Comscore Tracker

Usir Suara Bising Luar, 7 Earphone Bluetooth Terbaik 2021

Sepadan dengan harganya!

Earphone nirkabel atau wireless memberikan opsi menarik bagi para pencinta audio. Mengandalkan koneksi Bluetooth, wireless earphone memberikan pengalaman audio yang tidak kalah ciamik dibandingkan earphone berkabel. Earphone Bluetooth juga dilirik untuk menemani saat berolahraga karena tidak harus kesal terlilit kabel.

Meskipun mayoritas earphone wireless dijual dengan harga premium, sudah banyak yang dijual dengan harga "kaki lima". Tentu saja, ada harga, ada eargasm. Para pencinta audio, inilah 7 earphone Bluetooth dengan kinerja dan teknologi audio terbaik di tahun 2021! Siap khilaf lagi?

1. Sony WF-1000XM4

Usir Suara Bising Luar, 7 Earphone Bluetooth Terbaik 2021Sony WF-1000XM4 (sony.co.id)

Berbicara soal suara resolusi tinggi/Hi-Res dan wireless earphone dengan teknologi active noise-canceling (ANC), kita tentu tak akan lepas dari merek Sony. Dirilis awal Juli 2021, earphone Bluetooth WF-1000XM4 memberikan kinerja, desain, dan daya tahan terdepan di kelasnya.

Berdesain closed-back dengan prosesor SoC V1 dan driver 6mm, WF-1000XM4 menawarkan fitur-fitur cerdas yang membuat pengalaman mendengarkan musik lain daripada yang lain dan tetap terkoneksi dengan lingkungan sekitar. Download aplikasi "Sony | Headphones Connect" untuk menikmati fitur-fitur cerdasnya.

Dengan respons hingga 40kHz dan pengiriman data lebih cepat, earphone ini menyandang label Hi-Res. Yang perlu diperhatikan adalah WF-1000XM4 memiliki baterai hanya 8 jam (16 jam dengan charging case). Selebihnya? Benar-benar sepadan di harga Rp4 juta!

2. Sony WF-1000XM3

Usir Suara Bising Luar, 7 Earphone Bluetooth Terbaik 2021Sony WF-1000XM3 (bestbuy.com)

Dirilis pada 2019, pendahulu WF-1000XM3 tetap relevan dua tahun setelahnya. Meskipun WF-1000XM4 sudah hadir, fitur-fitur di earphone tersebut sebenarnya sudah ada sejak WF-1000XM3. Hanya saja, jika kamu mengincar stiker Hi-Res, WF-1000XM3 tidak mendukungnya.

Berbekal prosesor QN1e dan spesifikasi yang mirip WF-1000XM4, suara yang dihasilkan WF-1000XM3 jernih tanpa distorsi dan benar-benar terkunci dari suara bising luar. Tentu saja, fitur cerdas earphone ini dapat disesuaikan lewat aplikasi, sehingga tetap membuatmu awas dengan lingkungan sekitar.

Meskipun tidak Hi-Res, WF-1000XM3 menawarkan desain yang ergonomis, kualitas suara apik, dengan kinerja noise-canceling yang terbaik di kelas harganya. Untuk harganya, kamu bisa membawa pulang WF-1000XM3 di harga Rp3,5 juta.

3. Cambridge Audio Melomania 1+

Usir Suara Bising Luar, 7 Earphone Bluetooth Terbaik 2021Cambridge Audio Melomania 1+ (cambridgeaudio.com)

Datang dari Inggris, Cambridge Audio menawarkan Melomania 1+. Dari segi suara, Melomania 1+ menawarkan soundstage yang luas serta detail yang mumpuni. Karena tahan keringat, earphone ini juga cocok untuk menemanimu berolahraga dengan baterai 9 jam (45 jam dengan charging case)!

Untuk mengatur Melomania 1+, kamu dapat menggunakan aplikasi "Melomania by Cambridge Audio". Selain itu, earphone ini mendukung codec aptX dan AAC sehingga kualitas suara terjamin. Dengan desain yang diperbarui, memasang Melomania 1+ semakin mudah.

Namun, Melomania 1+ tidak memiliki fitur ANC yang menangkal suara luar dan kamu hanya mengandalkan eartips-nya. Kamu dapat membeli Melomania 1+ di harga US$139,95 (sekitar Rp2 jutaan).

Baca Juga: Rekomendasi 7 Headphone Paling Jernih untuk Produser Musik

4. Lypertek PurePlay Z3 (Tevi)

Usir Suara Bising Luar, 7 Earphone Bluetooth Terbaik 2021Lypertek PurePlay Z3 (Tevi) (techpowerup.com)

Sebelumnya disebut Tevi, Lypertek PurePlay Z3 masuk ke jajaran salah satu earphone Bluetooth terbaik di kelas harganya yang relatif murah. Jangan salah, di balik harganya, spesifikasi yang ditawarkan PurePlay Z3 tidak main-main!

Dengan driver berbahan grafena dan chipset Qualcomm, PurePlay Z3 menjanjikan performa audio yang tidak kalah bagus. Suaranya dicirikan netral, sehingga cocok untuk para audiophile. Seperti Cambridge Audio dan Sony, PurePlay Z3 dapat disesuaikan lewat aplikasi "PureControl".

Kedap air dan tahan lama dengan baterai 10 jam (70 jam dengan charging case), PurePlay Z3 tidak main-main di harganya. Berapa? US$89,90 (Rp1,3-1,4 juta)!

5. Grado GT220

Usir Suara Bising Luar, 7 Earphone Bluetooth Terbaik 2021Grado GT220 (cnet.com)

Terkenal karena headphone open-back-nya, Grado juga menawarkan wireless earphone GT220. Meskipun tidak dibekali dengan fitur ANC, GT220 membuktikan kalau performa suara lebih utama daripada fitur-fitur yang sophisticated.

Mendukung codec aptX, AAC, dan SBC, GT220 memberikan suara yang cocok bagi para audiophile dengan mid yang netral dan bass yang nendang. Selain itu, GT220 juga mendukung fitur wireless charging selain USB-C. Berbicara soal baterai, GT220 kuat hingga 6 jam (36 jam dengan charging case).

Dengan IPX4, kamu dapat membawa GT220 sehari-hari untuk menemanimu joging atau berolahraga santai. Grado GT220 dapat kamu bawa pulang di harga Rp3,9 juta.

6. Sennheiser Momentum True Wireless 2

Usir Suara Bising Luar, 7 Earphone Bluetooth Terbaik 2021Sennheiser Momentum True Wireless 2 (techadvisor.com)

Beradaptasi dengan pasar earphone Bluetooth, produsen audio legendaris Jerman, Sennheiser, menawarkan Momentum True Wireless 2. Dibekali dengan dynamic drivers, earphone Bluetooth ini mengeluarkan suara yang melingkupi segala sektor, dari tingginya treble hingga rendahnya bass.

Earphone ini juga memiliki fitur ANC sehingga suara luar tidak mengganggu pengalaman audio. Pengaturan Momentum True Wireless 2 dapat dilakukan via aplikasi "Sennheiser Smart Control".

Layaknya Sony, Momentum True Wireless 2 juga mendukung berbagai fitur-fitur cerdas seperti pause otomatis saat earphone dilepaskan, hingga kontrol suara Siri dan Google Assistant. Tahan 7 jam (28 jam dengan charging case) dan desain ergonomis, Sennheiser Momentum True Wireless 2 dibanderol seharga Rp4,5 juta.

7. Bowers & Wilkins PI7

Usir Suara Bising Luar, 7 Earphone Bluetooth Terbaik 2021B&W PI7 (bowerswilkins.com)

Terakhir, Bowers & Wilkins (B&W) menawarkan PI7 sebagai salah satu wireless earphone terbaik untuk dimiliki. Terkenal sebagai produsen speaker, B&W memberikan segala fitur terbaik untuk PI7.

PI7 dibekali dengan dual hybrid driver dengan amplifier dan didesain dengan Qualcomm aptX Adaptive untuk menghasilkan suara 24-bit yang murni di segala sektor. Selain itu, PI7 juga mendukung fitur ANC agar suara bising dari luar tidak mengganggu pengalaman mendengarkan audio.

PI7 juga memiliki 6 mikrofon agar telepon lebih jernih. Sayangnya, daya tahan yang ditawarkan hanya 4 jam (16 jam dengan charging case). Untungnya, case cerdas PI7 memiliki fitur audio retransmission dan fast-charging secara wireless. Untuk B&W PI7, kamu harus merogoh kocek sedalam Rp9 jutaan

Itulah 7 earphone Bluetooth yang direkomendasikan bagi para audiophile. Terlepas dari harganya yang premium, fitur yang ditawarkan dan suara yang dihasilkan pun membuat pendengarnya puas! Jadi, mau pilih yang mana, nih? Lebih baik nyesel beli, daripada nyesel gak beli.

Baca Juga: Ini 8 Headphone Wireless Paling Merdu di 2020, Siapkan Budget Kamu!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya