Comscore Tracker

4 Perbedaan Smartband dan Smartwatch, Biar Gak Tertukar Lagi

Serupa tapi tak sama, yuk cari tahu bedanya!

Berbagai macam jenis gadget semakin bertambah setiap tahunnya, mulai dari ponsel pintar, laptop, game konsol hingga jam tangan pintar. Bagi sebagian orang, memiliki salah satu barang di atas merupakan impian karena memiliki karakteristik dan fiturnya masing-masing.

Untuk masalah harga juga bervariasi, ada yang cukup dengan Rp200 ribuan hingga jutaan Rupiah tergantung kepada fitur dan merknya. Smartband dan smartwatch misalnya, produk tersebut cukup banyak digemari terutama oleh millennial karena memiliki fungsi yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari.

Namun bagi sebagian orang kedua produk tersebut kerap kali disamakan padahal berbeda. Berikut 4 perbedaan smartband dan smartwatch yang perlu diketahui:

1. Fitur smartwatch lebih lengkap dibanding smartband

4 Perbedaan Smartband dan Smartwatch, Biar Gak Tertukar Lagiunsplash.com/Artur Łuczka

Salah satu perbedaan yang menonjol antara smartband dan smartwatch adalah fiturnya. Smartwatch biasanya memiliki fitur yang lebih komplit dan canggih. Misalnya saja pada produk Samsung Galaxy Watch memungkinkan kita untuk mendengarkan lagu melalui aplikasi Spotify, sedangkan pada smartband tidak bisa.

Smartband sendiri sebenarnya memiliki fitur-fitur yang terbilang basic namun cukup untuk menemani aktivitas harian. Fitur yang terdapat misalnya pada Xiaomi Mi Band 2 adalah fitness tracking, alarm hingga notifikasi getar yang terhubung dengan smartphone.

2. Dimensi ukuran keduanya yang berbeda

4 Perbedaan Smartband dan Smartwatch, Biar Gak Tertukar Lagipixabay.com/Jorge Ferreira

Selain perbedaan fitur yang dimiliki oleh keduanya, terdapat hal lain yang menjadi pembeda seperti ukuran keduanya cukup berbeda. Smartwatch sendiri memiliki ukuran layaknya ukuran jam tangan konvensional pada umumnya, sedangkan smartband memiliki ukuran yang lebih kecil hingga menyerupai gelang.

Baca Juga: 6 Smartwatch Murah dengan Kualitas Mewah, Fiturnya Melimpah!

3. Harganya juga cukup jauh lho selisihnya

4 Perbedaan Smartband dan Smartwatch, Biar Gak Tertukar Lagiunsplash.com/Vladimir Solomyani

Rentang harga di antara keduanya juga terpaut sangat jauh, bila smartband berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu untuk keluaran Xiaomi Mi Band maka salah satu merk smartwatch ternama Samsung berada di rentang Rp3 juta. Sangat jauh bukan?

Perbedaan harga yang sangat jauh dimungkinkan karena terdapat perbedaan fitur yang cukup mencolok sehingga harga pun tidak bisa bohong.

4. Smartwatch terkesan lebih premium ketimbang smartband

4 Perbedaan Smartband dan Smartwatch, Biar Gak Tertukar Lagipexels.com/Pixabay

Memiliki smartwatch juga punya nilai lebih tersendiri bagi setiap pemiliknya, smartwatch cenderung lebih prestige dan premium ketimbang smartband. Smartwatch juga didukung oleh material yang berkualitas pula, hal ini wajar karena harga smartwatch serupa dengan arloji ternama seperti Seiko.

Keduanya memang sangat membantu aktivitas kita sehari-hari, tapi semua kembali kepada kebutuhan ya!

Baca Juga: 8 Smartwatch Terbaik 2019, Semakin Canggih dan Beragam Fitur Menarik

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You