Comscore Tracker

8 Tips Ampuh agar Grup WhatsApp Lebih Menyenangkan

Kamu pasti paham rasanya notifikasi yang tidak berhenti

Ada kalanya kamu terjebak dalam suatu undangan grup WhatsApp yang sebenarnya tidak kamu inginkan, tetapi kamu sungkan untuk keluar dari grup tersebut. Lebih parah lagi jika ternyata grup macam itu tidak hanya satu, melainkan banyak.

Lantas apa yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gangguan-gangguan tersebut? Sekiranya apa pula yang kamu bisa lakukan untuk mengubah suasana grup itu menjadi lebih menyenangkan? Berikut ini beberapa tips ampuhnya.

1. Ubah layar notifikasimu

8 Tips Ampuh agar Grup WhatsApp Lebih Menyenangkanpengaturan ubah notifikasi pada smartphone (popsci.com)

Hal pertama yang paling mengganggumu dalam suatu grup pesan adalah notifikasi yang tidak berhenti karena banyaknya yang mengirim pesan. Jika kamu tidak bisa sepenuhnya mematikan grup itu mengingat adanya kepentingan tertentu, setidaknya kamu bisa mengubah notifikasi di hapemu.

Caranya adalah dengan menuju menu pengaturan hapemu, lalu pilih opsi notifikasi. Di sana, ada pilihan notifikasi app. Pilih mode notifikasi yang kamu inginkan agar tidak mengganggu. Kamu juga bisa mematikan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang lain.

2. Ubah jadi mode bisu

8 Tips Ampuh agar Grup WhatsApp Lebih Menyenangkanpengaturan mode bisu WhatsApp (popsci.com)

Selain mengubah notifikasi untuk mengurangi gangguan, kamu bisa mendiamkan grup pesan itu agar tidak ada lagi notifikasi pesan berlebihan. Caranya dengan mengubah grup itu menjadi mode bisu.

Untuk melakukan itu di WA, kamu bisa terlebih dahulu masuk ke dalam grup yang ingin kamu diamkan. Lalu pilih opsi titik tiga yang biasanya ada di kanan atas. Pilih opsi mute notification dan nantinya akan ada pilihan waktu berapa lama kamu akan membisukannya.

3. Ganti menjadi versi web

8 Tips Ampuh agar Grup WhatsApp Lebih MenyenangkanWhatsApp Web (popsci.com)

Percaya tidak percaya, menggunakan WA di komputer ternyata jauh lebih mengenakkan ketimbang di hape. Beberapa alasannya adalah kamu bisa mengetik dengan mudah, membaca pesan lebih enak, hingga lebih mudah mencari pesan-pesan lama.

Bagi yang belum tahu cara menggunakan WhatsApp Web, kamu bisa terlebih dahulu membuka web.whatsapp.com di browser komputermu. Setelah itu, buka WA hapemu, pilih opsi titik tiga di kanan atas aplikasi, lalu pilih opsi linked device dan scan QR code yang tertera di WhatsApp Web komputermu.

4. Jawab menggunakan GIF atau sticker

8 Tips Ampuh agar Grup WhatsApp Lebih MenyenangkanGIF WhatsApp (youtube.com/WhatsApp)

Ada kalanya kamu malas membalas pesan dalam bentuk tulisan. Kalau seperti itu, ganti saja dengan GIF atau stiker agar bisa lebih menghibur. Untuk menggunakan GIF, coba menuju kotak mengetik pesan, lalu pilih emoticon di sebelah kiri. Nanti di bagian paling bawah akan ada pilihan GIF. Pilih gambar-gambar itu.

Kamu juga bisa membalas pesan menggunakan sticker dan caranya kurang lebih serupa. Hanya saja agar lebih spesial, kamu bisa membuat stikermu sendiri.

Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga bernama Personal Sticker for WhatsApp terlebih dahulu dan pilih gambar yang kamu inginkan jadi stiker. Ini juga bisa dilakukan untuk GIF.

Baca Juga: Cara Membuat Stiker WhatsApp Pakai Foto Diri dan Temanmu

5. Hapus pesan yang tidak kamu inginkan

8 Tips Ampuh agar Grup WhatsApp Lebih Menyenangkancara hapus pesan di WhatsApp (gadgethacks.com)

Ada kalanya kamu mengirim pesan yang seharusnya tidak kamu kirimkan dan itu mengubah suasana grup tersebut. Di sinilah kegunaan fitur hapus pesan di WA.

Caranya dengan memilih pesan yang telanjur dikirim, tahan ketukanmu, dan nantinya akan ada pilihan bergambar sampah di bagian atas aplikasi. Pilih ikon tersebut.

Nantinya kamu akan mendapat pilihan lagi apakah kamu akan menghapus pesan itu untuk dirimu sendiri atau semuanya. Pilih semuanya agar pesan itu tidak bisa dibaca kawan-kawan yang ada di grup. Ingat, mode ini bisa dilakukan bila pesanmu tidak dikirim dalam jangka waktu lama.

6. Bersihkan chat grup

8 Tips Ampuh agar Grup WhatsApp Lebih Menyenangkanclear chat WhatsApp (techmesto.com)

Kamu merasa chat pada grupmu sudah terlalu banyak? Kamu bisa menghapusnya kok.

Caranya dengan memilih clear chat yang bisa diakses pada opsi titik tiga dalam grup WA itu. Ada pula cara melalui opsi pengaturan WA, tetapi itu akan menghapus seluruh pesan yang kamu kirim, bukan hanya pada satu grup tetapi kepada semua orang.

7. Mengeluarkan orang di grup

8 Tips Ampuh agar Grup WhatsApp Lebih Menyenangkanmenendang keluar anggota grup WhatsApp (techmesto.com)

Ada kalanya gangguan di grup itu datang hanya dari beberapa orang saja dan bukan seluruh grup. Ketimbang mematikan semuanya, kamu bisa memilih orang-orang yang mengganggu itu dan mengeluarkannya dari grup. Ini bisa kamu lakukan, kalau kamu menjadi admin grup tersebut.

Caranya pilih grup WA itu, lalu pilih nama grup WA tersebut. Nantinya kamu akan dibawa ke bagian yang berisikan anggota grup tersebut. Pilih anggota WA yang mengganggu tersebut, lalu kamu hanya perlu klik 'Remove from Group".

8. Tinggalkan grup itu

8 Tips Ampuh agar Grup WhatsApp Lebih Menyenangkankeluar dari grup WhatsApp (mobygeek.com)

Ini adalah cara termudah terlepas dari gangguan grup WA-mu bila kamu hanya anggota saja, bukan admin. Tidak ada yang lebih efektif daripada ini. Sangat disarankan bila grup WA itu adalah grup yang tidak penting dan grup itu sudah kamu rasa terlalu mengganggu.

Caranya cukup pilih opsi titik tiga di grup WA, pilih more, dan pilih exit group. Cara lainnya adalah tahan ketukan pada grup WA yang kamu ingin keluar. Nanti akan keluar pilihan titik tiga. Masuk dalam pilihan itu dan pilih opsi exit group.

Tidak perlu sungkan untuk mengambil tindakan pada grup WA-mu tersebut bila memang sangat mengganggu. Ingat, kamu pun membutuhkan ketenangan agar tidak terganggu atau terdistraksi.

Baca Juga: Begini Cara Mengembalikan Pesan di WhatsApp yang Sudah Hilang

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya