Comscore Tracker

6 Aturan Ngecharge Smartphone yang Sering Dipercaya Padahal Cuma Mitos

Kamu masih percaya?

Pernahkah kamu mendengar kalau mengisi daya smartphone semalaman bisa berbahaya? Atau pernahkah kamu dengar mitos kalau baterai smartphone bakal lebih awet kalau ditaruh di freezer?

Banyak banget hal yang dipercaya orang soal aturan menge-charge smartphone. Padahal aturan itu belum tentu benar. Kira-kira apa saja mitos nge-charge smartphone dan faktanya?

Mitos 1: jangan nge-charge smartphone semalaman

6 Aturan Ngecharge Smartphone yang Sering Dipercaya Padahal Cuma Mitoshuffingtonpost.com

Banyak yang menyebutkan kalau nge-charge smartphone semalaman bikin baterai jadi cepat ngedrop. Padahal banyak orang yang mengisi daya smartphone-nya saat tidur agar pagi hari saat dipakai sudah full.

Faktanya, itu hanyalah mitos. Mashable menuliskan bahwa smartphone kini sudah cerdas yang akan otomatis berhenti mengisi daya saat baterai sudah penuh.

Mitos 2: Jangan gunakan smartphone saat di-charge

6 Aturan Ngecharge Smartphone yang Sering Dipercaya Padahal Cuma Mitostechproducts.com.ng

Banyak peringatan bahwa jangan menggunakan smartphone saat sedang di-charge. Kejadian smartphone meledak saat tetap digunakan meenjadi peringatannya.

Faktanya, berdasarkan artikel Mashable, sebenarnya menggunakan smartphone saat di-charge tidak akan berisiko asal menggunakan charger original bawaan smartphone. Kejadian meledaknya smartphone bisa jadi karena menggunakan charger tiruan.

Mitos 3: Semua charger sama saja

6 Aturan Ngecharge Smartphone yang Sering Dipercaya Padahal Cuma Mitosextremetech.com

Selain berbahaya, charger tiruan juga tidak bisa menge-charge secepat charger asli. Biasanya daya yang dibawa charger tiruan lebih rendah daripada charger asli.

Charger original tentu terbaik buat smartphone-mu. Kamu boleh menggunakan charger smartphone lain yang ori. Meski begitu, kecepatan charger mengisi baterai bisa berbeda, tergantung arus yang dibawa. Charger 2 Ampere tentu akan lebih cepat daripada charger 1 Ampere.

Mitos 4: Saat sekarat, menonaktifkan wifi dan GPS bisa jadi solusi

6 Aturan Ngecharge Smartphone yang Sering Dipercaya Padahal Cuma MitosSoPosted.com

Saat baterai tinggal sedikit, banyak yang menyiasati dengan mematikan GPS dan wifi agar baterai bisa bertahan lebih lama. Faktanya, mematikan keduanya tidak berpengaruh signifikan terhadap daya tahan baterai.

Mitos 5: Baterai harus diisi penuh sebelum digunakan

6 Aturan Ngecharge Smartphone yang Sering Dipercaya Padahal Cuma Mitosvideoblocks.com

Banyak yang beranggapan kalau baterai harus diisi penuh sebelum digunakan agar baterai awet. Padahal, baterai ponsel canggih saat ini sudah didesain cerdas sehingga tak perlu menunggu diisi penuh sebelum digunakan.

Mitos 6: Menaruh baterai di freezer memperpanjang usia baterai

6 Aturan Ngecharge Smartphone yang Sering Dipercaya Padahal Cuma Mitosbusinessinsider.sg

Ini nih mitos yang paling banyak dipercaya. Padahal baterai Lithium Ion yang saat ini ada di smartphone justru bisa rusak akibat panas atau dingin berlebihan.

Itulah 6 mitos yang banyak dipercaya ternyata salah. Kira-kira masih ada mitos apa lagi yang kamu percaya tentang smartphone?

Topic:

  • Erina Wardoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You