Comscore Tracker

5 Aplikasi Pelacak Kamera Tersembunyi, kalau Kamu Parno di Tempat Umum

Ya paling tidak bisa mengurangi rasa kekhawatiranmu

Di zaman sekarang hidupmu penuh dengan pengawasan. Kamera pengawas selalu tersaji di setiap pojok ruangan, sedangkan sosial media selalu mengawasi tiap gerakanmu. Ibarat selebriti yang selalu diikuti paparazzi, privasi kita di zaman sekarang sudah sangat terbatas karena kehadiran perangkat-perangkat canggih.

Jika obscura yang dapat kamu lihat saja sudah cukup buruk untukmu, bersiaplah dengan kehadiran kamera tersembunyi. Di Korea Selatan sana, isu ini sedang merebak dan ternyata hadir dalam berbagai bentuk. Ada yang dimasukkan dalam botol soda, di paku, kancing baju dan banyak lagi yang mana bentuknya tidak akan pernah kita sadari sebagai sebuah kamera. Sangat mengerikan jika dibayangkan itu terjadi di sekitar kita.

Untungnya, ternyata smartphone yang kita gunakan bisa mendeteksi hal tersebut. Lewat aplikasi tertentu, kamera-kamera yang tersamar dalam beragam bentuk itu bisa kamu ketahui sebelum beraksi.

Karena itulah, penting bagimu untuk mengetahui aplikasi apa saja yang dapat mendeteksi alat pengambil gambar itu. Walaupun tidak sempurna dan tidak terlalu detail, paling tidak aplikasi ini bisa memberikan gambaran apakah ruangan yang kamu gunakan aman atau tidak.

1. Hidden Camera Detector

5 Aplikasi Pelacak Kamera Tersembunyi, kalau Kamu Parno di Tempat Umumplay.google.com

Kamu bisa mempercayai aplikasi ini dengan melihat jumlah reviewer dan penggunanya. Hidden Camera Detector garapan FutureApps ini meninggikan kemampuan magnetik yang ada smartphone­-mu hingga dapat mengetahui kamera tersembunyi. Jika ada bunyi serta titik merah dalam sinyal deteksi aplikasi ini, maka itu berarti terdapat kamera yang disembunyikan.

https://www.youtube.com/embed/8IpwKHYYMl0

2. Tiny Spy Camera Finder

5 Aplikasi Pelacak Kamera Tersembunyi, kalau Kamu Parno di Tempat Umumplay.google.com

Aplikasi ini mendeteksi kehadiran kamera tersembunyi dengan dua cara, yaitu lewat radiasi dan lewat infrared. Menggunakan metode radiasi akan memberikan pesan notifikasi suara yang sebuah kamera tersembunyi terdeteksi. Sedangkan yang menggunakan metode infrared, kamu bisa melihat langsung cahaya yang terpancar dari kamera itu.

Baca Juga: Cara Mengetahui Unfollower Instagram, Gunakan 6 Aplikasi Terlaris Ini!

3. Radarbot

5 Aplikasi Pelacak Kamera Tersembunyi, kalau Kamu Parno di Tempat Umumplay.google.com

Radarbot memiliki dua varian: yang versi berbayar dan versi gratis. Yang versi berbayar (paid version) sudah tentu diberikan fitur lebih beragam pada aplikasi itu.

Melihat fiturnya, Radarbot lebih diperuntukkan untuk mereka sering berada di jalanan. Itu dikarenakan adanya kemampuan untuk melihat speed camera, sebuah kamera yang dirancang khusus untuk melihat kecepatan kendaraan dan sering kali tersembunyi dari pengemudi.

https://www.youtube.com/embed/tty6VefMt4E

4. Spy Camera Finder

5 Aplikasi Pelacak Kamera Tersembunyi, kalau Kamu Parno di Tempat Umumplay.google.com

Mirip dengan Tiny Spy Camera Finder, aplikasi ini bisa mendeteksi beragam tipe kamera tersembunyi. Tiga cara deteksinya adalah dengan deteksi radiasi, deteksi kamera, dan deteksi infrared.

5. Detect+

5 Aplikasi Pelacak Kamera Tersembunyi, kalau Kamu Parno di Tempat Umumplay.google.com

Di aplikasi ini, kamu akan mengenali kehadiran kamera tersembunyi lewat emisi radiasi yang dipancarkan, yaitu radiasi gelombang magnet. Aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan sehingga kamu tak perlu ambil pusing untuk memahami cara kerja aplikasi ini. Cukup dekatkan dengan area yang kamu rasa memiliki kamera tersembunyi dan cek radiasinya lewat aplikasi ini.

Aplikasi-aplikasi ini dijamin bisa sedikit memberikan sedikit kelegaan terhadap rasa was-was akan sekitarmu. Kalaupun kamu adalah orang yang tidak peka dan tidak peduli akan kamera tersembunyi, berjaga-jaga tetap tidak menjadi masalah.

Baca Juga: Mau Populer di Instagram? Pakai Aja 7 Aplikasi Pembuat Hashtag Ini Deh

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya