Comscore Tracker

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Mendunia

Pasti produknya ada yang pernah kamu pakai

Apa smartphone yang kamu gunakan sekarang? Xiaomi, Samsung atau Apple? Tebakan kami sebagian besar dari kalian pasti menggunakan smartphone asal China. Itu karena produk-produk mereka terkenal dengan harganya yang terjangkau dan memiliki kualitas yang sebanding atau bahkan lebih baik. Pertanyaannya, apa sajakah smartphone yang kamu tahu berasal Cina? Inilah daftar 10 perusahaan smartphone terbesar asal Cina.

1. Huawei

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Menduniaalphr.com

Berdasarkan laporan IDC Quarterly Mobile Phone Tracker, Huawei adalah perusahaan terbesar ketiga untuk dunia smartphone setelah Samsung dan Apple. Smartphone-nya populer di masyarakat Cina maupun negara lain. Untuk markas besar Huawei sendiri terletak di Shenzhen, Cina.

2. OPPO

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Mendunialinkedin.com

OPPO berlokasi di Dongguan, Guangdong. Mereka terkenal dengan pasar smartphone-nya yang sering mengincar smartphone dengan bentukan tipis. Dalam masalah penjualan, OPPO memiliki pasar yang serupa dengan Huawei.

3. Vivo

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Menduniaaajkikhabar.com

Masuk dalam perusahaan raksasa Cina, BBK Electronics. Vivo juga memiliki pasar yang kuat dalam menjajakan smartphone-nya. Didirikan pada 2009, perusahaan ini seringkali memberikan desain smartphone yang tipis namun memiliki chipset yang sangat kuat. Tak hanya itu, mereka juga menjual produk macam aksesori smartphone, software, hingga pelayanan online.

4. Lenovo

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Mendunialatestalltypejobs.blogspot.com

Dalam pasar smartphone Cina, Lenovo merupakan pemain lama. Mereka dulu sempat masuk dalam empat besar perusahaan ternama penyedia smartphone, namun pada akhirnya ditumbangkan oleh perusahaan lain. Dengan markas yang berada di Beijing, Cina, smartphone Lenovo dikenal memiliki prosesor multi core yang kuat dengan harga yang terjangkau.

5. OnePlus

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Menduniaaboveandroid.com

OnePlus memiliki satu pabrikan smartphone dengan OPPO karena OPPO merupakan perusahaan orang tua. Perusahaannya terletak di Guangdong dan produknya telah menyebar hingga lebih dari 42 negara. Smartphone terkenal dengan performa yang cepat. Terakhir, smartphone-nya yang bekerja sama dengan pihak Mclarren dipuji oleh banyak media dan reviewer karena performanya yang dapat sangat OK.

Baca Juga: 5 Smartphone Huawei dengan Konektivitas USB Type-C, Canggih Bener!

6. Xiaomi

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Menduniawccftech.com

Nama Xiaomi sedang ramai dibicarakan saat ini karena mereka memberikan smartphone kelas premium dengan harga kelas menengah dan ke bawah. Pada tahun 2015, mereka menempati posisi kelima sebagai produsen smartphone dan disebut Apple-nya Cina. Xiaomi Mi Mix-nya mungkin adalah produknya yang paling unik karena memiliki badan keramik dan layar edge-to-edge.

7. Coolpad

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Menduniaandroidheadlines.com

Di Indonesia, nama Coolpad tak terlalu terkenal untuk masalah smartphone, melainkan lebih ke arah aksesori. Perusahaan yang terletak di Shenzhen, Guangdong itu adalah perusahaan domestik terbesar di Cina yang penjualannya lebih banyak di luar negeri. Produknya selalu memiliki smartphone murah dan dikatakan pula merekalah yang memperkenalkan double network yang membuatmu dapat memiliki dua nomor dalam satu smartphone.

8. Meizu

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Menduniagizchina.com

Meizu adalah perusahaan dengan produk termewah di Cina. Namanya adalah Flyme, sebuah sistem operasi kostum berdasarkan android. Sebelum menjadi produsen smartphone, Meizu terlebih dahulu memproduksi MP3 players dan MP4 players, namun di 2008 mereka memutuskan untuk masuk ke ranah smartphone.

9. ZTE

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Menduniapolitico.com

ZTE adalah perusahaan telekomunikasi Cina multinasional. Di sana nama ZTE masuk dalam jajaran lima besar produsen smartphone dan menjual produknya di lebih dari 160 negara di seluruh dunia. Mungkin di Indonesia, orang jarang melirik smartphone milik mereka, namun di negara barat, ZTE memiliki pasar tersendiri yang berpotensial besar.

10. Tecno

10 Perusahaan Smartphone Terbesar asal Cina yang Menduniaamazon.in

Jelas Tecno adalah perusahaan asal Cina, tetapi sebenarnya Tecno sendiri pertama kali berdiri di Hong Kong dengan pusat pengembangan smartphone-nya di Shanghai. Jika ditanya pasar, produk Tecno menyasar Asia Tenggara dan Afrika, tetapi sekarang mereka ingin mengembangkannya hingga ke pasar Eropa. Buktinya adalah kehadiran smartphone bernama Tecno Camon CX yang bekerja sama langsung dengan klub sepak bola Manchester City.

Itulah 10 perusahaan raksasa smartphone Cina. Apakah smartphone punyamu datang dari salah satu perusahaan ini? Bagaimana kualitasnya? Berikan pendapatmu tentang kualitas dari produk-produk milik mereka ya.

Baca Juga: Kekinian Banget, 5 Rekomendasi Smartphone Nokia dengan Fitur NFC

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Ernia Karina

Just For You