Comscore Tracker

5 Cara Memilih Internet Service Provider, Perhatikan Sebelum Nyesal!

Pertimbangkan sebelum pasang di tempat tinggalmu

Internet di zaman sekarang adalah sebuah kebutuhan yang perlu terpenuhi. Berbagai pekerjaan dan kegiatan dilaksanakan menggunakan koneksi tersebut. Tidak salah bila saat ini kamu memerlukan koneksi dari internet service provider (ISP) demi kebutuhan berinternet yang nyaman dan menyenangkan.

Demi mendapatkan fasilitas koneksi internet di tempat kerja atau tempat tinggalmu, kamu perlu berlangganan dahulu dan untuk itu kamu perlu memilih provider yang pas untukmu. Tentu saja kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih provider tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu tidak salah pilih. Berikut ini beberapa tips memilih ISP untuk WiFi maupun LAN yang terbaik untuk kamu.

1. Perhatikan ketersediaan dan jangkauan lokasi ISP yang akan kamu gunakan

5 Cara Memilih Internet Service Provider, Perhatikan Sebelum Nyesal!ilustrasi internet (pixabay.com/Buffik)

Area tempat tinggalmu atau kegiatanmu menentukan jasa provider-mu. Tidak semua provider menyediakan ISP di segala tempat. Alasan paling umum yang mendasari hal tersebut adalah belum terpasangnya kabel internet provider pada area tersebut.

Sebelum terburu-buru mendaftar dan berlangganan, ada baiknya bertanya terlebih dahulu kepada customer service provider tersebut untuk mengetahui apakah jasa provider itu menjangkau areamu atau tidak. Jika tidak, mau tidak mau kamu harus memilih provider internet yang lain.

2. Memahami kebutuhan kecepatan internet dan reputasi dari internet service provider yang akan kamu pilih

5 Cara Memilih Internet Service Provider, Perhatikan Sebelum Nyesal!ilustrasi internet (pixabay.com/Muhammad Ribkhan)

Mari bertanya sekali lagi, untuk apakah kamu berlangganan internet itu? Untuk hiburankah? Untuk pekerjaankah? Apakah kamu butuh internet super cepat dan lancar? Atau cukup seadanya saja? Jika kamu mengetahui kebutuhan ini, maka kamu bisa menentukan provider mana yang cocok untukmu.

Setiap provider memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri di dalam jasanya. Ada yang menyediakan jasa internet lebih mahal daripada provider yang lain, tetapi memastikan internet milik mereka tidak pernah bermasalah.

Ada pula provider yang memasang harga murah, namun cukup sering mengalami kasus terputus dan lain sebagainya. Perhatikan baik-baik masalah ini dan bagusnya kamu melakukan riset terlebih dahulu terkait reputasi provider yang ingin kamu gunakan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Benda di Rumah yang Bikin Koneksi WiFi Lambat

3. Pastikan ada paket layanan yang cocok untukmu

5 Cara Memilih Internet Service Provider, Perhatikan Sebelum Nyesal!ilustrasi internet (pixabay.com/geralt)

Setelah mengetahui kebutuhan penggunaanmu, sekarang waktunya kamu mencari tahu paket yang disediakan provider tersebut. Umumnya, setiap provider akan menawarkan sejumlah paket untuk bisa kamu pilih.

Tiap paketnya punya harga dan penawaran berbagai bundling fasilitas yang tersedia. Ada paket yang menyediakan kuota internet tak terbatas. Sebaliknya, ada juga paket yang membatasi kuota internetnya, namun punya kecepatan yang luar biasa. Pilihlah paket yang sekiranya cocok denganmu.

4. Pastikan providermu menyediakan paket yang sesuai danamu

5 Cara Memilih Internet Service Provider, Perhatikan Sebelum Nyesal!ilustrasi uang (pixabay.com/Frantisek_Krejci)

Tidak bisa dimungkiri, ketersediaan budget menjadi sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan. Jika kamu membutuhkan internet yang luar biasa kencang dan lancar, namun tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar paketnya, mau tidak mau kamu harus berpikir ulang akan hal tersebut.

Untuk kondisi ini, tips terbaik tentu saja adalah menyesuaikan kembali dengan budget yang kamu miliki. Kurangnya budget membuatmu harus berpikir ulang akan layanan WiFi yang kamu inginkan. Jika memang tidak ada provider dan layanan yang cocok untukmu, sebaiknya kamu menunda berlangganan terlebih dahulu.

Toh kamu masih bisa mengatasi masalah koneksi berinternetmu dengan pergi ke tempat yang menyediakan layanan WiFi cepat. Kecuali situasi memaksamu, sebaiknya kamu memilih provider dan paket yang paling terjangkau. Itu jauh lebih baik, ketimbang tidak ada sama sekali.

5. Memilih modem WiFI-mu

5 Cara Memilih Internet Service Provider, Perhatikan Sebelum Nyesal!ilustrasi modem (unsplash.com/Thomas Jensen)

Umumnya saat berlangganan, providermu secara otomatis dan cuma-cuma akan mengirimkan modem WiFi ke rumah atau kantormu. Modem ini cukup berpengaruh terhadap koneksi dan kelancaran. Jika kamu merasa kurang nyaman, kamu bisa mengganti modem itu dengan yang lain.

Tentu saja ini adalah pilihan opsional dan baiknya kamu tetap melakukan riset terlebih dahulu mengenai modem yang ingin kamu pasang. Akan menambah masalah jika memasang modem baru, internet WiFi malah menjadi lebih lambat atau tidak lancar.

Memang susah susah gampang memilih provider internet WiFi. Ada situasi di mana provider yang kamu pakai sesuai dengan kebutuhanmu, tetapi tidak sesuai dengan danamu. Sebaliknya, ada pula provider yang sesuai budget-mu, tetapi layanannya tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Jika seperti itu, pilihlah yang paling bisa memuaskanmu dengan berbagai pertimbangan di atas.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kecepatan WIFI di Rumah Tetap Lancar

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya