Comscore Tracker

6 Cara Nulis Gadget Review ala Tech Editor Bayu Dewey

Tips nulis artikel review yang bisa langsung dipraktikkan!

IDN Times menyelenggarakan Indonesia Writers Festival (IWF) 2021 dengan mengundang para pembicara inspiratif, salah satunya di bidang teknologi. IDN Times menghadirkan Bayu Dwityo Wicaksono atau dikenal dengan Bayu Dewey, Tech Editor IDN Times. Bersamanya, hadir Berdanus Agung dan Ricky Burnadi sebagai Community Manager vivo Indonesia dan Senior Product Manager vivo Indonesia.

Ulasan atau review suatu produk telah menjadi acuan para konsumen untuk memastikan detail, kualitas, keunggulan hingga harga sebelum yakin untuk membeli atau memiliki produk tersebut. Kali ini, Bayu Dewey merangkum langkah-langkah untuk menulis sebuah review produk teknologi, dalam hal ini gadget, ke dalam enam poin penting. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Pilih produk dan tujuan review produk

6 Cara Nulis Gadget Review ala Tech Editor Bayu DeweyBayu Dewey dan Ricky Burnadi dalam sesi "How to Review Tech Product" IWF 2021. (youtube.com/IDN Times)

Untuk menarik para konsumen agar mau membaca artikel review yang kita buat, Bayu Dewey menyebutkan bahwa penulis perlu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sesuai tren dan pemahaman umum masyarakat. Ia menambahkan ada tiga hal yang bisa dijelaskan saat melakukan review produk, di antaranya kelebihan produk, kejujuran review, dan perbandingan produk. Bayu memberikan contoh vivo S1 dan enam keunggulan fiturnya.

Ia pun menambahkan saat ada produk yang baru rilis, kita perlu membuat review jujur terkait harga dan spesifikasinya. "Sampaikan secara jujur, misalnya kapasitas baterainya sekian, layar yang digunakan apa, kecepatan charging-nya seperti apa. Ini review sejujur-jujurnya apa adanya," ungkapnya.

Tipe ketiga, saat melakukan perbandingan, misalnya "Rekomendasi 7 HP vivo terbaik di 2021", Bayu mengungkapkan bahwa biarkan pembaca yang memilih sendiri sesuai kebutuhan mereka.

2. Menentukan point of view pembaca

6 Cara Nulis Gadget Review ala Tech Editor Bayu DeweyBayu Dewey, Ricky Burnadi, dan Bernadus Agung dalam sesi "How to Review Tech Product" IWF 2021. (youtube.com/IDN Times)

Setelah menentukan artikel, hal penting berikutnya adalah menentukan sasaran pembaca. Sesuaikan konteks artikel dengan pembacanya, apakah untuk umum, gamer, mahasiswa, konten kreator, fotografer, profesional, pebisnis, atau orang tua? Bayu menambahkan catatan bahwa penulis tetap harus menyesuaikan unique selling points dan customer benefits dari smartphone tersebut.

3. Menentukan metode review

6 Cara Nulis Gadget Review ala Tech Editor Bayu DeweyBayu Dewey, Ricky Burnadi, dan Bernadus Agung dalam sesi "How to Review Tech Product" IWF 2021. (youtube.com/IDN Times)

Setelah menyelesaikan langkah satu dan dua, berikutnya adalah menentukan metode review. Bayu menyebutkan dua metode review yang dapat digunakan.

1. Referensi online: lakukan studi berbagai sumber di internet, baik dari YouTube maupun dari berbagai media teknologi.

2. Hands-on, straight review, story telling: pengalaman langsung saat mencoba smartphone dapat menjelaskan tentang sebagus apa smartphone tersebut dan bisa mengaitkannya dengan aktivitas penggunanya.

Baca Juga: Opsi Lain, 5 Smartphone Pesaing Vivo Y73 dengan MediaTek G95 

4. Menuliskan review produk

6 Cara Nulis Gadget Review ala Tech Editor Bayu DeweyBayu Dewey dalam sesi "How to Review Tech Product" IWF 2021. (youtube.com/IDN Times)

Menulis tidak sembarang tulis, Bayu Dewey membagikan enam rincian poin penjelasan penting yang harus ditulis berurutan dalam artikel review produk teknologi.

1. Desain terdiri atas bahan, warna, dimensi, bentuk, bezel, notch, jack, letak tombol, sistem keamanan.

2. Performa terdiri atas kapasitas ROM, suara, layar, RAM, dan prosesor (gaming/multitasking). 

3. Kamera terdiri dari megapixel; kamera belakang dan depan; kualitas foto biasa dan minim cahaya; kualitas rekam video; dan fitur unik kamera.

4. Baterai terdiri dari kapasitas, ketahanan (stand by, streaming, gaming, menelepon), dan kecepatan charging.

5. Fitur unggulan terdiri dari unique selling proposition/points (USP), customer benefits, after sales service, dan paket eksklusif.

6. Harga sesuai varian smartphone yang tersedia; promo yang berlaku; bisa dibeli di mana; dan garansi.

Wow, lengkap banget detailnya, nih!

5. Memilih gambar yang oke

6 Cara Nulis Gadget Review ala Tech Editor Bayu Deweyiklan komersial vivo Indonesia (youtube.com/IDN Times)

Langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah memilih gambar. Pilih gambar yang orisinal, aman, dan tidak akan terkena plagiarisme.

"Ngeliat gambar aja, kita udah bisa muncul banyak persepsi, pemahaman. Gambar itu bicara jauh lebih banyak daripada kita menulis paragraf," ungkap Bayu.

Bayu menjelaskan terdapat empat kunci dalam memilih gambar yang oke, di antaranya:

1. berasal dari hasil foto sendiri, bisa saat hands-on;

2. situs resmi brand, bisa melalui galeri situs ataupun capture bagian situsnya;

3. media sosial brand, seperti Instagram, Twitter, Facebook; dan

4. embed/capture video dari brand.

6. Menentukan judul artikel yang baik

6 Cara Nulis Gadget Review ala Tech Editor Bayu DeweyIWF 2021 (youtube.com/IDN Times)

Langkah terakhir yang paling menentukan pembaca tertarik membaca artikel kita adalah pemilihan judul. Bayu mengatakan bahwa pemilihan judul dalam penulisan artikel bukanlah hal yang mudah. Jangan sampai kamu sudah bersusah payah membuat isi artikel yang bagus, tetapi menuliskan judul yang tidak menarik.

Berdasarkan pengalamannya selama menulis artikel teknologi, dirinya merumuskan judul yang paling banyak di klik pembaca hingga 83 persen, di antaranya judul yang menyertakan harga dan spesifikasi, brand, serta tipe HP. Bayu menjelaskan harga bukan berarti nominalnya, tapi harganya yang seperti apa. Kemudian, 75 persen artikel hands-on review; 42 persen yang menyertakan keunggulan (MP, RAM, baterai); dan 17 persen judul yang menyertakan fitur terbaik.

Menulis artikel review, apalagi yang akan mempesertakan dalam sebuah kompetisi, tentu harus memikat, valuable, dan menarik hati para pembaca. Semoga tips tadi bisa membantumu yang ingin memulai menulis review, ya!

Untuk kamu yang mau mulai bikin review smartphone, kamu bisa gabung vivo CLUB, lho. Di sini, kamu bisa berdiskusi dengan banyak member vivo dari seluruh penjuru Indonesia. Bisa jadi kamu akan menemukan tips dan trik terbaik untuk melengkapi review kamu. Kamu pun bisa tahu tren seputar teknologi dan smartphone terbaru dari vivo. Tunggu apa lagi? Yuk, akses web vivoCLUB.id!

Baca Juga: Ada Super Night Selfie, Ini 5 Fitur Unggulan dari vivo V21 

Adisty Hanny Photo Writer Adisty Hanny

Writing is my full feeling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya