Comscore Tracker

Waduh, Intel Tak Sengaja Bocorkan Spek Prosesor Generasi 13!

Tinggal tunggu rilis resminya, nih

Pada November tahun lalu, Intel merilis prosesor generasi ke-12 yang bertajuk "Alder Lake" dan prosesor Evo generasi ke-3. Agar tetap relevan di kompetisi, Intel memang berusaha terus merilis prosesor generasi terbaru tiap tahunnya.

Untuk 2022, Intel sudah memberi sedikit petunjuk mengenai perilisan prosesor Intel generasi ke-13, yang diberi nama "Raptor Lake". Malah, Intel tak sengaja membocorkan beberapa detail sebelum peluncurannya!

1. Bocor dan langsung dihapus

Waduh, Intel Tak Sengaja Bocorkan Spek Prosesor Generasi 13!bocoran fitur prosesor Intel Gen. 13 Raptor Lake (intel.ca)

Dalam perhelatan Intel Technology Tour 2022 di Israel, Intel mengonfirmasi bahwa central processing unit (CPU) prosesor generasi ke-13-nya akan mampu berpacu hingga 6GHz, dan 8GHz jika overclocked. Sehari setelahnya, Intel ternyata langsung merilis ringkasan spesifikasi untuk prosesor i5, i7, dan i9 Gen. 13.

Informasi ini tertera di laman web Intel di wilayah Kanada. Meski Intel tak lama langsung menghapus bocoran ini, informasi yang tertera sudah keburu terarsip di dunia maya. Tak sedikit juga yang sudah melihatnya dan mengabadikannya sebelum dihapus perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini.

Baca Juga: Intel Luncurkan Prosesor Generasi 12 dan Evo Generasi 3

2. Bocoran fitur generasi ke-13

Tak sengaja (atau sengaja) dibocorkan, Intel memaparkan beberapa fitur utama yang menjadi andalan prosesor generasi ke-13 ini. Fitur-fitur tersebut adalah:

  • i5-13600K:
    • Frekuensi maksimum 5,1GHz untuk performance core (P-core)
    • 14 cores dan 20 threads
  • i7-13700K:
    • Frekuensi maksimum 5,3GHz untuk P-core
    • 16 cores dan 24 threads
  • i9-13900K:
    • Frekuensi maksimum 5,4GHz untuk P-core
    • 24 cores dan 32 threads

Sebelumnya, presentasi Intel mengenai speks dan fitur Raptor Lake juga telah bocor di situs Jerman Igor's Lab sejak 8 September 2022. Selain DDR5-5600, Intel menjelaskan bahwa i7 dan i9 Generasi ke-13 akan menggunakan dua P-core dengan dorongan hingga 5,8GHz berkat sistem Intel Thermal Velocity Boost.

3. Tunggu tanggal mainnya!

Waduh, Intel Tak Sengaja Bocorkan Spek Prosesor Generasi 13!Intel Innovation yang akan digelar 27–28 September 2022 (intc.com)

Intel belum mengumumkan prosesor Raptor Lake secara resmi. Namun, dari berbagai sumber, Intel mengklaim bahwa dibanding proses generasi sebelumnya, performa prosesor Gen. 13 ini dijamin meningkat 15 persen (single-threaded) dan 41 persen (multi-threaded).

Klaim frekuensi 6GHz Intel jadi senjata barunya melawan AMD. Sebelumnya pada akhir Agustus, kompetitor sekaligus kompatriot Intel ini mengatakan bahwa prosesor 16-core-nya yang akan rilis pada akhir September ini, Ryzen 9 7950X akan berpacu hingga 5,7GHz. Meski akan terbukti nantinya, klaim Intel bisa memenangkan Intel tahun ini.

Itulah beberapa bocoran fitur prosesor Gen. 13 Intel, Raptor Lake. Untuk info selengkapnya, kemungkinan besar Intel akan mengumumkannya dalam acara Intel Innovation pada 27–28 September 2022, hari yang sama dengan tanggal perilisan Zen 4 Ryzen 7000 produksi AMD.

Baca Juga: Intel vs. AMD, Prosesor Mana yang Cocok buat PC Milikmu?

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya