Comscore Tracker

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Laptop untuk Anak Sekolah 

Laptop menjadi barang wajib untuk sekolah online

Di tengah pandemi yang belum berakhir hingga sekarang ini, menuntut anak-anak untuk tetap belajar secara daring dengan waktu yang makin diperpanjang.

Sehingga, demi menunjang keberlangsungan anak-anak dalam belajar, kita sebagai orang tua perlu mempersiapkan sarana belajar seperti laptop. Laptop lebih dibutuhkan karena fungsinya yang cukup banyak, serta memiliki tingkat mobilitas tinggi yang tidak merepotkan anak dalam belajar.

Berkaitan dengan hal tersebut, coba perhatikan lima hal penting ini sebelum membeli laptop untuk anak sekolah. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Webcam 

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Laptop untuk Anak Sekolah Pexels.com/August de Richelieu

Webcam merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang aktivitas belajar secara daring, terlebih jika aktivitas belajar online di rumah lebih condong dengan metode telekonferensi.

Untuk itu, kita perlu menggunakan sebuah laptop dengan webcam beresolusi setidaknya HD 1080p, dan untuk kebutuhan jangka panjang ada baiknya jika kita menggunakan laptop dengan webcam beresolusi 4K jika memiliki dana lebih.

2. Layar  

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Laptop untuk Anak Sekolah Pexels.com/Hasan Albari

Untuk memaksimalkan kenyamanan anak saat belajar di depan laptop, maka kita juga perlu memperhatikan aspek layar yang ada pada sebuah laptop.

Untuk optimasi warna yang mendekati tingkat akurasi yang baik kita membutuhkan sebuah laptop dengan layar berteknologi IPS, serta upayakan untuk mencari sebuah laptop dengan antiglare yang mampu meminimalkan silau, sehingga nyaman di pandang oleh mata dalam durasi waktu lama.

Baca Juga: Jangan Buru-buru, Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Mulai Memakai Laptop Baru

3. Memori RAM 

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Laptop untuk Anak Sekolah tipsmake.com

Meskipun laptop untuk kebutuhan anak sekolah tidak membutuhkan spesifikasi yang spesifik seperti laptop untuk bekerja, namun pemilihan kapasitas memori RAM sangat berpengaruh terhadap peforma yang dihasilkan.

Untuk memaksimalkan aktivitas telekonferensi yang mungkin saja bersamaan dengan mengerjakan beberapa sheet tugas, maka setidaknya kita membutuhkan laptop dengan kapasitas memori RAM minimal 4GB atau di atasnya.

4. Mobilitas 

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Laptop untuk Anak Sekolah techradar.com

Merupakan salah satu korelasi yang tidak bisa lepas dari tas, tentunya sebuah laptop yang ringan merupakan pilihan tepat untuk dijadikan daily driver bagi anak-anak.

Karena dengan memilih laptop dengan bobot dan dimensi yang ringan, anak-anak tidak merasa terbebani saat membawa sebuah laptop ke dalam tas sekolah mereka nanti.

5. Baterai 

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Laptop untuk Anak Sekolah fr.ifixit.com

Merupakan salah satu aspek yang juga memiliki keterkaitan terhadap poin mobilitas, pastinya kita membutuhkan sebuah laptop dengan kapasitas daya baterai tinggi agar laptop tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Di samping itu, kita juga perlu memperhatikan aspek teknologi pengisian yang dibawakan oleh sebuah laptop. 

 

Nah, itulah lima hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop untuk anak sekolah. Dengan lima hal di atas, kita dapat menentukan sebuah laptop yang tepat dan ideal untuk menunjang aktivitas belajar daring anak selama pandemi.

Baca Juga: 7 Tips Membeli Laptop untuk Online Meeting, Penting untuk Diketahui!

Agung Prasetya Photo Verified Writer Agung Prasetya

Salah satu cara berbagi ilmu dengan menuliskannya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya