Comscore Tracker

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!

Ada game yang bahkan mencapai 100 variasi ending 

Game single player banyak yang mempunyai jalan cerita yang menarik untuk diikuti. Ada cerita yang linear, di mana apapun yang terjadi, kita sebagai pemain mau tidak mau harus mengikuti jalan cerita yang ada dengan ending yang standar.

Adapun game dengan jalan cerita bercabang dan variatif dengan banyaknya pilihan yang ada ataupun banyaknya karakter yang dimainkan, di mana hal tersebut akan berpengaruh dengan akhir cerita dari game yang kita mainkan.

Dengan banyaknya variasi ending yang tersedia dalam suatu game, memaksa para pemain untuk menyelesaikan game dengan cara yang berbeda-beda untuk mendapatkan semua ending yang ada.

Banyaknya ending yang tersedia dalam game sangat beragam, dimulai dari good ending, bad ending, sampai secret ending di mana hanya sedikit orang saja yang bisa dapat ending tersebut.

Lantas, apa saja game dengan variasi ending terbanyak dan bikin kamu harus memainkannya berulang kali? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Man of Medan (7 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!gamewatcher.com

Man of Medan adalah game yang dibuat oleh Supermassive Games yang dirilis pada tahun 2019 lalu. Game ini menceritakan sekelompok pemuda yang sedang berlibur di Samudera Pasifik dan secara tidak sengaja dirampok ditengah laut oleh para perompak.

Para perompak tersebut menawan para pemuda itu dan kebetulan menemukan kapal besar yang bernama 'SS Ourang Medan'. Para perompak tersebut percaya jika di kapal tersebut ada harta karun dan membawa tawanan mereka ke kapal. Mereka semua tidak tahu apa bahaya yang menunggu mereka di sana.

Pemain akan memainkan kelima pemuda sebagai karakter utama. Banyak sekali opsi yang dapat dipilih, di mana pilihan tersebut akan menentukan apakah semua karakter selamat, hanya sebagian yang selamat, atau seluruh pemuda tersebut tidak ada yang selamat.

2. Beyond Two Souls (11 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!greenmangaming.com

Beyond Two Souls merupakan game besutan developer asal Perancis, Quantic Dream. Game ini dibintangi juga oleh artis papan atas Hollywood seperti Ellen Page dan Willem Dafoe.

Dirilis pada tahun 2013 lalu dan mengusung genre interactive story, di mana kita seperti menonton film dan tinggal menentukan pilihan yang ada dengan sedikit QTE untuk membuat game terasa lebih hidup.

3. Chrono Trigger (13 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!freegametips.com

Chrono Trigger adalah game yang dirilis pada tahun 1995 yang dikembangkan oleh Square Co. (sekarang Square Enix). Game yang mengusung tema JRPG tersebut menyajikan visual 2D dan menceritakan tema yang sangat menarik, yaitu time travel.

Chrono Trigger disebut-sebut sebagai salah satu game JRPG terbaik sepanjang masa karena elemen-elemen yang ditawarkan sangat menarik dan kompleks, dimulai dari kota, dungeon, serta karakter yang ada sangat menarik untuk dimainkan, bahkan sampai berulang kali untuk mendapatkan seluruh endingnya.

4. The Witcher 2: Assassins of Kings (16 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!cdkeybay.com

The Witcher 2: Assassins of Kings adalah game kedua dari trilogi kebanggaan dari CD Projekt Red. Game yang dirilis pada tahun 2011 ini diadaptasi dari seri novel fantasi berjudul sama karangan Andrzej Sapkowski.

The Witcher mengisahkan seorang pemburu monster bernama Geralt of Rivia. Sepanjang kita memainkan Geralt, akan banyak pilihan yang disajikan di mana pilihan tersebut akan menentukan ending yang kita dapatkan nantinya.

5. Fallout: New Vegas (33 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!ab-gaming.com

Fallout: New Vegas adalah game milik Bethesda Softwork yang dirilis pada tahun 2010. Game yang mengusung tema post-apocalyptic ini merupakan sebuah spin-off dari franchise Fallout.

Cerita yang ada pada game ini cukup menarik, karena kita akan dibawa ke tahun 2077 di mana perang nuklir sudah terjadi. Kita sebagai pemain akan memainkan karakter Courier, seorang pengantar paket yang mencoba bertahan hidup di dunia tersebut.

6. The Witcher 3: Wild Hunt (36 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!girlsongames.ca

The Witcher 3: Wild Hunt disebut-sebut sebagai game terbaik sepanjang masa dan mendapatkan penghargaan Game of The Year di tahun yang sama pada saat perilisannya. Game yang juga menjadi akhir dari trilogi 'The Witcher' ini mengisahkan Geralt mencari putri angkatnya yang sedang diburu oleh 'Wild Hunt'.

Ending dari game ini sangat beragam dan variatif, di mana banyak sekali tokoh yang terlibat dan kita sebagai pemain dapat menentukan nasib dari setiap karakternya.

Baca Juga: 8 Tempat Rahasia yang Harus Bisa Kamu Temukan di Dunia Video Game

7. Detroit Become Human (40 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!pemmzchannel.com

Detroit Become Human merupakan game terakhir yang dirilis oleh Quantic Dream pada tahun 2018 lalu. Dunia yang ditawarkan game ini sangat menarik, karena ber-setting di masa depan, di mana manusia hidup berdampingan dengan para android.

Dalam game ini kita akan memainkan tiga karakter, yaitu Kara, android yang kabur dari pemiliknya dan berusaha melindungi seorang gadis muda, lalu Connor, android yang membantu kepolisian untuk menangkap android liar, dan Markus, bertekad melepaskan android dari perbudakan manusia.

8. Fallout 2 (47 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!desktopbackground.org

Fallout 2 adalah game bertema post-apocalyptic lainnya yang dirilis pada tahun 1998. Dunia yang diambil pada seri ini adalah 164 tahun pasca perang nuklir di mana dunia semakin dekat dengan kehancurannya.

Kita sebagai pemain akan berperan sebagai keturunan dari pahlawan yang berusaha menyelamatkan manusia yang tersisa. Pemain akan memiliki misi utama, yaitu menemukan Garden of Eden Creation Kit yang berguna untuk mengembalikan lingkungan seperti sebelum perang nuklir terjadi.

9. Star Ocean: The Second Story (87 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!playstationlifestyle.net

Star Ocean: The Second Story dirilis pada tahun 1998, dan setahun setelahnya untuk Amerika Serikat. Namun, banyak yang kecewa dengan versi barat karena merasa tidak cocok dengan penerjemahan maupun suara yang ada pada game tersebut.

Pada game ini, kita dapat memilih di antara dua karakter yang ada, yaitu Rene atau Claude. Sepanjang jalan saat memainkan kedua karakter tersebut, kita akan disuguhkan berbagai pilihan yang akan menentukan ending-nya.

10. Star Ocean: Second Evolution (100 variasi ending)

10 Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Nagih dan Main Berulang Kali!minitokyo.net

Game yang memiliki ending terbanyak adalah Star Ocean: Second Evolution dengan 100 variasi ending. Game ini adalah remake dari Star Ocean: The Second Story yang dibuat oleh Square Enix.

Game yang dirilis pada tahun 2008 ini mengubah mekanik gameplay dan juga mengubah grafik menjadi semakin nyaman dilihat mata. Masih memiliki inti cerita yang sama dengan game sebelumnya, tapi game ini mendapat beberapa tambahan kisah lagi yang akan memperdalam latar belakang dari setiap karakternya.

 

Itulah sepuluh game dengan variasi ending terbanyak. Seluruh game tersebut memberi kebebasan pada pemain untuk memilih ending yang diinginkan oleh pemain. Bikin nagih pokoknya, deh!

Hal ini cukup baik karena dengan banyak pilihan, maka akan semakin banyak kemungkinan game tersebut akan dimainkan kembali agar kita sebagai pemain bisa mengetahui semua ending yang ada.

Baca Juga: 7 Game dengan Sejarah Alternatif Tergila yang Pernah Ada

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya