tahun depan?

Baca Juga: Qatar Wajibkan Vaksinasi Penuh Bagi Suporter Piala Dunia

R.P. Yulia Photo Writer R.P. Yulia

Seorang perempuan yang gemar bercerita tentang perempuan namun selalu menghormati laki-laki.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya