Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental

Kamu bisa mengobrol dengan psikolog dari aplikasi ini

Pandemik COVID-19 cukup menyadarkan orang-orang akan pentingnya menjaga kondisi kesehatan mental. Isolasi yang berkepanjangan membuat banyak individu merasakan tekanan berlebih.

Untungnya di dalam penanganan masalah tersebut, terdapat beberapa aplikasi yang bisa menghubungkanmu dengan para psikolog. Berikut ini beberapa aplikasi psikologi yang bisa kamu untuk lebih memahami dan menenangkan diri sendiri.

1. Riliv

Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mentalaplikasi Riliv (dok. Riliv)

Nama aplikasi ini bisa jadi sudah sering kamu dengar. Riliv merupakan aplikasi dalam negeri yang mencoba memfasilitasi kamu untuk dapat berkonsultasi dengan para psikolog yang bekerja sama dengan mereka. Di dalam aplikasi terdapat pula fitur-fitur yang berguna untuk menenangkanmu, seperti cerita untuk membuatmu mudah tertidur hingga cara-cara melakukan meditasi yang baik.

2. Self-help anxiety management (SAM)

Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan MentalSelf-help anxiety management (dok. University of the West of England)

Datang dari Inggris, aplikasi ini diciptakan demi mengatur mereka yang mudah cemas. Seperti catatan digital, kamu bisa mencatat tingkat kecemasanmu pada aplikasi ini. Dari sini kamu dapat mengidentifikasi apa yang saja yang menyebabkanmu cemas dan seberapa parah tingkat kecemasan itu.

3. eCurhat

Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan MentaleCurhat (dok. CiptaFile)

Mau curhat, tapi bingung mau curhat kepada siapa? Aplikasi eCurhat bisa kamu coba.

Di aplikasi ini kamu bisa mengobrol dan curhat sesuka hati dengan berbagai topik kepada pengguna lain. Mulai dari percintaan hingga masalah yang lebih parah. Pastikan saja ketika mendaftar aplikasi ini kamu menggunakan nama samaran agar privasimu terjaga ya. Yang satu ini bukan aplikasi konsultasi kesehatan mental, tapi bisa memfasilitasi jika kamu butuh meluapkan perasaanmu.

Baca Juga: 7 Aplikasi Perpesanan Terbaik Alternatif WhatsApp

4. OnCom

Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan MentalOnCom (dok. Apsar)

Seperti Riliv, OnCom mencoba memfasilitasi kamu untuk bisa melakukan konsultasi psikis secara digital dengan mudah. Ada banyak psikolog yang bergabung dan bisa dihubungi pada aplikasi ini. Jika ada keresahan dan kamu membutuhkan bantuan tenaga profesional, tetapi tidak mengetahui siapa yang bisa dihubungi, OnCom bisa dipakai untuk membantu hal tersebut.

5. What’s Up?

Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan MentalWhat's Up? (dok. Jackson Tempra)

Harapan dari aplikasi ini adalah dapat menciptakan upaya terbaik bagimu dalam mengatasi masalah depresi, kecemasan, stres, dan lain halnya. Untuk itu, What’s Up? akan memberikan sejumlah fitur yang dapat dipakai untuk melacak kebiasaanmu sehari-hari. Ada pula fitur yang memberikan tips menenangkan diri. 

6. MoodTools

Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan MentalMoodTools (dok. Inquiry Health LLC)

MoodTools dikenal sebagai aplikasi untuk mengatasi depresi. Bisa diunduh secara gratis, MoodTools akan membantu kamu mengetahui kondisi mentalmu dengan memberikan fitur yang bisa mencatat perasaanmu pada saat itu dalam bentuk buku harian. Catatan keseharian ini bisa kamu pakai untuk memahami situasimu.

7. Psikologimu

Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan MentalPsikologimu (dok. Psikologimu)

Layaknya Riliv dan OnCOm, Psikologimu adalah aplikasi yang memfasilitasi kamu untuk bisa berkonsultasi dengan psikolog secara online, entah itu melalui chat atau video call. Fitur tambahan dalam aplikasi ini akan memberikan wawasan berlebih tentang masalah mental sehingga kamu bisa lebih paham apa yang sebenarnya terjadi padamu.

Itulah beberapa aplikasi konsultasi kesehatan mental yang bisa kamu pakai. Bila kamu merasa ada sesuatu yang menekan mentalmu, segeralah pakai aplikasi-aplikasi tersebut serta mengontak tenaga profesional untuk mendapatkan bantuan.

Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Atur Produktivitas Kerja, Jadi anti Mager!

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya