Comscore Tracker

Salah Kirim Pesan di 7 Aplikasi Ini? Begini Langkah Mudah Menghapusnya

Tidak cuma hilang dari ponselmu, tapi juga yang kamu kirim

Salah mengirim pesan adalah hal yang menyebalkan. Selain menyebabkan salah topik, sering kali pesan tersebut malahan membuatmu malu lantaran sebenarnya tidak ditujukan kepada orang tersebut melainkan yang lain. Jika sifatnya umum, itu tidak masalah, tetapi jika itu sesuatu yang sangat pribadi seperti kamu-tahu-apa-yang-ku-maksud, itulah yang berbahaya.

Beruntung perusahaan-perusahaan penyedia layanan pesan tersebut cukup sadar akan problematika kehidupan itu. Oleh karena itu, mereka memberikan fitur untuk membatalkan pesan yang salah kamu kirim. Seringkali fitur ini tidak diketahui oleh orang, karena itu IDN Times akan memberitahukannya kepadamu.

1. Facebook Messenger

Salah Kirim Pesan di 7 Aplikasi Ini? Begini Langkah Mudah Menghapusnyatechoffside.com

Keluarnya versi 191.0 memberikan kesempatan untuk menghapus pesanmu. Penarikan pesan itu diberikan waktu 10 menit yang mana jika waktu tersebut habis, maka pesanmu tidak dapat ditarik kembali. Dengan update ini, sang penerima tidak akan menerima pesan terbarumu, namun pembicaraan sebelumnya yang kamu kirimkan tetap dapat kamu lihat.

2. WhatsApp

Salah Kirim Pesan di 7 Aplikasi Ini? Begini Langkah Mudah Menghapusnyacuriouswriters.com

Ini adalah aplikasi yang pertama kali memberikan fitur penarikan pesan. Cukup dengan menahan pesan yang salah kamu kirim, akan terdapat pilihan untuk menghapusnya.

Adapun pilihan untuk menghapus hanya untuk dirimu sendiri atau semua orang, namun untuk pesan yang ke semua orang dibatasi oleh waktu. Jadi segeralah menghapusnya jika salah.

3. Instagram

Salah Kirim Pesan di 7 Aplikasi Ini? Begini Langkah Mudah Menghapusnyatechjuice.pk

Caranya mudah. Pergi ke direct message, pilihlah percakapan yang kamu mulai, tahan pesan yang ingin kamu hapus selama beberapa waktu. Nanti akan terdapat pilihan untuk menghapusnya.

Baca Juga: Lebih Sederhana dengan Fitur Baru, Facebook Messenger Didesain Ulang 

4. Gmail

Salah Kirim Pesan di 7 Aplikasi Ini? Begini Langkah Mudah Menghapusnyadailydot.com

Gmail memberikan fitur bernama Undo Send. Cara untuk mengaturnya adalah pergi ke bagian atas kanan, pilih pengaturan atau settings. Akan ada opsi Undo Send.

Tentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan sebelum benar-benar terkirim. Adanya opsi yang dapat dipilih adalah 5, 10, 20 atau 30 detik. Info ini akan diumumkan tiap kali kamu telah menekan tombol kirim e-mail.

5. Twitter DM

Salah Kirim Pesan di 7 Aplikasi Ini? Begini Langkah Mudah Menghapusnyadigitaltrends.com

Serupa dengan Instagram, caranya sangat mudah. Untuk versi web, kamu bisa menekan ikon sampah yang ada di sebelah kanan pesan yang kamu kirim. Untuk versi aplikasinya, kamu harus memilih pesan yang akan kamu hapus, tahan dan pilih menghapusnya. Pesan ini akan terhapus untuk kedua belah pihak.

6. Google Hangouts

Salah Kirim Pesan di 7 Aplikasi Ini? Begini Langkah Mudah Menghapusnyawikihow.com

Tidak seperti aplikasi lainnya yang telah kita bahas, Google Hangouts tidak memiliki fitur untuk untuk membatalkan pesan yang kamu kirim. Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan fitur history sehingga Hangouts tidak dapat merekam percakapanmu, akan tetapi hal itu tetap tidak bisa menyembunyikan pesan yang kamu kirim dari orang lain. Paling tidak, kamu tidak perlu mengenang hal yang memalukan tersebut.

7. Line

Salah Kirim Pesan di 7 Aplikasi Ini? Begini Langkah Mudah Menghapusnyaandroidcommunity.com

Aplikasi ini juga cukup mudah untuk menarik pesan yang kamu kirimkan. Cukup dengan menahan pesannya, lalu pilih unsend maka kamu sudah membatalkan pesan yang kamu kirim. Tetapi akan tetap ada pemberitahuan kepada lawan bicara jika kamu menarik pesan itu. Untuk versi PC-nya, klik kanan pesan itu, akan muncul pilihan untuk melakukan unsend.

Kurang lebih seperti itulah untuk menghapus pesanmu yang akan salah terkirim. Mudah bukan? Sekarang kamu tidak perlu lagi mengirim pesan, “Sorry, salah kirim” dan tidak membuka chat-mu selama beberapa hari karena malu.

Baca Juga: Sebelum WhatsApp & Line Populer, Ini 8 Messenger Jadul yang Mengawali

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You