7 Tim Peraih Scudetto Terbanyak Sepanjang Sejarah Serie A Italia  

Yang mana tim favoritmu? 

Bagi penggemar sepak bola Italia, Scudetto merupakan istilah yang sering mereka ucapkan dan dengar. Scudetto merupakan perisai yang dipasang di kaus tim sebagai penanda bahwa tim tersebut telah menjuarai Serie A. Dengan begitu, tak heran jika Scudetto diartikan sebagai trofi juara Serie A Italia.  

Serie A merupakan kasta tertinggi dalam sistem sepak bola Italia. Kompetisi ini sudah dimulai sejak musim 1897/1898. 123 tahun bergulir, tentu saja terdapat juara dalam setiap musimnya. Melansir dari legaseriea.it, setidaknya ada tujuh tim peraih Scudetto terbanyak selama Serie A Italia berlangsung. Berikut adalah ketujuh tim sukses tersebut. 

1. Juventus F.C (35 kali Scudetto)  

7 Tim Peraih Scudetto Terbanyak Sepanjang Sejarah Serie A Italia  sportingnews.com

Sebagaimana dilansir dari juventus.com, tim berjuluk La Vecchia Signora itu berdiri pada 1 November 1897 di kota Turin, Italia. Pada musim 1904/1905, Juventus sukses menjuarai Italia untuk pertama kalinya. Sempat mengalami puasa gelar selama musim 1905 - 1925, Juventus sukses meraih Scudetto lima kali beruntun pada tahun 1930 - 1935.

Meskipun kehilangan gelar akibat kasus calciopoli, sampai saat ini Juventus telah mengoleksi 35 Scudetto. Dengan hasil itu, Juventus menjadi tim Serie A yang paling banyak meraih Scudetto, mengungguli tim Italia lainnya. Bahkan, Juventus merupakan tim pemegang rekor Sudetto 8 kali beruntun.

2. F.C Inter Milan (18 kali Scudetto) 

7 Tim Peraih Scudetto Terbanyak Sepanjang Sejarah Serie A Italia  sport.sky.it

Satu-satunya tim Italia yang pernah meraih treble winner adalah Inter Milan. Tim berjuluk Nerazzurri yang juga merupakan rival sekota A.C Milan itu berdiri pada tahun1908. Scudetto pertama yang berhasil dimenangkan Inter terjadi pada musim 1909/1910.

Tim yang saat ini bertengger di posisi tiga Serie A musim 2019/2020 itu memiliki total 18 kali Scudetto. Terakhir kali mereka mengangkat trofi Serie A Italia yaitu pada musim 2009/2010. Selain itu, Nerazzurri merupakan tim yang berhasil finis di posisi dua sebanyak 14 kali.

3. A.C Milan (18 kali Scudetto) 

7 Tim Peraih Scudetto Terbanyak Sepanjang Sejarah Serie A Italia  sempremilan.com

Sebagai tim Italia yang mengoleksi trofi Liga Champions terbanyak, A.C milan juga memiliki catatan yang baik di liga domestik. Melansir dari legaseriea.it, tim berjuluk Rossoneri ini berhasil meraih Scudetto pertama pada musim 1900/1901. Setelah itu, A.C Milan sempat tiga kali merajai Italia secara beruntun, yaitu pada tahun 1991-1994.

Sepanjang sejarah Serie A, A.C Milan tercatat 18 kali meraih Scudetto. Sepeninggal Paolo Maldini dan kawan-kawan, A.C Milan cukup kesulitan memenangkan Scudetto. Terakhir kali A.C Milan mengangkat trofi Serie A yaitu pada musim 2010/2011, di bawah asuhan Massimiliano Allegri.

Baca Juga: Tampil Impresif, Allegri: Inter Milan Bisa Raih Scudetto Musim Ini

4. Genoa C.F.C (9 kali Scudetto)

7 Tim Peraih Scudetto Terbanyak Sepanjang Sejarah Serie A Italia  news.cgtn.com

Mungkin kalian tidak akan menyangka bahwa dalam perolehan Scudetto, Genoa mengungguli AS Roma dan Napoli. Tim yang berjuluk Il Grifone itu sempat berjaya di awal-awal bergulirnya Serie A Italia. Sepanjang sejarah Serie A Italia, Genoa sukses merengkuh 9 kali Scudetto dan 4 kali menjadi runner-up.

Sejak memenangkan trofi Serie A pada musim 1923/1924, tim yang sekarang ditangani Davide Nicola itu belum bisa mengulang kesuksesan di masa lalu. Pencapaian sukses terakhir Genoa di Serie A adalah finis di posisi dua pada musim 1929/1930.    

5. Torino F.C (7 kali Scudetto)

7 Tim Peraih Scudetto Terbanyak Sepanjang Sejarah Serie A Italia  repubblica.it

Di posisi lima ada tim bernama Torino. Rival sekota Juventus ini juga ternyata memiliki catatan yang bagus dalam perolehan Scudetto. Trofi Serie A pertama yang sukses mereka raih terjadi pada musim 1927/1928. Meskipun gelaran Serie A sempat berhenti akibat Perang Dunia II, Torino Sukses meraih Scudetto lima musim beruntun dari 1942 - 1949.

Berdasarkan data yang dimuat legaseria.it, sepanjang sejarah Serie A, klub berjuluk Il Toro itu sukses mengoleksi tujuh Scudetto dan tujuh kali finis di posisi dua. Trofi Serie A terakhir yang berhasil dibawa pulang adalah pada musim 1975/1976. Sekarang ini Torino hanya bisa bertengger sebagai tim papan tengah Serie A Italia.    

6. Bologna F.C (7 kali Scudetto) 

7 Tim Peraih Scudetto Terbanyak Sepanjang Sejarah Serie A Italia  bolognafc.it

Tim peraih Scudetto terbanyak berikutnya adalah Bologna. Klub berjuluk I Rossoblu (Si Merah dan Biru) itu didirikan pada 3 Oktober 1909. Pada musim 1924/1925 Bologna berhasil meraih trofi Serie A pertamanya. Mereka terakhir kali menjuarai Serie A Italia pada musim 1963/1964.

Melansir dari legaseriea.it, tim yang sekarang menempati posisi 10 itu memiliki total tujuh kali Scudetto dan empat kali mencatatkan diri sebagai runner-up. Dengan hasil tersebut Bologna ada pada posisi ke-enam dalam daftar ini. 

7. F.C. Pro Vercelli (7 kali Scudetto) 

7 Tim Peraih Scudetto Terbanyak Sepanjang Sejarah Serie A Italia  corrieredellosport.it

Mungkin tak banyak yang tahu tentang tim yang satu ini. Karena memang, sekarang ini Pro Vercelli hanya menjadi penghuni Serie C, kasta ke-tiga Liga Italia. Sebagaimana dirangkum legaseriea.it, tim yang didirikan pada tahun 1892 itu sempat merajai Serie A Italia di masa lalu. Trofi Serie A pertamanya diraih pada musim 1907/1908.

Selain itu, Pro Vercelli juga pernah merengkuh Scudetto tiga kali beruntun yaitu pada musim  1910-1913. Sebelum jatuh kasta, terakhir Pro Vercelli berhasil meraih Scudetto yaitu di musim 1921/1922. Sepanjang perjalanannya, Pro Vercelli sukses memenangkan tujuh Scudetto dan satu kali sebagai runner-up.

Sebagaimana dimuat dalam laman resmie Serie A Italia yaitu legaseriea.it, Juventus memang sukses mendominasi kasta tertinggi liga Italia itu. Akankah Juventus kembali membawa pulang gelar raja Italia di musim ini? Ataukah tim lain yang justru sukses merengkuh Scudetto musim ini? Wajib kita nantikan!

Baca Juga: Kalahkan Cagliari, Juventus Tinggal Berjarak 10 Poin dari Scudetto

Zain Nurjaman Photo Writer Zain Nurjaman

Penutur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya