Comscore Tracker

Sony Rilis Sensor Kamera Smartphone Resolusi 48 Megapiksel

Resolusi tertinggi di dunia nih

Sony baru saja merilis sensor kamera CMOS terbaru untuk disematkan pada smartphone. Sensor kamera yang diberi nama IMX586 ini mempunyai resolusi 48 Megapiksel dengan ukuran 0,8 mikrometer.

Resolusi ini disebut menjadi yang paling tinggi di dunia hingga saat ini. Rencananya, sensor ini bakal mulai dipakai sejumlah smartphone pada awal September 2018. Karena dirancang untuk smartphone, maka ukuran tiap piksel dan ukuran fisiknya pada IMX586 jauh lebih kecil dibandingkan dengan sensor pada DSLR.

Lalu sebenarnya apa hebatnya sensor kamera dengan 48 MP ini?

1. Hasil foto bagus meski kurang cahaya

Sony Rilis Sensor Kamera Smartphone Resolusi 48 Megapikselsony.net

Seperti dituliskan dalam rilis resminya di sony.net, Sony mengklaim produk terbarunya ini tetap bisa menangkap hasil jepretan yang sangat bagus meski dalam keadaan kurang cahaya. Hal ini menepis persepsi bahwa resolusi tinggi dengan ukuran piksel kecil bisa menghasilkan jepretan yang buruk karena tiap pikselnya hanya memiliki ruang yang kecil untuk menangkap cahaya.

Bahkan, Sony menyebut jika IMX586 bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam dibanding sensor kamera beresolusi 12 MP.

2. Gunakan Quad Bayer 2x2 piksel

Sony Rilis Sensor Kamera Smartphone Resolusi 48 Megapikselsony.net

Sony IMX586 ini mengimplementasikan Quad Bayer 2x2 piksel yang menghasilkan output empat piksel secara berbarengan yang setara dengan 12 MP dengan ukuran piksel 1,6 mikrometer. Hal ini lah yang mendukung hasil Sony IMX586 tetap maksimal meski kurang cahaya.

Sementara ketika dalam keadaan cukup cahaya, grid akan kembali pada proses sinyal yang biasanya yang mencapai resolusi 48 MP.

3. Kapan smartphone dengan sensor kamera tertinggi ini dipasarkan?

Sony Rilis Sensor Kamera Smartphone Resolusi 48 Megapikselsony.net

IMX586 ini sendiri merupakan penerus dari sensor 40 MP yang ada pada Huawei P20 Pro. Diperkirakan, smartphone pertama yang menggunakan kamera 48 MP ini adalah Sony Xperia XZ3 yang akan diperkenalkan pada momen IFA 2018 di Jerman pada 31 Agustus hingga 5 September 2018.

Wah...dengan resolusi kamera yang tinggi, pasti smartphone yang menyematkan sensor kamera ini bakal banyak diburu sama mereka yang suka fotografi ataupun selfie.

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya