Comscore Tracker

Kecil-kecil Cabai Rawit, Ini Alasan Poco M5 Pakai Helio G99

Performa bintang lima, harga kaki lima!

Pada awal November 2022, Poco merilis M5, seri M selanjutnya dalam portfolio Poco. Mengusung gagasan "Performa Ekstrem, Harga Ekstrem", M5 menawarkan kinerja gaming dan content creation terbaik di kelasnya dengan harga terjangkau, hanya Rp2,3 juta!

Untuk mendukung kinerjanya, Poco membekali M5 dengan berbagai komponen tergahar. Salah satunya adalah SoC buatan MediaTek, Helio G99. Apa rahasia di balik penggunaan Helio G99 di Poco M5?

Terbukti lewat skor AnTuTu

Kecil-kecil Cabai Rawit, Ini Alasan Poco M5 Pakai Helio G99POCO M5 (dok. POCO)

Dalam webinar pada Selasa (6/12), Program Manager, Customer, MediaTek, ChuChuan Yen, mengatakan bahwa saat ini, G99 adalah SoC TSMC berfabrikasi 6nm paling tangguh di dunia untuk gaming saat ini. Selain gaming, G99 juga menawarkan komputasi andal dan dukungan tampilan refresh rate 120Hz serta kamera hingga 108MP.

Yen mengatakan bahwa hasil AnTuTu G99 35 persen lebih baik dibanding kompetitor di kelasnya dan 5–8 persen lebih baik dibanding pendahulunya, G96. Setuju dengan pernyataan Yen, Product Marketing Manager POCO Indonesia, Jeksen, mengatakan bahwa skor AnTuTu yang dicapai oleh M5 adalah 332.289 di kelas harganya!

"Kontribusi besar untuk menjamin pengalaman gaming terbaik," tutur Yen.

Selain itu, Jeksen menambahkan bahwa M5 dilengkapi dengan fitur Game Turbo 5.0 yang bisa membantu para gamers. Meski menampilkan refresh rate DynamicSwitch 90Hz, layar FHD+ M5 memiliki touch sampling rate hingga 240Hz. Ditambah fitur NFC, Jeksen mengatakan bahwa HP ini jadi salah satu senjata terbaik Poco menutup 2022.

"Smartphone terbaik yang diburu di akhir tahun ini. Performa ekstrem dengan harga yang tidak kalah ekstrem," kata Jeksen.

Baca Juga: POCO M5 Series Resmi Hadir di Indonesia, Ada POCO M5 dan M5s

Teruji untuk gaming

Untuk menjamin kinerja terbaik, G99 memiliki CPU 8-core berbasis Cortex-A76 dengan kecepatan hingga 2,2GHz dan Cortex-A55 dengan 2.0GHz. Hasilnya, secara single core dan multi-core, CPU G99 lebih baik masing-masing 40 dan 20 persen dibanding kompetitornya.

Selain CPU, G99 juga dilengkapi dengan GPU produksi Arm, Mali-G57 MC2. Yen mengatakan bahwa GPU ini 75 persen lebih baik dibanding GPU kompetitornya. G99 juga mencetak waktu membuka aplikasi, dari aplikasi ringan sehari-hari sampai aplikasi gaming, hingga 50 persen lebih cepat di kelasnya.

Dalam presentasinya, Yen menjabarkan bahwa G99 sudah teruji menjalankan mobile game terkenal, seperti Genshin ImpactCall of Duty Mobile, hingga PUBG. Untuk game tersebut, Yen mengatakan bahwa tampilan frame rate bisa mencapai 30–60fps dengan kualitas grafik hingga HD dan Ultra.

Selain lebih gahar, Yen mengatakan bahwa G99 lebih hemat daya 20 persen dibanding kompetitornya, untuk gaming dan tampilan refresh rate tinggi. Untuk penggunaan sehari-hari, dari telepon sampai mengunduh file, G99 dijamin 10 persen lebih hemat daya.

“Dibanding kompetitor 6nm, G99 menawarkan kinerja efisien dan hemat daya untuk gaming, produktivitas, dan mobile photography," kata Yen

Tidak mau kalah dari koneksi 5G

Kecil-kecil Cabai Rawit, Ini Alasan Poco M5 Pakai Helio G99Poco M5 (po.co.id)

Sementara masa kini para produsen HP tengah berfokus ke dukungan 5G, Poco mengeluarkan M5 dengan Helio G99 yang adalah SoC 4G. Apakah ini berarti Poco tertinggal? Ternyata, tidak!

Menurut Country Director untuk Indonesia dan Filipina MediaTek, Cedric Chang, mengatakan bahwa 4G akan tetap bertahan karena penggunaannya luas di Indonesia. Head of Marketing POCO Indonesia, Andi Renreng, menambahkan bahwa sementara Indonesia sedang fokus dengan 5G, ini bukan berarti 4G sudah ditinggalkan.

Selain itu, Andi mengatakan bahwa Poco pernah menghadirkan seri 5G di lini M dengan M3 Pro 5G. Selain menjunjung performa, hadirnya M5 dengan SoC 4G menjadi pilihan bagi mereka yang terbatas di 4G, menurutnya.

"Sementara titik 5G menyebar, ini bukan berarti 4G ditinggalkan. Banyak daerah yang walaupun sudah fokus ke 5G, mereka juga memperkuat sinyal 4G. Jadi, adaptasi kecepatan akan memungkinkan dengan G99," papar Andi.

Baca Juga: POCO Indonesia Tantang Anak Muda untuk Menginspirasi dengan Kreasi

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya