Comscore Tracker

10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!

Yang dulu mahal, sekarang jadi murah

Perkembangan teknologi smartphone begitu cepat di zaman sekarang. Hampir di tiap bulan, smartphone baru dengan fitur baru keluar.

Bahkan perusahaan bisa mengeluarkan beberapa flagship sekaligus dalam waktu satu tahun. Itu menjadikan perputaran industrinya sangat cepat hingga mudah menurunkan harga produk seri sebelumnya.

Tapi itu tidak mengindikasikan produk sebelumnya sudah tidak layak pakai pada saat ini. Beberapa orang malahan menyarankan untuk berburu barang-barang lama ini karena masih bagus dipakai sampai sekarang namun dengan harga yang sangat murah.

Berikut adalah beberapa rekomendasi smartphone lama yang masih baik kamu cari di 2020. Kemungkinan besar barang-barang ini sudah dalam kondisi bekas.

1. iPhone 8, 8 plus, 7 dan 7 plus

10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!macworld.co.uk

Tidak perlu memaksakan diri mengambil seri X, iPhone 8 dan 7 sampai sekarang pun masih layak untuk dibeli. Di angka Rp4 jutaan sampai Rp7 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan smartphone Apple ini, yang mana kamera maupun performanya masih OK sampai 2020 ini.

2. Samsung Galaxy S8 dan S8 plus

10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!zdnet.com

Seri ini sudah terlambat sekitar dua tahun, akan tetapi performanya masih baik untuk taraf 2020. Agak sulit untuk mendapatkan yang masih segel. Kemungkinan besar kamu akan mendapatkan bekasnya dan itu berarti bisa di angka Rp3 jutaan untuk full set.

3. Google Pixel 2 dan 2XL

10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!zdnet.com

Google Pixel merupakan salah satu smartphone terbaik di zaman sekarang. Bahkan untuk Pixel 2-nya sendiri masih bisa dipakai sekarang. Spesifikasinya pun tak berbeda jauh dengan Pixel 3. Kalau mencarinya, harga di pasaran berkisar Rp2,5 jutaan.

4. OnePlus 6 dan 6T

10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!pcworld.com

Untuk smartphone satu ini, harganya tergolong masih tinggi, yaitu di angka Rp6 jutaan. Jangan salah, harga itu dikarenakan spesifikasinya yang masih baik. Lensa yang bagus, daya baterai yang tahan lama, sampai ukuran layar yang tak terlalu besar. Sampai di 2020, 6 dan 6T masih tergolong modern.

5. Sony Xperia XZ2

10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!zdnet.com

Dianggap sebagai smartphone kecil yang masih tersisa hingga sekarang. Kameranya bagus dan performanya kuat mengingat menggunakan Android 9.0 Pie. Baterainya pun juga kuat pula. Tidak kaget jika harganya masih berkisar Rp6 jutaan.

Baca Juga: 5 Smartphone Terkini Huawei dengan RAM 6GB, Layak Beli!

6. LG G7 ThinQ

10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!wired.com

Kualitas audio yang tinggi, performa yang bagus, layar yang cerah, semua itu ditawarkan smartphone ini. Yang paling menarik adalah kejatuhan harganya. Untuk saat ini, kamu sudah bisa mendapatkan barang ini dengan angka di bawah Rp3 juta untuk bekas dan baru sekitar Rp5 jutaan.

7. Samsung Galaxy Note 8

10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!techbeasts.com

Dengan layar Infinite Display dan juga S Pen, Note 8 masih berharga di 2020. Harga bekasnya masih bisa berkisar Rp4 jutaan. Santai saja. S Pen Note 8 masih berfungsi dengan baik dan berguna untuk segala hal.

8. Huawei Mate 10 Pro

10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!hokishoptaiwan.com

Percayalah, kualitas hp ini masih sangat bagus. Dengan Kirin 970 plus RAM 6GB, Mate 10 Pro masih kuat sampai sekarang.Terbukti untuk barang yang segel atau BNIB masih bisa kamu temui di angka Rp7 jutaan.

Bagaimana? Lewat daftar ini, ada baiknya kamu menunggu satu tahunan untuk menunggu harga barang yang turun. Tapi kembali lagi semuanya terserah kamu. Menurutmu mana yang lebih baik, beli barang ini atau beli barang baru tapi yang seharga smartphone di daftar ini? 

Baca Juga: Dari Mahal ke Murah, 10 Smartphone Terbaik dengan Baterai 5.000 mAh

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya