Comscore Tracker

Hindari Ledakan pada Smartphone Kamu dengan 8 Tip Merawat Ini

Nggak tahu lagi kalau dipasangi bom

Sudah lama sekali kita mendengar kasus smartphone meledak. Semenjak tragedi Samsung Galaxy S7, perusahaan-perusahaan berusaha sekuat mungkin untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama hingga seperti itu.

Namun kamu tahu, meledaknya smartphone bisa jadi datang dari kesalahanmu, bukan dari produsen. Mungkin saja kamu merawatnya dengan cara yang salah hingga merusaknya. Berikut ini adalah beberapa upaya yang bisa kamu lakukan.

1. Hindari pengisian baterai seharian penuh

Hindari Ledakan pada Smartphone Kamu dengan 8 Tip Merawat Initechspot.com

Saat ini smartphone-mu seringnya sudah dilengkapi fast charging sehingga bisa mengisi dengan baterai. Tetapi fitur ini juga sempat dipertanyakan mengingat adanya risiko baterai kelebihan daya jika dibiarkan terlalu lama. Ada baiknya kamu membatas waktu pengisian satu jam saja dan tidak seharian.

2. Jangan meletakkan smartphone di atas bantal

Hindari Ledakan pada Smartphone Kamu dengan 8 Tip Merawat Iniindependent.co.uk

Tidak hanya bantal, tetapi juga permukaan yang sekiranya tidak bisa menghantarkan panas. Walaupun sudah diberikan fitur pendingin, tetap saja panas yang terkumpul di smartphone-mu meninggikan potensi meledak. Letakkan saja di atas meja atau permukaan padat yang lurus.

3. Jangan menggunakan smartphone ketika mengisi

Hindari Ledakan pada Smartphone Kamu dengan 8 Tip Merawat Inimouthytech.com

Kamu yang pernah melakukannya pasti paham betapa panasnya smartphone yang kamu gunakan saat mengisi baterai. Selain merusak, kondisi ini juga memungkinkan smartphone-mu meledak. Baiknya kamu meletakkannya begitu saja ketika mengisi baterai dan tidak menggunakannya sama sekali.

4. Hindari mengisi di bawah sinar matahari

Hindari Ledakan pada Smartphone Kamu dengan 8 Tip Merawat Iniinhabitat.com

Ketika mengisi, umumnya smartphone-mu akan sedikit lebih panas. Jangan membebani panas tersebut dengan tambahan dari sinar matahari. Selalu letakkan di lokasi yang berada di bawah bayang-bayang suatu benda.

Baca Juga: 7 Pertimbangan Membeli Smartphone Bekas, Kenapa Tidak?

5. Gunakan charger original smartphone

Hindari Ledakan pada Smartphone Kamu dengan 8 Tip Merawat Iniandroidpit.com

Jika charger orisinal-nya hilang, setidaknya gunakan charger yang berkualitas dan tidak murahan. Charger murahan cepat merusak baterai dan membuatnya mengembung. Hindari saja sebisa mungkin untuk masalah ini.

6. Perhatikan daya charger

Hindari Ledakan pada Smartphone Kamu dengan 8 Tip Merawat Iniandroidpolice.com

Ini yang sering kali dilalaikan orang-orang ketika membeli charger baru yang non-orisinal, yaitu tidak mengetahui kapasitas daya charger orisinal. Penting mengetahui daya tersebut karena itu akan menentukan seberapa lama baterai smartphone-mu terisi.

Daya yang terlalu besar atau kecil akan merusak smartphone-mu karena lama pengisian. Jadi berhati-hatilah.

7. Hindari benturan pada smartphone

Hindari Ledakan pada Smartphone Kamu dengan 8 Tip Merawat Inirepairngo.com

Jatuh atau terkena benturan sedikit banyak akan berpengaruh kepada baterai smartphone-mu. Kamu tahu sendiri bagaimana baterai sering kali menjadi pemantik ledakan smartphone, bukan? Oleh karena itu usahakan agar smartphone-mu tidak sering jatuh. Jika perlu gunakan casing smartphone yang kuat dan sekiranya bisa menahan bantingan.

8. Segera ganti jika baterai mengembung

Hindari Ledakan pada Smartphone Kamu dengan 8 Tip Merawat Iniifixit.com

Salah satu tanda akan potensi meledaknya smartphone adalah smartphone-mu mengembung. Ini disebabkan kondisi baterai yang tidak baik. Kamu bisa merasakan kondisi ini dengan merasakan bagian belakang smartphone yang tidak benar. Demi mengurangi risiko ini, segera bawa ke service center untuk mengganti baterainya.

Kebanyakan dari kasus meledaknya smartphone datang dari permasalahan baterai. Jaga baik-baik baterai smartphone-mu, apalagi smartphone zaman sekarang tidak menggunakan baterai lepas seperti dulu. Kamu tidak bisa menggantinya sembarangan. Kamu tidak mau kan smartphone-mu meledak dan melukaimu?

Baca Juga: 15 Smartphone di Bawah Rp5 juta Terbaik, Layak untuk Habiskan THR

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya