Comscore Tracker

Plus Minus Smartphone Layar Jumbo, Pilihan Jari Besar

Tidak bisa masuk saku, tapi bisa nonton dengan puas

Sekarang adalah zamannya smartphone dengan layar berukuran besar. Rata-rata ukuran layarnya 6,5 inci dan itu membuat smartphone menjadi sekitar satu genggaman tangan.

Hampir tidak ada lagi smartphone yang punya layar di bawah 6 inci. Kamu pasti tidak sadar jika ada plus minus dari ukuran layar besar tersebut. Oleh karena itu, ini saatnya kami menyadarkanmu.

KELEBIHAN

1. Bisa melihat lebih jelas

Plus Minus Smartphone Layar Jumbo, Pilihan Jari Besargadgetsnow.com

Ukuran layar yang besar jelas menguntungkanmu dalam menonton atau menyaksikan sesuatu. Detail-detail yang umumnya kecil akan tampak. Itu berarti subtitle juga akan bisa lebih jelas kamu baca. Dalam urusan merekam video, ini akan jadi kelebihan yang sangat berpengaruh.

2. Pengalaman bermain yang lebih baik

Plus Minus Smartphone Layar Jumbo, Pilihan Jari Besartechradar.com

Bagi para gamer, layar responsif adalah sebuah kewajiban. Akan tetapi lebih dari itu dibutuhkan pula layar berukuran besar mengingat ukuran kecil dapat membuat seseorang salah menekan tombol. Mudahnya, layar kecil akan membatasi gerakan para gamer.

3. Menambah kemampuan menyentuh

Plus Minus Smartphone Layar Jumbo, Pilihan Jari Besarhardwired.pbtech.co.nz

Urusan berkirim pesan juga sangat dipengaruhi dengan ukuran layar. Kalau jari-jarimu kecil, maka layar yang kecil tidak akan menjadi masalah.

Namun akan menjadi satu isu jika situasinya terbalik, yaitu jarimu besar. Jari yang besar butuh layar smartphone yang besar agar typo berkurang.

4. Lebih mudah dalam membaca

Plus Minus Smartphone Layar Jumbo, Pilihan Jari Besarstuff.tv

Suka membaca? Maka layar besar akan menjadi sesuatu yang kamu sukai. Huruf-huruf yang tertera dalam suatu tulisan akan tampak lebih besar dan membuatmu jadi lebih mudah membaca.

Baca Juga: Layak Ditunggu, 5 Smartphone Canggih yang Masih Menjadi Rumor di 2021 

KEKURANGAN

1. Memakan banyak tempat

Plus Minus Smartphone Layar Jumbo, Pilihan Jari Besartomsguide.com

Layar besar secara otomatis menjadikan smartphone-mu menjadi besar pula. Itu berarti kamu juga akan bakal kesusahan dalam meletakkannya di dalam saku dan harus memasukkannya ke dalam tas atau tempat lain. Bagi beberapa orang, ini akan sangat merepotkan.

2. Tidak bisa digunakan secara satu tangan

Plus Minus Smartphone Layar Jumbo, Pilihan Jari Besarmarketingland.com

Bagi pengguna hape lama, pasti paham betapa nyamannya bisa mengirim pesan dengan hanya menggunakan satu tangan saja. Di hadapan smartphone besar, hal itu tidak mungkin dilakukan. Kamu perlu dua tangan untuk benar-benar bisa menggunakannya.

3. Menghabiskan banyak baterai

Plus Minus Smartphone Layar Jumbo, Pilihan Jari Besarscmp.com

Ada alasan mengapa semakin hari, ukuran baterai smartphone makin lama makin besar. Tidak hanya karena prosesornya yang makin canggih, ukuran layar pun mempengaruhi bagaimana satu smartphone mudah mati karena kehabisan baterai. Apalagi kalau kualitas layarnya pun canggih, jelas daya baterai lebih mudah terserap.

4. Mudah tergores

Plus Minus Smartphone Layar Jumbo, Pilihan Jari Besarasiaone.com

Ini juga menjadi kelemahan dari smartphone berlayar besar. Ia lebih rentan mendapatkan goresan hingga sering perlu adanya layar pelindung. Untungnya, saat ini perusahaan-perusahaan smartphone paham akan hal ini dan sering memberikan layar dengan pelapis kaca Corning Gorilla yang tahan goresan.

Tidak semua orang suka menggunakan smartphone besar. Masalahnya sekarang ini sedang tren seperti itu dan sangat susah mencari yang berlayar kecil.

Beruntung Apple memasukkan iPhone 12 Mini yang ukurannya kecil dan ada pula Google Pixel 4a. Kalau kamu sendiri, lebih suka yang layarnya besar atau layar kecil?

Baca Juga: 7 Tren Smartphone yang Gak Banget di 2021, Kamu Setuju?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya