Comscore Tracker

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HP

Sama susahnya kayak kamera DSLR

Menjadi ahli mengambil gambar menggunakan smartphone tidaklah semudah yang kamu bayangkan. Tidak hanya sekadar “cekrak cekrik” saja. Dibutuhkan pemahaman-pemahaman tertentu untuk bisa menghasilkan hasil gambar yang bagus. Setidaknya sebagai pemula yang mau mendalami phonegraphy, ada baiknya kamu mengetahui dan memahami seluruh hal di daftar ini.

1. Memahami mode kamera

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HPandroidpit.com

Setiap smartphone pasti dihadirkan dengan beberapa mode pengambilan gambar. Entah itu panorama, landscape, portrait ataupun yang lain. Kamu harus pintar bereksperimen dengan hal tersebut, terlebih dalam mode Pro.

2. Gunakan High Resolution

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HPtechradar.com

Umumnya dengan resolusi yang tinggi, kualitas gambar yang kamu dapatkan pun semakin bagus. Tidak semua kamera mendapatkan spesifikasi ini sehingga satu-satunya cara mendapatkan gambar adalah dengan digital zooming.

3. Pindahkan ke kualitas gambar mentah

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HPphotoswithphones.com

Jika kamu benar-benar serius mendalami phonegraphy, ada baiknya kamu mengambil gambar berkualitas mentah alias raw. Format JPEG terlalu mengompres kualitas gambar. Di sisi lain, jika menggunakan gambar yang raw, kamu akan mendapatkan gambar yang lebih detail tetapi perlu di-edit terlebih dahulu untuk bisa menghasilkan gambar yang cantik.

4. Perhatikan ratio

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HP9to5mac.com

Kamu juga harus memperhatikan aspect ratio. Rata-rata smartphone akan memiliki ratio 4 : 3 atau 16 : 9. Pilihlah salah satu dari dua ratio tersebut untuk menghindari foto yang terpotong.

Baca Juga: Mau Jadi Fotografer Mobile Profesional? Miliki Dulu 9 Aksesori Ini ya!

5. Bersihkan lensamu

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HPcnet.com

Tidak seperti para fotografer yang menggunakan kamera sesungguhnya, umumnya phonegrapher tidak mempedulikan lensanya dan membiarkannya begitu saja. Sebuah kesalahan besar. Lensamu pasti memiliki debu atau kotoran. Kamu perlu membersihkannya agar mendapat gambar yang jernih. Gunakan kain yang halus untuk membersihkannya.

6. Atur fokusmu secara manual

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HPmaketecheasier.com

Layaknya fotografer profesional, hal terbaik untuk mendapatkan gambar terbaik adalah mengatur fokus kameramu sendiri. Auto focus sering kali menyusahkan karena biasanya fokus gambar akan menuju objek yang tidak kamu inginkan.

7. Jangan pernah menggunakan digital zoom

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HPmashable.com

Digital zoom tidak seperti optical zoom. Digital zoom sama sekali tidak menggerakkan lensa kamera layaknya optical zoom melainkan hanya memperbesar hasil gambar.

Ini membuat kamu kehilangan banyak pixel. Solusi kasus ini adalah mendekatkan dirimu ke objek yang kamu inginkan.

8. Hindari flash

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HPdignited.com

Sangat jarang ada flash yang bagus di smartphone. Mengakali hal tersebut, coba naikkan exposure kamera. Atau paling tidak gunakan lampu LED atau mengambil gambar lewat mode HDR.

9. Persiapkan aksesori

9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Foto Bagus dari HPreviewed.com

Aksesori macam tripod, phone stand, atau stabilizer akan sangat berguna untuk mengambil gambar. Hal itu membuat kameramu tidak bergerak dan mendapatkan kualitas gambar yang bagus. Atau tambahan lensa mini untuk mempertajam gambarmu.

Sisanya lebih dari itu adalah bagaimana kamu mengolah gambar tersebut untuk menjadi foto yang luar biasa. Gambar yang bagus bukanlah masalah peralatan canggih atau sebagainya, tetapi bagaimana kamu mengolah semuanya. Entah kamu hanya menggunakan mode landscape ataupun portrait, itu tetap bisa menjadi gambar yang bagus jika kamu benar-benar gambarmu tersebut.

Baca Juga: 7 Fitur Kamera Ini Perlu Dimiliki oleh Setiap Smartphone di 2019!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You