Comscore Tracker

6 Gadget VR Terbaik di Pasaran, Punya Sensasi Inderawi Nyata

Grafis dan gameplay video games semakin mendekati kenyataan

Dunia game adalah salah satu cabang teknologi komputer yang paling cepat berkembang. Dalam kurun waktu 20 tahun, teknologi grafis video sudah mencapai kualitas yang photorealistic dengan engine Unreal 4 saat ini.

Muncul pertanyaan, setelah grafis yang hampir mendekati kenyataan, teknologi apalagi yang bisa didorong kemajuannya? Ternyata teknologi virtual reality yang dikembangkan sejak 1970-an ikut mengalami perkembangan pesat dengan adanya teknologi grafis dan storage yang semakin canggih. Visi tersebut bisa dilihat di film Ready Player One, dimana teknologi VR bisa mengikutsertakan interaksi pancaindera manusia.

Tidak hanya berhenti di imajinasi film, 6 teknologi VR immersive tinggi seperti di film-film itu kini telah hadir di pasaran. Ada apa saja? Langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. VRfree Gloves

https://www.youtube.com/embed/eva3UG6bRyI

VRfree® adalah satu-satunya sistem saat ini yang menggabungkan pelacakan tangan dan jari seluler 3D penuh tanpa memerlukan kabel atau referensi eksternal. Gadget VR persembahan Sensoryx ini adalah sarung tangan VR pertama yang disesuaikan secara khusus dengan kebutuhan dan keinginan penggemar VR, terutama mereka yang ingin menggunakannya dengan aplikasi portabel.

Iya, kamu bisa membawanya kemana-mana tanpa harus ribet berurusan dengan kabel yang semrawut atau power supply yang berat. Untuk saat ini, satu set Sensoryx VRfree masih dibanderol dengan harga 320 dolar Amerika atau sekitar Rp4,5 juta.

2. Haptic Feedback Gloves

https://www.youtube.com/embed/58qVOs8JdFo

Sarung Tangan Haptic adalah perangkat yang dapat dikenakan yang mensimulasikan sensasi sentuhan objek virtual. Saat diaktifkan, sarung tangan haptic memberikan umpan balik yang nyata tentang sensasi sentuhan saat memegang benda virtual. Umpan balik meliputi suhu, berat, ukuran (diameter) objek, dan umpan balik visual akan diberikan menggunakan antar muka Matlab.

Aplikasi yang potensial untuk sarung tangan haptic termasuk penggunaan dalam virtual reality, pengendalian drone SAR, pengendalian drone medis, pengendalian drone biologi laut, bermain game (seperti bermain tenis Wii, tetapi Anda benar-benar bisa merasakan bola mengenai sweet spot itu), belanja online, dan fisioterapi.

Saat ini banyak perusahaan teknologi seperti Haptx, Senseglove, dan Arxiv mulai memproduksi sarung tangan VR Haptic ini dan saling bersaing dalam meningkatkan performa dan memperkecil latency sehingga responnya semakin real time. Untuk saat ini harganya bervariasi tergantung fungsi, seperti Plexus/Plexus VR Glove dengan sensor haptic saja masih berkisar di harga 249 dolar Amerika atau sekitar Rp3,5 juta-an, sedangkan Dexta Robotics/Dexmo VR Glove dengan sensor Force feedback/hand tracking masih dibanderol seharga 12 ribu dolar Amerika atau setara Rp170,5 juta.

Baca Juga: 5 Konsol Game Jadul yang pernah Bikin Perangkat Virtual Reality

3. Cybershoes

https://www.youtube.com/embed/OXrVXT1HVhI

Tidak hanya tangan yang bisa mendapat sensasi virtual reality, kaki sebagai organ mobilitas manusia yang utama juga bisa menggunakannya. Kini hadir gadget bernama Cybershoes yang memungkinkan kita melakukan mobilitas virtual yang lebih immersive di game-game VR.

Cybershoes oleh Oculus Quest, aksesori VR yang dikenakan di kaki kamu ini memungkinkan untuk berjalan dan berlari melalui dunia virtual reality. Dengan menggunakan kursi yang bisa berputar mengelilingi porosnya Cybershoes membuat kalian bisa berjalan dalam game. Dengan cara duduk dan setengah berjalan, ini memastikan Cybershoes nyaman dan aman.

Karena menggunakan roller, Cybershoes tidak memerlukan penopang permukaan khusus kecuali sebuah karpet. Saat ini Cybershoes dibanderol dengan harga 369 dolar Amerika atau setara Rp5,3 juta-an.

4. Kat Walk

https://www.youtube.com/embed/aV0vE_bS1dM

Jika ingin sensasi yang lebih bebas daripada Cybershoes tanpa harus duduk, Kat Walk mungkin bisa menjadi alternatif. Kat Walk yang merupakan produk KAT-VR.com ini memungkinkan kita berjalan layaknya seperti di atas treadmill tanpa harus duduk, sehingga pergerakan bebas bisa terjadi.

Untuk versi mini, Kat Walk Mini yang lebih praktis dan tidak makan tempat dibanderol dengan harga 2,7 ribu dolar Amerika atau setara Rp38,4 juta-an.

5. Looxid Link

https://www.youtube.com/embed/TtPMtYeFegw

Untuk gadget satu ini mungkin berada satu level di atas gadget-gadget VR yang lain karena memungkinkan untuk menggunakan gelombang otak untuk menciptakan pergerakan bebas dalam software VR atau video game. Sebenarnya, Looxid Links sendiri awalnya adalah alat untuk mendeteksi gangguan otak seperti dementia, insomnia maupun ADHD. 

Gadget yang diproduksi oleh Looxidlabs yang mempunyai kantor di Seoul dan Daejeon di Korea serta Irvine di Amerika Serikat ini berpartner dengan perusahaan-perusahaan dan institut terkenal seperti Samsung, Max Planck Institute, NASA, dan Wolfram. Harga yang dipatok untuk Looxid Link ini masih cukup terjangkau yaitu sekitra 299 dolar Amerika atau setara dengan Rp4,3 juta-an.

6. Haptic Suit

https://www.youtube.com/embed/TojeeAoqdSU

Tidak cukup sampai sensasi sentuh, berat dan pengendalian secara pikiran, kini hadir pula bodysuit atau rompi vibrasi. Yang saat ini hadir di pasaran adalah Tactsuit dari perusahaan Korea, bHaptics dengan harga mulai dari 299 dolar Amerika atau sekitar Rp4,3 juta-an untuk TactSuit X16 dengan 16 titik vibrasi dan 499 dolar Amerika Rp7 juta untuk TactSuit X40 dengan 40 titik vibrasi.

Tersedia pula Teslasuit dari VR Electronics Ltd, perusahaan dari Wales, Inggris yang menawarkan 80 kanal elektrostimulasi dan 10 sensor motion capture internalUntuk harga Teslasuit, versi Pioneer dibanderol seharga 1,5 ribu dolar Amerika atau setara Rp21,3 juta dan versi Prodigy dibanderol seharga 2,75 ribu dolar Amerika atau setara Rp39 juta.

Itulah 6 gadget virtual reality terkini yang mampu memberikan sensasi immersive tinggi seperti di film Ready Player One. Siapkah kalian merogoh kocek untuk merasakan sensasi virtual reality yang makin mendekati kenyataan?

Baca Juga: 5 Alasan Xiaomi Mi 11 Ultra Cocok untuk Jadi Gadget-mu di 2021

Akhmad Alfan Rahadi Photo Verified Writer Akhmad Alfan Rahadi

Patience and preserverence Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya