Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kamera Retro dengan Spesifikasi Mumpuni 

Tampilan klasik, namun, memiliki spesifikasi menarik

Kamera retro merupakan salah satu jenis konsep konstruksi kamera yang mengusung genre klasik. Kamera dengan genre retro memiliki desain tampilan yang secara umum seperti kamera klasik tempo dulu. Kamera dengan jenis ini banyak diminati oleh kalangan antusias fotografi sehingga banyak sekali produsen kamera yang memproduksi kamera retro.

Untuk itu, pada artikel kali ini penulis akan memberikan ulasan mengenai sederet rekomendasi kamera retro dengan spesifikasi mumpuni. Apa saja daftarnya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Fujifilm X-Pro3

5 Rekomendasi Kamera Retro dengan Spesifikasi Mumpuni potret Fujifilm X-Pro3 (thedigitaltrekker.com)

Sebagai produsen kamera yang sangat produktif, tentu Fujifilm memiliki varian kamera retro yang memiliki kualitas unggulan. Ditujukan untuk kebutuhan profesional, kamera retro ini memiliki dukungan spesifikasi dan fitur yang cukup mumpuni.

Sebagai salah satu fitur yang cukup menarik, Fujifilm X-Pro3 memiliki konfigurasi layar yang disajikan secara tersembunyi. Di samping itu, kamera ini juga memiliki dukungan jendela bidik OLED yang mampu mendongkrak performa fotografi.

Untuk spesifikasi, Fujifilm X-Pro3 memiliki konfigurasi berupa:

  • Sensor: APS-C;
  • Lens mount: Fujifilm X;
  • Megapixels: 26.1;
  • Max video resolution: 4K;

Untuk harganya, Fujifilm membanderol kamera ini sekitar Rp30,9 juta.

2. Leica Q2 Monochrom

5 Rekomendasi Kamera Retro dengan Spesifikasi Mumpuni potret Leica Q2 Monochrom (leicarumors.com)

Hadir dengan konfigurasi sensor full frame yang memiliki resolusi cukup tinggi, kamera retro ini sangat cocok jika digunakan untuk menunjang aktivitas fotografi low light. Tak hanya itu saja, kamera ini juga memiliki dukungan perekaman video 4K 30fps yang sangat cocok untuk aktivitas produksi video.

Untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna saat menggunakan kamera ini, Leica Q2 Monochrom hadir dengan dukungan layar touchscreen. Tak ketinggalan, kamera ini juga memiliki desain kompak yang memiliki nilai mobilitas tinggi.

Untuk spesifikasi, Leica Q2 Monochrom memiliki konfigurasi berupa:

  • Sensor: Full frame;
  • Lens mount: Summilux 28mm f/1.7;
  • Megapixels: 47.3;
  • Max video resolution: 4K;

Untuk harganya, Leica Q2 Monochrom dibanderol sekitar Rp100 juta.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto Retro, Serupa Jepretan Kamera Analog!

3. Olympus OM-D E-M10 Mark IV

5 Rekomendasi Kamera Retro dengan Spesifikasi Mumpuni potret Olympus OM-D E-M10 Mark IV (digitaltrends.com)

Ditujukan untuk kalangan pemula yang ingin mendalami fotografi secara serius, kamera yang satu ini memiliki konfigurasi spesifikasi yang tidak tanggung-tanggung. Untuk memaksimalkan kualitas fotografi, kamera ini mengusung penggunaan lensa Micro Four Thirds.

Sementara itu, untuk memaksimalkan performa di sektor videografi, Olympus OM-D E-M10 Mark IV mendukung perekaman video dengan resolusi 4K UHD. Sehingga, dari segala aspek yang dibawakan, kamera ini sangat cocok untuk menunjang kebutuhan fotografi dan videografi.

Untuk spesifikasi, Olympus OM-D E-M10 Mark IV memiliki konfigurasi berupa:

  • Sensor: Micro Four Thirds;
  • Lens mount: MFT;
  • Megapixels: 20.3;
  • Max video resolution: 4K UHD;

Untuk membeli Olympus OM-D E-M10 Mark IV , kamu perlu menyediakan budget sekitar Rp11,6 juta.

4. Panasonic Lumix GX9

5 Rekomendasi Kamera Retro dengan Spesifikasi Mumpuni potret Panasonic Lumix GX9 (maqshow.com)

Ditujukan untuk kalangan pemula yang ingin mendalami fotografi, kamera retro dengan konsep mirrorless ini mengusung penggunaan sensor Micro Four Thirds. Kemudian, untuk memaksimalkan kenyamanan dan produktivitas, kamera ini memiliki dukungan layar touchscreen yang sangat mudah untuk dioperasikan.

Tak hanya itu saja, Panasonic Lumix GX9 juga memiliki dukungan jendela bidik elektronik yang sangat membantu aktivitas fotografi di kalangan pemula. Sehingga, dari berbagai aspek yang ditawarkan, kamera ini merupakan gear yang sangat tepat bagi kalangan pemula yang ingin mendalami bidang fotografi.

Untuk konfigurasi, Panasonic Lumix GX9 memiliki dukungan spesifikasi berupa:

  • Sensor: Micro Four Thirds;
  • Lens mount: Micro Four Thirds;
  • Megapixels: 20.3;
  • Max video resolution: 4K;

Untuk harganya, Panasonic membanderol kamera ini sekitar Rp11,1 juta.

5. Nikon Z fc

5 Rekomendasi Kamera Retro dengan Spesifikasi Mumpuni potret Nikon Z fc (vesinhnhasaigon.net)

Tak ingin kalah saing dengan jajaran produk buatan kompetitornya, Nikon juga memiliki varian kamera retro yang memiliki spesifikasi unggulan. Hadir dengan sensor berbasis APS-C, kamera mirrorless buatan Nikon ini sangat cocok jika digunakan untuk kalangan pemula.

Sebagai dukungan yang cukup menambah produktivitas fotografi, Nikon Z fc memiliki dukungan layar touchscreen. Serta, untuk menghasilkan kualitas video yang berkualitas, kamera ini juga mendukung format perekaman video beresolusi 4K.

Untuk spesifikasi teknis, Nikon Z fc memiliki konfigurasi berupa:

  • Sensor: APS-C;
  • Lens mount: Nikon Z (DX-format);
  • Megapixels: 20.9;
  • Max video resolution: 4K;

Untuk harganya, Nikon Z fc dibanderol sekitar Rp18 juta.

Jika melihat dukungan spesifikasi yang dibawakan oleh kelima kamera retro di atas, tentu kelima kamera tersebut sangat cocok untuk dijadikan gear kamera utama di tahun 2022. Meskipun, kelima kamera tersebut memiliki desain klasik, secara teknis spesifikasi yang dibawakan juga cukup menarik. Adakah kamera impianmu dari sederet rekomendasi kamera di atas?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kamera untuk yang Hobi Fotografi Makro 

Agung Prasetya Photo Verified Writer Agung Prasetya

Salah satu cara berbagi ilmu dengan menuliskannya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya