Comscore Tracker

Layar Smartphone Bergaris? Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkannya

Yang terbaik adalah membeli smartphone baru

Apakah layar smartphone-mu tiba-tiba menampilkan suatu garis, entah itu horizontal atau vertikal? Itu mengindikasikan kalau layarmu bermasalah dan permasalahan ini bisa datang dari hardware ataupun software.

Jika datang dari hardware, cara termudah dan biasanya paling sering dikatakan oleh mereka penyedia jasa perbaikan smartphone adalah mengganti layar LCD. Ada baiknya kamu tidak terburu-buru menggantinya mengingat perbaikan layar LCD bukanlah sesuatu yang murah. Berikut ini beberapa kiat yang baiknya kamu coba terlebih dahulu demi menghilangkan garis itu.

1. Ambil screenshot

Layar Smartphone Bergaris? Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkannyagreenbot.com

Upaya pertama yang bisa dilakukan adalah mencoba mengambil tangkapan layar dan melihatnya dari perangkat lain. Ini tidak menyelesaikan masalah, tetapi bisa mendeteksi apa yang menjadi penyebab utama kemunculan garis tersebut. Apabila hasil gambar tangkapan layar itu tidak menunjukkan garis, itu mengindikasikan garis itu muncul karena masalah hardware.

2. Cobalah untuk mengisi baterai sampai penuh

Layar Smartphone Bergaris? Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkannyasouthernphone.com.au

Beberapa kasus layar smartphone bergaris ternyata bisa dihilangkan dengan cara memenuhi kapasitas baterai hingga penuh. Jika seperti ini, bisa jadi ada semacam bug yang terjadi pada software smartphone-mu.

3. Nyalakan ulang

Layar Smartphone Bergaris? Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkannyaphandroid.com

Menyalakan ulang smartphone bisa menjadi solusi menghilangkan garis jika ternyata kedatangan garis smartphone berasal dari software. Jika perlu, lakukan reboot dalam mode aman atau safe mode. Yang ditakutkan adalah garis itu ternyata muncul akibat aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga: 5 Smartphone Mid-range Samsung dengan Layar Infinity-O, Keren!

4. Istirahatkan sementara waktu

Layar Smartphone Bergaris? Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkannyaidownloadblog.com

Terkadang membiarkan smartphone-mu mati untuk sementara waktu bisa mengembalikan atau menghilangkan garis layar itu. Bisa jadi permasalahan di hardware-mu datang karena smartphone yang terlalu panas atau kemasukan air. Cobalah setidaknya mematikannya selama seharian penuh dan lihat apa yang terjadi keesokannya.

5. Lakukan pengaturan ulang pabrik

Layar Smartphone Bergaris? Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkannyaandroidpit.com

Ini adalah upaya paling akhir untuk masalah menghilangkan garis dengan sumber masalah software. Ketika melakukan factory reset, pastikan semua datamu telah ter-back up karena upaya ini akan menghilangkan seluruh data.

6. Mengganti layarnya

Layar Smartphone Bergaris? Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkannyaavito.ru

Jika tetap tidak bisa, maka satu-satunya cara adalah dengan membawanya ke service center. Jangan berharap terlalu banyak layar LCD-mu baik-baik saja. Besar kemungkinan mereka akan menggantinya.

7. Membeli smartphone baru

Layar Smartphone Bergaris? Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkannyadigitaltrends.com

Opsi terbaik ketimbang mengganti LCD adalah mengganti smartphone. Umumnya layar LCD yang baru tidak mampu bertahan lama dan dalam waktu sebentar akan kembali menggaris.

Ini akan lebih cepat atau lebih mudah terjadi jika layar LCD-mu tidak orisinal atau dibenarkan bukan di service center resmi. Ditambah dengan harganya yang tidak murah, lebih baik kamu menabung uang perbaikan itu dan membelikan smartphone yang baru.

Layar bergaris bisa menjadi problematika besar bagi sebagian orang karena tidak nyaman dengan tampilan tersebut. Namun bagi yang lain, itu tidak menjadi masalah selama dia tidak mengganggu kinerja smartphone.

Kamu tim yang mana? Yang risih atau bisa hidup bersama dengan garis itu?

Baca Juga: Baterai Besar Tak Jamin Smartphone Menyala Lama, Ini 7 Penjelasannya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya