Comscore Tracker

Sedang Tren, Begini Perbedaan Android dan Android One Pada Smartphone

#PANJATPOIN Apa sih yang bikin beda?

Perkembangan dunia ponsel pintar memang tak ada habisnya, baru-baru ini tengah ramai tentang update terbaru dari Xiaomi dengan MIUI 10, selain itu terdapat Android One yang juga tengah ramai. Android One sejatinya bukan sistem operasi baru melainkan sudah sejak tahun 2014, tetapi kebanyakan orang masih bingung apa yang membedakan Android dengan Android One.

Maka dari itu, yuk simak 4 poin di bawah ini.

1. Android merupakan OS buatan Google

Sedang Tren, Begini Perbedaan Android dan Android One Pada Smartphone9to5google.com

Android seperti diketahui bersama merupakan sistem operasi besutan Google yang diciptakan untuk kebanyakan perangkat pintar masa kini seperti smartphone, tablet hingga smart tv. Salah satu perbedaan mendasar Android dengan Android One adalah Android bersifat open source, apa itu? Simak pada poin selanjutnya.

2. Namun berbeda dengan Android one

Sedang Tren, Begini Perbedaan Android dan Android One Pada Smartphoneen.miui.com

Serupa tapi tak sama bahwa Android One juga sama-sama produk besutan Google, namun terdapat letak perbedaan yang mendasar. Android One diciptakan untuk meningkatkan user experience serta keamanan sistem karena bukan berbasis open source.

Baca Juga: Android One Nokia 6.1 Plus Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Istimewanya

3. Ponsel yang menggunakan sistem Android One

Sedang Tren, Begini Perbedaan Android dan Android One Pada Smartphoneyugatech.com

Bila membahas ponsel apa saja yang menggunakan sistem operasi Android, maka mayoritas smartphone sekarang berbasis Android. Tetapi bila membahas ponsel yang memakai sistem operasi Android One maka terdapat dua merk besar yang menggunakannya yakni Nokia seperti pada varian Nokia 6 dan Xiaomi dengan varian Mi A1 dan Mi A2.

4. Apa itu open source?

Sedang Tren, Begini Perbedaan Android dan Android One Pada Smartphoneudsenterprise.com

Pada poin pertama disebutkan bahwa Android bersifat open source yang berarti para pabrikan ponsel dapat memodifikasi apa yang akan dipasang pada software ponsel tersebut. Berbeda dengan Android One yang bersifat close source sehingga segala jenis software hanya akan dipasok oleh Google sehingga berdampak pada performa ponsel menjadi lebih smooth bila dibandingkan dengan Android.

Baca Juga: Desain Smartphone Android One Nokia Tanpa Notch Bocor di Dunia Maya

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You