Comscore Tracker

5 Memori Kamera Terbaik untuk Fotografi dan Videografi Tahun 2022 

Memiliki kualitas dan durabilitas yang sangat unggul 

Sebuah kamera membutuhkan media penyimpanan guna untuk menyimpan hasil bidikan gambar dan rekaman video yang dihasilkan. Pemilihan memori yang berkualitas diperlukan agar hasil bidikan dan rekaman yang dihasilkan memiliki kualitas yang unggul dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada data.

Untuk kalian yang sedang bingung memilih jenis memori yang cocok untuk menunjang aktivitas fotografi dan videografi di tahun 2022, sederet memori di bawah ini dapat dijadikan pilihan yang sangat tepat. Langsung intip sederet rekomendasinya berikut ini, ya!

1. SanDisk Extreme Pro SDXC UHS-I

5 Memori Kamera Terbaik untuk Fotografi dan Videografi Tahun 2022 potret SanDisk Extreme Pro SDXC UHS-I (Youtube.com/James Chia)

Sebagai produsen memori yang cukup terkenal karena kualitasnya, SanDisk juga memiliki varian memori SDXC yang sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan fotografi dan videografi. Memiliki kecepatan baca dan tulis yang cukup tinggi, kartu memori ini sangat cocok jika digunakan untuk merekam video dengan resolusi 4K.

Sebagai salah satu klaim yang cukup meyakinkan, SanDisk memberikan garansi pada memori ini selama 30 tahun. Dengan klaim tersebut, tentunya memori ini sangat aman jika digunakan untuk menyimpan hasil bidikan dan rekaman dari kamera.

Untuk konfigurasi, SanDisk Extreme Pro SDXC UHS-I memiliki spesifikasi berupa:

  • Tipe memori: SDXC;
  • Kecepatan baca: Up to 300MB/s;
  • Kecepatan tulis: Up to 260MB/s;
  • Kapasitas: 128GB;

Untuk harganya, kartu memori dengan kapasitas 128GB ini dibanderol sekitar Rp700 ribu.

2. Lexar Professional 633x UHS-I

5 Memori Kamera Terbaik untuk Fotografi dan Videografi Tahun 2022 potret Lexar Professional 633x UHS-I (ixbt.com)

Hadir dengan range kapasitas hingga 1TB, Lexar Professional 633x UHS-I sangat cocok untuk menunjang aktivitas produksi foto maupun video yang maksimal. Meski kecepatan tulis yang ditawarkan tidak tergolong yang paling unggul, secara teknis kartu memori ini masih sangat mumpuni untuk menyimpan hasil rekaman video dengan resolusi 4K UHD.

Meski Lexar tergolong sebagai produsen memori yang cukup baru, kualitas yang ada pada produk Lexar tergolong cukup baik sehingga produknya bisa dijadikan rekomendasi bagi kalangan fotografer dan videografer. Di samping itu, build quality yang dibawakan kartu memori ini tergolong cukup baik dengan life time yang cukup panjang.

Untuk spesifikasi, Lexar Professional 633x UHS-I memiliki konfigurasi berupa:

  • Tipe memori: SDXC;
  • Kecepatan baca: Up to 95MB/s;
  • Kecepatan tulis: Up to 45MB/s;
  • Kapasitas: 1TB;

Untuk kapasitas 1TB, Lexar Professional 633x UHS-I dibanderol sebesar Rp5,2 juta.

3. Sony SF-G Series TOUGH UHS-II

5 Memori Kamera Terbaik untuk Fotografi dan Videografi Tahun 2022 potret Sony SF-G Series TOUGH UHS-II (sony.co.nz)

Tak hanya memproduksi kamera saja, Sony juga memproduksi kartu memori yang ditujukan untuk kebutuhan fotografi dan videografi yang serius. Hadir dengan konstruksi yang tangguh, kartu memori ini sangat cocok untuk aktivitas outdoor karena memiliki ketahanan terhadap air dan debu.

Di samping itu, Sony SF-G Series TOUGH UHS-II juga memiliki performa yang bisa diandalkan untuk kebutuhan profesional di bidang fotografi dan videografi. Kartu memori ini memiliki dukungan kecepatan baca dan tulis yang tergolong unggul sehingga bisa jadi pilihan yang sangat tepat.

Untuk konfigurasi, Sony SF-G Series TOUGH UHS-II memiliki spesifikasi teknis berupa:

  • Tipe memori: SDHC;
  • Kecepatan baca: Up to 300MB/s;
  • Kecepatan tulis: Up to 299MB/s;
  • Kapasitas: 128GB;

Untuk kapasitas 128GB, Sony membanderol kartu memori ini sebesar Rp3,8 juta.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kamera Sony untuk Profesional di Tahun 2022

4. SanDisk Extreme PRO SDXC UHS-II V90

5 Memori Kamera Terbaik untuk Fotografi dan Videografi Tahun 2022 potret SanDisk Extreme PRO SDXC UHS-II V90 (camerajabber.com)

Masih dari SanDisk, kartu memori dnegan kecepatan unggul ini sangat recommended jika digunakan untuk menyimpan rekaman video hingga resolusi 8K karena memiliki kecepatan tulis yang cukup unggul. Kecepatan tulis yang ada pada memori ini tergolong cukup stabil sehingga untuk perekaman video beresolusi panjang kartu memori ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Untuk menunjang keamanan data dari resiko kerusakan fisik, kartu memori ini memiliki ketahanan terhadap air, guncangan, serta dapat bertahan pada suhu yang cukup ekstrim. Dengan demikian, kartu memori ini sangat cocok untuk menunjang kebutuhan fotografi dan videografi outdoor.

Untuk spesifikasi teknis, SanDisk Extreme PRO SDXC UHS-II V90 memiliki konfigurasi berupa:

  • Tipe memori: SDXC;
  • Kecepatan baca: Up to 300MB/s;
  • Kecepatan tulis: Up to 260MB/s;
  • Kapasitas: 128GB;

Pada kapasitas 128GB, SanDisk membanderol kartu memori ini sekitar Rp2,5 juta.

5. Lexar Professional Class 10 UHS-II 2000X

5 Memori Kamera Terbaik untuk Fotografi dan Videografi Tahun 2022 potret Lexar Professional Class 10 UHS-II 2000X (techpowerup.com)

Memiliki kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi, kartu memori buatan Lexar ini sangat cocok untuk menunjang aktivitas videografi dengan resolusi 4K dan 8K. Untuk memotret objek bidikan diam, Lexar Professional Class 10 UHS-II 2000X mampu memproses dalam waktu yang sangat singkat dengan hasil yang memuaskan.

Meski harga yang ditawarkan tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan Lexar Professional 633x UHS-I, mahalnya harga yang dibanderol tersebut sebanding dengan apa yang kita dapatkan pada kartu memori ini. Dengan mempertimbangkan segala aspek, Lexar Professional Class 10 UHS-II 2000X adalah pilihan yang sangat worth it untuk menunjang aktivitas fotografi dan videografi yang serius.

Untuk spesifikasi, Lexar Professional Class 10 UHS-II 2000X memiliki konfigurasi berupa:

  • Tipe memori: SDXC;
  • Kecepatan baca: Up to 300MB/s;
  • Kecepatan tulis: Up to 260MB/s;
  • Kapasitas: 128GB;

Untuk varian dengan kapasitas 128GB, Lexar Professional Class 10 UHS-II 2000X dibanderol sekitar Rp5 juta.

Dengan melihat sajian spesifikasi yang dibawakan oleh kelima kartu memori di atas, secara keseluruhan kartu memori tersebut sangat cocok untuk menunjang aktivitas fotografi dan videografi. Keunggulan kualitas dan durabilitas yang ditawarkan tentunya sanggup penuhi kebutuhan kamu.

Baca Juga: 5 Kamera Terbaik untuk Menunjang Aktivitas Fotografi Lanskap

Agung Prasetya Photo Verified Writer Agung Prasetya

Salah satu cara berbagi ilmu dengan menuliskannya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya