Comscore Tracker

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11

Lebih ekspresif, lebih sesuai dengan gayamu

Persaingan perusahaan smartphone sekarang tak hanya masalah produk dan hardware saja. Mereka pun juga harus bersaing untuk menciptakan user interface (UI) terbaik mengingat UI adalah jiwa dari smartphone itu sendiri. UI yang jelek mengakibatkan para penggunanya mendapatkan pengalaman penggunaan yang buruk dan itu membuat mereka enggan untuk kembali membeli produk merek smartphone itu.

OPPO adalah satu perusahaan smartphone yang peduli akan UI-nya. Mereka terus menerus mengembangkan sistem operasi smartphone milik mereka untuk semakin canggih sekaligus nyaman digunakan. Untuk kali ini, OPPO mempersembahkan ColorOS 11 yang membuat penggunanya bisa lebih ekspresif dan lebih leluasa.

Apa saja fitur yang ditawarkan di sistem operasi ini? Berikut adalah infonya.

1. ColorOS 11 memungkinkan pengguna OPPO mengubah tampilan smartphone miliknya sesuai gaya mereka

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 1101net.it

Di update sistem operasi terbaru ini, OPPO memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengatur home screen, widget, transisi wallpaper hingga ikon sesuai dengan preferensi pengguna. Hanya dengan mengetuk menggunakan dua jari di layar home smartphone, pengguna akan dibawa ke personalisasi yang memungkinkan mereka untuk mengubah semua itu.

2. Pengguna dapat memodifikasi warna tema UI-nya

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11xda-developers.com

Lebih dari sekadar personalisasi, pemilik smartphone OPPO sekarang juga dapat mengubah warna tema smartphone mereka. Warna favorit yang kamu pilih akan teraplikasi hingga ke tampilan kontrol dan ikon. Semuanya ini demi memberikan pengalaman visual yang lebih mengagumkan.

3. ColorOS 11 bisa membuatmu menyesuaikan tampilan always-on-display

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11indianexpress.com

Always-on-display (AOD) adalah fitur tampilan layar informasi dalam mode tertidur. Fitur ini memungkinkan penggunaan baterai menjadi lebih hemat dan di ColorOS 11, pengguna bisa membuat gambar pola AOD itu sehingga AOD tampil tidak membosankan. Cukup dengan menuju ke opsi always-on-display yang ada di pengaturan dan personalisasi, lalu memilih custom patterns, kamu bisa menggunakan fitur ini.

4. Ada fitur yang memungkinkanmu melakukan kustomisasi terhadap wallpaper-mu

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11review1st.com

Tidak memiliki gambar yang menarik untuk dijadikan background wallpaper-mu? Santai saja. AI dari ColorOS 11 mampu mengatur secara otomatis foto yang sudah kamu ambil di smartphone OPPO-mu itu dan mengaturnya sedemikian rupa hingga menjadi wallpaper tersendiri. Ada beberapa tema wallpaper yang bisa kamu pilih.

5. Bahkan dark mode-nya juga bisa kamu atur sendiri

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11xda-developers.com

Dark mode jadi fitur favorit hampir di semua pengguna smartphone. Dengan data ini, OPPO mencoba memberikan penawaran berlebih lewat sistem operasinya. Mereka memberikanmu kemampuan untuk mengatur dark mode itu. Ada tiga skema yang ditawarkan untuk kamu ubah, menyesuaikan dengan selera yang kamu sukai.  

Baca Juga: HP Xiaomi vs OPPO, Mana yang Lebih Unggul dan Worth It?

6. Kamu juga bisa membuat nada deringmu sendiri

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11androidauthority.com

Apakah kamu seorang musisi atau orang yang suka membuat musik sendiri? ColorOS 11 menyediakan fitur yang membuatmu dapat menciptakan nada dering milikmu dan itu cukup diakses melalui opsi pengaturan dan sound and vibration.

7. Ada pilihan suara kota bagi kamu yang ingin menenangkan diri

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11gizmochina.com

Diperkenalkan di ColorOS 7, OPPO Relax adalah fitur untuk relaksasi dengan menawarkan suara alam secara gratis demi menenangkan hati. Di ColorOS 11, ada fitur sound mix yang memungkinkanmu mengombinasikan suara-suara tersebut sesuka hati sehingga lebih cocok di telingamu. Ada pula tambahan suara bernama music city yang mana ini adalah suara keramaian kota besar.

8. ColorOS 11 terintegrasi dengan Google sehingga mampu menerjemahkan bahasa asing dengan mudah

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11dealntech.com

Ini adalah fitur yang menyenangkan bagi kamu yang suka membaca. Hanya dengan meng-capture gambar menggunakan tiga jari, secara otomatis teks bahasa asing yang terdapat dalam capture-an tersebut akan diubah ke bahasa Indonesia. Itu dikarenakan ColorOS 11 terintegrasi dengan Google Lens.

9. Ada mode gaming di ColorOS 11

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11idntimes.com

Mode yang paling sering dibutuhkan dalam perangkat smartphone saat ini adalah gaming. Mode gaming memungkinkan smartphone OPPO-mu memaksimalkan pengalaman bermain game dengan memblokir panggilan, notifikasi media sosial, dan lain hal yang akan mengganggu permainanmu. Itu artinya kamu bisa dengan tenang dan fokus bermain game.

10. Memberikan fitur yang memaksimalkan kinerja baterai

Unggul dalam Kustomisasi UI, Ini 10 Fitur Terbaru dari OPPO ColorOS 11xda-developers.com

Satu hal yang paling krusial dalam kerja smartphone adalah masalah baterai. Dengan mode power saving mode, smartphone OPPO yang kamu gunakan bisa bertahan jauh lebih lama ketimbang smartphone lainnya walau sudah di ambang batas. Agar usia baterai bertahan lebih lama, terdapat fitur bernama battery guard yang memungkinkan baterai hanya terisi hingga 80 persen saja di malam hari dan akan dilanjutkan menjadi 100 persen ketika pengguna telah terbangun.

Pada dasarnya kustomisasi UI ini menjadi hal paling menonjol dari sistem operasi ColorOS 11 ini. Masih ada banyak lagi fitur dari ColorOS 11 milik OPPO dan baiknya, jika kamu pengguna OPPO, kamu ulik sendiri. Itu akan menjadi pengalaman seru dalam mengenali lebih dalam smartphone OPPO-mu tersebut.

Baca Juga: Sudah Android 11, Ini 7 Fitur Terbaik ColorOS 11 HP OPPO

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya