Comscore Tracker

Jangan Salah Pilih, 8 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone Kecil

Sudah lama tidak merasakan sensasi kirim pesan satu tangan

Sudah sangat langka mendapati smartphone yang berukuran kecil. Satu-satunya yang tersedia saat ini adalah iPhone 12 Mini. Barang itu pun masih tergolong produk premium yang tidak sembarang orang bisa dapatkan.

Namunm tidak mengagetkan juga, mengingat zaman sekarang orang lebih memilih smartphone yang berukuran besar. Padahal ada juga keuntungan yang bisa didapatkan dengan memegang barang smartphone kecil. Berikut ini adalah plus minus dari smartphone kecil.

Plus

1. Mudah masuk kantong

Jangan Salah Pilih, 8 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone Kecilphonearena.com

Hal ini hanya disadari oleh beberapa orang saja yang umumnya mencari sesuatu yang tidak ribet. Dengan ukurannya yang mini, jelas lebih mudah untuk masuk ke saku baju atau ke saku celana. Ukurannya juga membuatnya tidak menonjol.

2. Bisa berkirim pesan dengan satu tangan

Jangan Salah Pilih, 8 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone Kecilpayetteforward.com

Coba ingat kembali kapan terakhir kali kamu kirim pesan menggunakan satu tangan? Rasa-rasanya mereka yang kelahiran 80-90an saja yang masih merasakan dan mengingat hal itu. Smartphone kecil mampu memberikan kembali sensasi macam itu.

3. Layar tidak mudah lecet

Jangan Salah Pilih, 8 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone Kecilgq.com.au

Keuntungan punya smartphone kecil adalah layarnya tidak mudah lecet. Ukurannya memberikan jaminan perlindungan berlebih, membuat goresan-goresan susah tercipta di kaca elektronikmu itu.

4. Tetap awet walau baterai kecil

Jangan Salah Pilih, 8 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone Kecilrcuk.com

Baterai kecil selalu dirasa sebagai kelemahan smartphone kecil. Namun benarkah demikian? Perlu diingat saja, ukuran kecil juga mengeluarkan tenaga lebih sedikit daripada smartphone besar. Jadi, dalam urusan boros baterai, itu tidak benar. Malah bisa jadi lebih awet, tergantung cara penggunaanmu.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Smartphone Terbaru 2021 dengan Baterai 6000mAh

Minus

1. Tidak terlalu memuaskan dalam pengalaman menonton dan gaming

Jangan Salah Pilih, 8 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone Kecilmensxp.com

Kalau kamu suka menonton YouTube dan bermain game, smartphone kecil tidak akan memuaskanmu. Layar kecil membuatmu susah melihat detail-detail. Dalam urusan gaming, itu akan membatasimu mengatur apa yang kamu inginkan. Apalagi kalau jarimu besar, pasti tidak akan mengenakkan.

2. Susah untuk membaca

Jangan Salah Pilih, 8 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone Kecilgoodereader.com

Huruf yang kecil itu sangat menyusahkan. Untuk membaca, terkadang kamu perlu melakukan zoom-in demi bisa membacanya. Itu berarti kamu kerja dua kali.

3. Keterbatasan lensa kamera

Jangan Salah Pilih, 8 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone Kecilgadgetstouse.com

iPhone 12 Mini hanya memiliki dua kamera saja ketimbang 12 Pro yang ada tiga. Google Pixel 4a hanya punya satu lensa daripada Pixel 4 yang ada dua kamera. Pada dasarnya, ukuran akan membatasi fitur lebih dalam suatu smartphone.

4. Mudah terselip

Jangan Salah Pilih, 8 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone Kecilstock.adobe.com

Apa kamu anak yang teledor, yang suka meletakkan barang di mana-mana, dan pelupa? Kalau iya, berhati-hatilah kalau mengambil smartphone kecil. Ukurannya akan membuatmu kesusahan mencari mengingat mudah terselip.

Pada akhirnya, semuanya ada plus minus dari suatu ukuran smartphone. Perhatikan baik-baik sebelum membeli. Jangan sampai terbawa omongan orang dan salah pilih.  

Baca Juga: 7 Tren Smartphone dari 2020 yang Perlu Berhenti di 2021

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya