Comscore Tracker

iPhone X Meledak, Ini 5 Penyebab yang Membuat Ponselmu Mengalaminya

Kalau meledak di meja gak masalah, tapi kalau di wajah...

Mungkin kamu sempat mendengar adanya berita ponsel Samsung yang tiba-tiba meledak sendiri dan membakar ponselnya hingga tak bisa digunakan. Nah, kejadian itu terulang kembali, tetapi bukan dari pihak Samsung, melainkan produk Apple.

iPhone X yang dimiliki warga Amerika bernama Rahel Mohamad tiba-tiba meledak setelah meng-update iOS 12.1. Dikatakan kepada Gadget360, ponsel miliknya tersebut tiba-tiba saja mengeluarkan asap abu-abu saat di-update dan sesaat menyala, ponsel itu diliputi api. Ini bukan yang kali pertama Apple mendapat komplain yang sama terkait ledakan macam itu, akan tetapi komplain lainnya datang dari produk non-iPhone X. Hingga kini Apple masih menyelidiki masalah itu.

Memang belum ada konfirmasi yang jelas mengapa bisa seperti itu, namun ada beberapa spekulasi yang diperkirakan bisa jadi penyebab utama. Utamanya disebabkan karena adanya permasalahan baterai. Berikut adalah spekulasi-spekulasi yang diperkirakan dapat menjadi penyebab meledaknya sebuah smartphone.

1. Terjatuhnya ponsel dan merusak baterai

iPhone X Meledak, Ini 5 Penyebab yang Membuat Ponselmu Mengalaminyaunsplash.com/agebarros

Kerusakan fisik adalah satu dari sekian banyak penyebab. Orang-orang pada umumnya akan langsung ke tempat perbaikan untuk memperbaiki layyar yang pecah atau lainnya, namun jarang ada yang mengecek bagaimana kondisi baterai di dalamnya.

Padahal jatuh itu dapat mengubah mekanis dalam atau struktur kimiawi dalam baterai yang dapat menyebabkan kegagalan sirkuit. Secara fisik, baterai dapat dikatakan rusak jika mengembung, berubah bentuk atau mengalami overheating atau panas terus menerus.

2. Suhu yang panas

iPhone X Meledak, Ini 5 Penyebab yang Membuat Ponselmu Mengalaminyaunsplash.com/rawpixel

Memang sekarang terdapat fitur untuk memastikan bateraimu tidak mengalami overheating, akan tetapi tetap perlu diingat untuk terus menjaga suhu ponsel itu. Banyak elemen yang mempengaruhi panasnya sebuah ponsel: menjalankan grafis yang terlalu berat, menggunakan aplikasi yang terlalu membebani CPU, widgets yang berjalan terus, menelepon dalam jangka waktu lama dan koneksi seluler atau Wi-fi yang terus menerus. Ditambah dengan suhu udara yang panas, maka akan bertambah parah.

Ada pun beberapa cara agar ponselmu tetap dingin:

  • Lepaskan ponselmu dari case-nya saat mengisi baterai
  • Menghindari penggunaan langsung di bawah matahari
  • Tidak meletakkan ponselmu di dalam mobil dalam waktu lama
  • Jangan mengisi baterai di tempat yang dapat menjebak panas

Baca Juga: Bukan Smartphone, Ini 5 Gadget Andalan Generasi 2000an yang Melegenda!

3. Menggunakan charger yang salah

iPhone X Meledak, Ini 5 Penyebab yang Membuat Ponselmu Mengalaminyaunsplash.com/Stephen Johnson

Seringkali kita membeli kabel charger tanpa berpikir apakah kualitasnya bagus atau tidak. Lalu seketika kita menggunakannya, lama kelamaan ponselmu ini bertambah panas tak seperti biasanya. Bayangkan jika hal tersebut ditambah dengan panasnya udara. Bisa jadi ponselmu itu meledak di wajahmu. Karena itu berinvestasilah lebih untuk charger yang kamu gunakan.

4. Ponselmu basah

https://www.youtube.com/embed/bNMfe20I_IE

Bateraimu itu berbahan lithium dan jika terkena kontak dengan air ataupun uap air, lithium itu akan terbakar. Memang baterai ponsel memiliki pelindung yang melindungi baterainya dari kontak air itu.

Bahkan ada pula ponsel yang sudah memiliki fitur waterproof atau water-resistant. Tetapi tetap sebisa mungkin hindari air mengenai ponselmu. Tidak ada yang tahu kapan atau bagaimana terjadi kebocoran hingga air itu merembes dan mengenai lithium bateraimu.

5. Bateraimu bocor

https://www.youtube.com/embed/XqaD2ktZkmo

Perlu diketahui lithium bereaksi dengan air sekaligus udara. Itu artinya kebocoran baterai akibat tertusuk ataupun lainnya dapat memicu terbakarnya ponselmu. Reaksi ini pun tidak hanya berhenti seketika melainkan terus berlanjut sampai ponselmu benar-benar hangus. Jelas, ini mengindikasikan bahaya yang selalu mengancam jika ponselmu mengalami kecelakaan yang menusuk.

Hayooo, siapa yang punya kebiasaan untuk membiarkan teleponnya seperti di atas? Jangan dibiasakan lagi kalau mau ponselmu dan kamu sendiri selamat.

Baca Juga: Project Tesla, iPhone Termahal di Dunia yang Menggunakan Tenaga Surya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya