Comscore Tracker

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!

Untuk sementara waktu, jauh-jauh dari media sosial

Pertanyaan: Apakah kamu hampir tidak bisa melepaskan diri dari jeratan layar 13 dan 10 inci? Sebanyak 90 persen dari netizen pasti akan menjawab, “Saya!” Bukan tanpa sebab hal itu terjadi.

Banyaknya media sosial serta program-program menyenangkan membuatmu seperti itu. Alhasil, banyak pekerjaanmu yang pastinya tak terselesaikan.

Untungnya para pakar teknologi memahami hal itu dan untuk mencegah lebih jauh hal tersebut, mereka pun membuat berbagai aplikasi atau program komputer. Sistem ini memiliki fitur untuk mencegah kamu mengakses hal-hal yang selalu mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan, sehingga kamu dapat kembali fokus mengerjakan aktivitas utamamu. Berikut ini adalah berbagai aplikasi atau software yang dimaksud!

1. SelfControl

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!macsoftwarefree.com

Kalau kamu pengguna Mac, sebaiknya kamu menggunakan SelfControl. Lewat software/aplikasi ini, kamu bisa mengatur apa saja yang sebaiknya diblok. Situs, email atau bahkan seluruh internet. Waktu maksimal pemblokirannya adalah 24 jam dan aplikasi ini akan tetap berjalan meski komputermu sudah di-restart.

2. Freedom

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!freedom.to

Freedom cocok digunakan oleh mereka yang ingin belajar, mengerjakan tugas atau dalam posisi menggarap skripsi. Freedom mampu memblokir seluruh akses internet hingga delapan jam, sehingga kamu akan benar-benar fokus dalam menulis atau meneliti.

3. AntiSocial

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!play.google.com

Dari pembuat yang sama dengan aplikasi Freedom, AntiSocial akan memblokir seluruh akses ke sosial media namun tidak untuk internet. Di aplikasi ini, kamu bisa membuat pengecualian situs manakah yang bisa kamu akses.

Yang paling menarik dari AntiSocial adalah AntiSocial hanya menghitung waktu aktif. Itu artinya, jika kamu mengaturnya untuk memblokir dalam waktu satu jam dan kamu menggunakan komputermu selama 30 menit saja, maka masih akan ada sisa 30 menit sebelum akses tersebut terbuka.

4. FocusWriter

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!gottcode.org

Sesuai dengan nama aplikasinya, FocusWriter ditujukan untuk membuatmu bisa fokus dalam menulis. Dia akan memblokir apapun yang ada di layarmu dan hanya tulisanmu saja yang ada. Kamu juga bisa memasang golmu, sehingga aplikasi ini akan memberikan peringatan saat kamu sudah menuliskan sejumlah kata atau waktu.

5. WriteRoom

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!writeroom.en.softonic.com

Satu lagi aplikasi untuk membantumu fokus menulis. WriteRoom membuat software menulis yang kamu pakai menjadi mode text-only. Tak ada tabel ataupun grafis yang kamu masukkan. Bahkan kamu juga tak bisa mengubah format halamanmu.

Yang bisa kamu lakukan hanyalah menulis. Aplikasi ini khusus untuk Mac saja, tapi untuk pengguna Windows, kamu bisa menggunakan Dark Room.

Baca Juga: 7 Aplikasi Download Video Terbaik 2019, Gunakan dengan Tanggung Jawab

6. StayFocusd

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!weingartenlrc.wordpress.com

StayFocusd adalah Google Chrome extension yang akan membatasi waktumu dalam menjelajah sebuah situs ketimbang melarangnya. Kamu bisa mengatur batas waktu di tiap situs, seperti Facebook, Twitter, Wikipedia, dan lainnya.

Saat kamu sudah menghabiskan waktu tersebut, extension ini akan langsung memblokir situs tersebut sepanjang hari. Ini adalah aplikasi yang bagus, karena bisa membuatmu mengetahui berapa lama waktu yang kamu habiskan di situs tersebut.

7. LeechBlock

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!leechblock.en.softonic.com

Jika StayFocusd diperuntukkan pada Chrome, maka LeechBlock dirancang untuk Firefox. LeechBlock membuatmu dapat memblokir sebuah situs untuk periode tertentu.

Sebagai contoh, kamu tidak akan bisa menggunakan Twitter dari jam sembilan pagi sampai jam lima sore pada hari kerja, tapi membiarkan Facebook tetap dapat diakses selama 10 menit tiap jam di hari kerja. Kamu juga bisa menggabungkan kedua pengaturan tersebut, seperti membuat Instagram hanya dapat diakses selama 10 menit tiap jam selama jam sembilan pagi sampai jam lima sore di hari kerja.

8. FocusON

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!apkpure.com

Aplikasi untuk handphone Android ini memblokir aplikasi dan situs yang paling membuang waktumu. Kamu bisa mengatur waktu pemblokirannya atau mengatur waktu kapan diblokir. Tidak ada batas aplikasi, situs ataupun notifikasi dalam aplikasi ini sehingga semuanya bisa kamu blok.

9. Focus

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!heyfocus.com

Kembali satu aplikasi untuk Mac yang dapat memblokir media sosial untuk beberapa waktu. Aplikasi ini muncul di bagian kanan menu bar-mu, tepat di sebelah jam, membuatmu dapat mengaksesnya dengan mudah dan mengatur waktunya. Karena aplikasi ini berada di komputer, bukan di browser-mu, Focus akan memblokir semua situs yang kamu tentukan, walaupun kamu sudah berpindah browser.

10. Cold Turkey

Terganggu Saat Kerja? Install Aja 10 Aplikasi Terbaik untuk Fokus Ini!getcoldturkey.com

Cold Turkey adalah program yang memblokir situs tanpa jumlah yang terbatas. Cold Turkey akan memblokir situs-situs tertentu di seluruh komputermu, sehingga kamu tidak bisa mencuri kesempatan di browser lain.

Program ini juga dapat memblokir aplikasi sehingga kamu tidak bisa bermain game di handphone atau tabletmu. Atur saja jadwal yang tepat kapankah waktu paling enak untuk melakukan pemblokiran tersebut.

Itulah aplikasi pemblokir media sosialmu. Lagi menyelesaikan skripsi? Lagi gak pengin berada di depan handphone terus? Kalau begitu kamu harus segera mengunduh aplikasi-aplikasi di atas. Paling tidak dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya mendekam di rumah untuk melihat layar terus.

Baca Juga: Yang Lagi Nulis Skripsi, 11 Software Ini Perlu Kamu Miliki agar Fokus

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya