Comscore Tracker

Mengenal Teknologi Gimbal Stabilization vivo X50 Pro, ini 3 Faktanya

Hasil gambar videomu nggak akan pernah goyang lagi, bro

Jakarta, IDN Times – Selalu saja ada yang namanya inovasi. Kali ini inovasi itu datang dari perusahaan smartphone besar bernama vivo lewat produk terbarunya vivo X50 Pro. Dinamakan teknologi Gimbal Stabilization, inovasi ini membuat kamera X50 Pro tidak bergoyang alias selalu stabil.

Riset kami menunjukkan bahwa 70 persen foto dan video yang buruk dihasilkan karena guncangan. Sebagai perusahaan teknologi global, vivo melanjutkan kemampuannya menyerap inovasi teknologi terdepan dan mengembangkan solusi untuk menyematkan teknologi Gimbal Stabilization dalam vivo X50 Pro yang memberikan kestabilan lebih baik dibandingkan stabilisasi tradisional.” ungkap Hadie Mandala, Product Manager vivo Indonesia.

Pertanyaannya: bagaimana cara kerja teknologi itu? Ini penjelasannya.

1. Teknologi Gimbal Stabilization memakai konsep yang serupa dengan gimbal stabilizer yang digunakan fotografer pro

Mengenal Teknologi Gimbal Stabilization vivo X50 Pro, ini 3 FaktanyaDok. vivo

Mereka para fotografer profesional pasti paham tentang gimbal stabilizer yang biasa digunakan kamera agar terus stabil untuk merekam gambar. Nah, fitur Gimbal Stabilization ini terinspirasi dari barang tersebut. Konsepnya kurang lebih serupa, yaitu menggunakan giroskop yang mengombinasikan gaya elektromagnetik.

Saat menangkap objek, kamera utama pada vivo X50 Pro akan menggunakan daya giroskop lewat Sistem Kamera Gimbal. Ia akan menghitung arah dan perpindahan guncangan. Lalu dengan menggunakan gaya elektromagnetik, seluruh modulnya akan bergerak ke arah yang berlawanan untuk mengimbangi guncangan.

Fitur dudukan suspensi bola ganda atau double ball cross structure membuat gimbal vivo X50 Pro ini mampu mengatasi kemiringan yang ekstrem. Itu artinya walaupun dalam guncangan yang lebih kencang, sudut pandangnya akan tetap utuh karena posisi kamera berada pada titik yang stabil (full frame image stabilization).

Lebih canggih lagi. Untuk mengurangi guncangan dari FPC (flexible printed circuit) yang terhubung dengan modul lensa, Sistem Kamera Gimbal pada vivo X50 Pro memiliki Double S-Type FPC terpanjang dan tertipis yang pernah dikembangkan vivo. Ketebalannya hanya 0,07mm. Inovasi ini membuat modul dapat berputar lebih bebas dan minim hambatan.

Gimbal Radar atau fitur animasi di layar yang muncul ketika melakukan preview  foto akan menunjukkan penggunanya pergerakan gimbal itu. Hal tersebut memandu pemakai untuk mengambil foto dan video dengan hasil lebih jernih. Selain itu pengguna juga dapat melihat pergerakan aktual dari sistem gimbal itu dengan melihat lensa kamera utama.

Baca Juga: Selain Inovatif, Ini 8 Keunggulan Utama Vivo dibanding Brand HP Lain

2. Teknologi Gimbal Stabilization ini dapat digabungkan dengan fitur kamera lainnya

Mengenal Teknologi Gimbal Stabilization vivo X50 Pro, ini 3 FaktanyaDok. vivo

Tak hanya menstabilkan gambar, teknologi khusus untuk produk vivo satu ini juga berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas cahaya keseluruhan. Itu artinya dalam kondisi cahaya rendah, vivo X50 Pro akan secara otomatis mengaktifkan Extreme Night Vision disertai fitur AI Noise Reduction yang memungkinkan pengguna mengambil foto atau video di malam hari dengan lebih baik. 

Fitur zoom juga turut didukung oleh gimbal ini. Kemampuan 60x Hyper Zoom-nya memungkinkan pengguna X50 Pro dapat menghasilkan hasil foto jarak jauh dengan hasil yang stabil, detail dan mulus. Apalagi jika kamu pencinta fotografi alam. Itu karena di dalamnya ada pula fitur Astro Mode yang membantu menangkap gambar bintang-bintang yang bersinar.

Masih terasa berguncang? Gunakan saja fitur Ultra Stable Video yang lebih menstabilkan hasil gambar daripada biasanya.

Pro Sports Mode adalah fitur yang akan disukai pengguna vivo X50 Pro yang doyan menonton olahraga. Ia akan mengambil gambar bergerak hampir tanpa jeda dan dengan mudah menangkap pose gerak atau lompat dengan kecepatan serta presisi yang mengagumkan.

Ada pula fungsi Motion AF Tracking memungkinkan pengguna mengunci objek apa pun dalam frame dan tetap fokus bahkan untuk suaranya dikarenakan ada fitur 3D Sound Tracking yang mampu mengunci suara. Hasilnya videomu akan fokus mengambil suara pada objek yang diinginkan. Semuanya ini berkat fitur Gimbal Stabilization.

Dengan proses kompleks di balik pengembangannya, teknologi Gimbal Stabilization menjadi tonggak sejarah baru dalam teknologi yang dikembangkan vivo. Selain untuk hasil video yang lebih stabil, eksistensi teknologi Gimbal Stabilization pada vivo X50 Pro juga memudahkan pecinta fotografi untuk menangkap lebih banyak foto berkualitas dalam kondisi apapun tanpa harus membawa perangkat Gimbal terpisah,” ujar Edy Kusuma, Senior Brand Director vivo Indonesia.

3. Pre-order vivo X50 Pro sudah bisa dilakukan dari sekarang

Mengenal Teknologi Gimbal Stabilization vivo X50 Pro, ini 3 FaktanyaDok. vivo

Ada dua varian vivo X50 Series, yaitu vivo X50 Pro yang punya harga Rp9.999.000 dan vivo X50 Rp6.999.000. Produk ini sudah bisa dipesan lewat sistem pre-order semenjak 16 Juli 2020 hingga 24 Juli 2020 melalui vivo Official Store Blibli.com.

Pre-order offline lewat vivo Store di seluruh Indonesia juga dapat dilakukan dari tanggal yang sama sampai 24 Juli 2020. Apa kelebihan melakukan pre-order? Konsumen akan mendapatkan vivo TWS Neo + V Lite Handheld Vacuum Cleaner yang nilainya setara Rp2 juta.

Jadi, kalau kamu memang mengincar smartphone ini, langsung saja lakukan pre-order. Kamu dapat banyak bonusan yang mana itu tidak dapat dilakukan jika vivo X50 series sudah keluar di pasar, bukan? So, apa salahnya?

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Baca Juga: Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Harga vivo X50 Series untuk Fotografi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Abraham Herdyanto

Berita Terkini Lainnya