Comscore Tracker

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Melulu

Kabel oh kabel, kenapa engkau begitu cepat meninggalkanku?

Mari kita awali dengan beberapa pertanyaan mendasar. Kira-kira sudah berapa kali kamu mengganti kabel charger-mu untuk satu handphonemu lantaran rusak? Pernah gak sih kamu penasaran kenapa bisa cepat rusak?

Karena sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi panjang umurnya kabel charger gadgetmu. Berikut adalah beberapa tip sederhana untuk membuat kabel charger-mu tak mudah rusak.

1. Hindari tekukan tajam di sendi charger

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Meluluhocotech.com

Masalah paling umum untuk kabel charger adalah bagian dalam yang putus dan umumnya berada di dekat sambungan USB port karena bagian ini merupakan yang terlemah dari kabel. Selain itu, pembengkokan sendi yang terlalu parah membuat lapisan luar terkelupas, mengekspos bagian dalam. Jadi cobalah untuk membuat kabelmu tidak terlalu menekuk.

2. Tidak memasukkannya ke dalam tas yang penuh

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Meluluthewirecutter.com

Tas yang penuh sesak dengan berbagai barang akan mudah untuk membengkokkan kabel. Ditindih, ditekuk, semua kabel apapun akan rusak karena ini. Bukan tidak mungkin kabel itu langsung rusak hanya dalam sekali jalan.

3. Jangan mengikatkannya dengan erat ke sebuah objek

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Meluluieeco.com

Banyak orang mengikatkan kabel charger ini kepada barang yang paling biasa dipakai, seperti power bank. Padahal mengikatkannya seperti itu akan membuat adanya tekukan pada kabel dan tekukan ini melukai kabel bagian dalam dan mengurangi lama hidup kabel. Cara paling ideal adalah dengan mengikat kabel menggunakan coil wrapping.

4. Menggunakan klip kabel

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Meluluieeco.com

Semua kabel charger yang kamu dapatkan saat ini harusnya sudah memiliki pengikat kabel. Ini bukan sekadar pengemasan. Kamu bisa menggunakan alat itu untuk membantu mengikat kabelmu, khusunya ketika traveling atau bepergian untuk jarak jauh. Kamu juga bisa membuatnya untuk membentuk sebuah ikatan yang menghindarimu dari sudut-sudut lancip.

5. Lindungi dari hewan peliharaan

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Melulupethelpful.com

Jika kamu memiliki peliharaan anjing atau kucing, kabelmu akan jadi incaran nyaman untuk mainan gigit-gigitannya dan itu akan langsung memangkas umur kabel. Yang bisa kamu lakukan adalah menjauhkannya dari peliharaanmu atau mencari produk yang tahan terhadap gigitannya. Satu lagi yang bisa kamu lakukan adalah melumuri kabel itu dengan sesuatu yang tidak disukai peliharaanmu.

Baca Juga: 6 Aturan Ngecharge Smartphone yang Sering Dipercaya Padahal Cuma Mitos

6. Menggunakan ponsel ketika diisi

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Meluluieeco.com

Sebenarnya hal ini tidak melukai bateraimu, melainkan lebih ke kabelmu. Jika kamu sering menggunakannya di kasur atau sofa sambil sedang diisi, bukan tidak mungkin kamu memanjangkan kabel itu melebihi batasnya, bahkan membengkokkannya. Jika kamu berada di sebelah langsung colokannya, tidak jadi masalah, tetapi jika jauh maka sebaiknya kamu tidak menggunakannya dan membiarkannya terisi dahulu sampai penuh.

7. Menggunakan adapter magnetik

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Melulutheverge.com

Apple adalah produk yang mulai menggunakan teknologi ini. Sistem ini membuat pengisian daya baterai lebih cepat serta mudah disambung dan dilepas sehingga lebih aman untuk bateraimu. Selain itu, di dalam kegelapan pun kamu bisa dengan mudah menyambungkan kabel charger-mu ke handphone, mengurangi risiko merusak.

8. Membeli kabel yang lebih panjang

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Meluluieeco.com

Ini adalah cara paling sederhana yang bisa kamu dapatkan. Dengan kabel yang jauh lebih panjang, kegiatanmu akan menjadi lebih leluasa hingga tak perlu membengkokkan kabel secara tajam atau menariknya. Mungkin keluar biaya lebih banyak dan lebih repot dalam membawanya, tapi hey, itu lebih baik ketimbang harus menggonta-ganti kabel.

9. Memberikan plester

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Meluluieeco.com

Plester listrik mungkin bukanlah cara yang atraktif untuk menampilkan keindahan kabelmu. Namun dengan menambahkannya ke kabelmu hal itu akan memperpanjang umur kabel.

Dengan melekatkannya ke persendian, bagian terlemah kabel itu akan menjadi lebih kuat dan mengurangi risiko tertekuk. Tentu saja hal ini juga dapat diberlakukan untuk bagian kabel yang telah terkelupas dan tampak bagian dalamnya.

10. Jangan membeli kabel murah

10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Meluluieeco.com

Saran yang sering terlupakan. Ada alasan kenapa kabel murah sering rusak, membuatmu harus sering bergonta-ganti kabel. Yang pertama adalah lapisan luar kabel yang tipis serta berkualitas rendah dan yang kedua karena diproduksi tanpa melalui proses yang detail. Selain itu kabel murah sering kali tidak memiliki resistor yang tepat sehingga sering tidak kompatibel dengan handphonemu alias turut merusak hp.

Semua ini memang tip yang sederhana, tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya kan? Toh kamu ingin kabelmu berumur panjang. Ibaratnya saran-saran di atas seperti saran untuk makan makanan yang sehat jika ingin tubuhmu terus fit.

Baca Juga: Catat, Inilah 5 Trik Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone!

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You