Comscore Tracker

Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!

Dari laptop hingga ponsel lipat!

Sebelumnya, Microsoft mengumumkan Windows 11 pada Juni 2021 lalu. Kembali lagi pada Rabu (22/9/2021) pukul 10 malam waktu setempat, Microsoft kembali menggelar acara peluncuran lini produk yang dapat disaksikan melalui akun Twitter atau situs resmi Microsoft.

Di acara yang bertajuk "Surface" ini, Microsoft kembali meluncurkan produk-produk lini Surface terbaru kepada dunia. Kali ini, Microsoft menawarkan 7 produk utama! Apa saja?

1. Surface Pro 8

Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!Surface Pro 8 (Dokumentasi Microsoft)

Pertama, Microsoft meluncurkan Surface Pro 8, sebuah gebrakan besar bagi Microsoft sejak Surface Pro 3 pada 2014. Dari segi layar, Surface Pro 8 mengusung layar sentuh berukuran 13 inci berteknologi PixelSense Flow dengan refresh rate 120Hz yang adaptif. Surface Pro 8 mendukung Dolby Vision dan Adaptive Color Technology.

Selain baterai yang dijamin tahan hingga 16 jam, Surface Pro 8 mengusung prosesor Intel Gen 11 atau Tiger Lake dari varian Core i3 sampai Core i7, RAM sebesar 32GB dan penyimpanan internal hingga 1TB. Keyboard Surface Pro 8 juga menyertakan dukungan untuk pengisian daya Surface Slim Pen 2.

Surface Pro 8 disertai dengan port USB-C Thunderbolt 4 untuk terhubung dengan layar beresolusi 4K, terhubung dengan penyimpanan hingga GPU eksternal, sehingga cocok untuk gaming. Surface Connect pada Surface Pro 8 dapat digunakan untuk mengisi daya. Surface Pro 8 hadir mulai dari harga mulai dari US$1.100 (Rp15,65 juta).

2. Surface Go 3

Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!Surface Go 3 (Dokumentasi Microsoft)

Terakhir meluncurkan Surface Go 2 pada Mei 2020 lalu, Microsoft kembali merilis penerusnya, yaitu Surface Go 3. Dengan Surface Go 3, Microsoft menawarkan laptop dengan "harga kaki lima, performa bintang lima". Surface Go 3 mengusung layar 10,5 inci beresolusi 1920x1080p.

Perbedaan yang mencolok antara Surface Go 3 dan pendahulunya adalah jeroannya. Selain menggunakan Windows 11, Microsoft membekali Surface Go 3 dengan prosesor Intel Pentium Gold 6500Y dan Intel Core i3-10100Y, dan mengklaim kalau Surface Go 3 lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Kamera selfie pada Surface Go 3 juga sudah mendukung fitur keamanan biometrik melalui teknologi pengenal wajah (face recognition) pada Windows Hello. Harga Surface Go 3 terbagi sesuai dengan jeroannya, yaitu:

  • Intel Pentium Gold 6500Y, RAM 4GB dan 64GB: mulai dari US$400 (Rp5,7 juta)
  • Intel Pentium Gold 6500Y, RAM 8GB dan SSD 128GB: mulai dari US$550 (Rp7,83 juta)
  • Intel Core i3-10100Y, RAM 8GB dan SSD 128GB: mulai dari US$630 (Rp9 juta)

3. Surface Slim Pen 2

Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!Surface Slim Pen 2 (Dokumentasi Microsoft)

Untuk smart pen-nya, Microsoft menawarkan Slim Pen 2 yang dapat digunakan dengan lini Surface dalam daftar ini. Ramah untuk para seniman dan desainer, Slim Pen 2 membuatmu seperti memegang alat tulis dan gambar asli! Selain Surface, Slim Pen 2 dapat digunakan di layar perangkat yang mendukung Microsoft Pen Protocol (MPP).

Slim Pen 2 dilengkapi dengan chip Microsoft G6 dan koneksi Bluetooth 5.0, sehingga menjamin latensi rendah. Selain itu, Slim Pen 2 juga menawarkan fungsi haptic yang membuat aktivitas menulis dan menggambar terasa realistis seperti di atas kertas.

Dengan fungsi dan chip-nya sendiri, desain Slim Pen 2 juga membuatnya lebih mudah digunakan dan responsif! Tahan hingga 15 jam sekali isi daya, Slim Pen 2 dipatok dengan harga mulai dari US$130 (Rp1,85 juta).

Baca Juga: 7 Fitur Windows 10 yang Microsoft Hilangkan di Windows 11

4. Ocean Plastic Mouse

Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!Ocean Plastic Mouse (Dokumentasi Microsoft)

Pada Agustus 2020 lalu, Microsoft telah "bersumpah" untuk mengakhiri penggunaan plastik pada 2050 dan memproduksi tanpa limbah per 2030. Dalam rangka mewujudkan visinya, Microsoft menghadirkan tetikus/mouse yang dibuat dari plastik daur ulang di laut atau Ocean Plastic!

Microsoft mengatakan bahwa sasis Ocean Plastic mouse 20 persen terbuat dari plastik daur ulang. Selain itu, mouse ini juga dikemas dengan kemasan yang 100 persen dapat didaur ulang. Menjamin kinerja tetap andal, Microsoft mengklaim baterai mouse dapat bertahan hingga 12 bulan!

Dengan peluncuran ini, Microsoft juga mengundang orang-orang untuk menyumbangkan mouse lamanya agar bisa didaur ulang. Harga Ocean Plastic mouse dipatok di harga mulai dari US$25 (Rp356 ribu).

5. Surface Adaptive Kit

Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!Surface Adaptive Kit (Dokumentasi Microsoft)

Pada 2018 lalu, Microsoft mendulang pujian karena menciptakan XBOX Adaptive Controller untuk para gamer dengan disabilitas. Sekarang, Microsoft kembali menyentuh hati dunia dengan merilis Surface Adaptive Kit, tanda Microsoft mendengarkan aspirasi para penggunanya dengan disabilitas.

Surface Adaptive Kit sendiri terdiri dari label keycap, bump, penanda port dan kabel, serta pembuka layar laptop dan penyangga perangkat Surface. Dengan Surface Adaptive Kit, tombol laptop dan tablet Surface buatan Microsoft jadi semakin mudah diakses bagi mereka dengan disabilitas.

6. Surface Duo

Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!Surface Duo 2 (Dokumentasi Microsoft)

Yang paling ditunggu, Microsoft mengumumkan peluncuran Surface Duo 2, upaya untuk tetap kompetitif di pasar foldable phone yang kian memanas. Dari segi layar, Surface Duo 2 memiliki 2 layar OLED berukuran masing-masing 5,8 inci dengan resolusi 1344x1892p. Saat dibuka, Surface Duo 2 mengusung layar 8,3 inci dengan refresh rate 90Hz.

Surface Duo 2 didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 888 yang mendukung jaringan 5G. Meski tak mendukung wireless charging, Surface Duo 2 telah mendukung fitur NFC untuk pembayaran non-tunai. Microsoft mengatakan baterai Surface Duo 2 dapat bertahan "sepanjang hari".

Surface Duo 2 dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terbagi menjadi:

  • 12MP lensa wide, f/1,7, OIS
  • 12MP lensa telephoto, f/2,4, OIS
  • 16MP lensa ultra wide, f/2,2
Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!Surface Duo 2 dengan Surface Slim Pen 2 (Dokumentasi Microsoft)

Seperti lini Surface lain di daftar ini, Surface Duo 2 juga mendukung Surface Slim Pen 2. Malah, Microsoft telah menyediakan case Surface Duo 2 di mana kamu dapat menempelkan Surface Slim Pen 2 untuk dibawa ke mana pun sambil diisi daya.

Cocok juga untuk para gamer, dua layar Surface Duo 2 dapat dijadikan layar utama dan controller! Mendukung kompatibilitas tampilan untuk sekitar 150 game, ada tiga game yang ikut dipamerkan bersama Surface Duo 2, yaitu:

  • Asphalt Legends 9
  • Modern Combat 5
  • Dungeon Hunter 5

Mendukung koneksi 5G, mendukung Slim Pen 2, ramah untuk gaming, dan mengoperasikan Android 11, Microsoft membanderol Surface Pro 2 di harga mulai dari US$1.500 (Rp21,4 juta).

7. Surface Laptop Studio

Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!Surface Laptop Studio (Dokumentasi Microsoft)

Diklaim sebagai lini flagship Surface tahun ini, Microsoft akhirnya merilis Surface Laptop Studio. Untuk produk ini, Microsoft merombak tampilan layar yang dapat dilepas, menjadi layar yang dapat ditarik dari laptop menjadi tablet atau mode "Studio".

Surface Laptop Studio menggunakan tampilan PixelSense Flow selebar 14,4 inci dengan resolusi 2400x1600p, refresh rate 120Hz, dan Dolby Vision. Selain itu, Surface Laptop Studio menggunakan engsel Dynamic Woven yang lebih fleksibel dan tahan lama. Surface Laptop Studio dapat berubah ke 3 mode:

  • Laptop: mode layaknya laptop biasa
  • Stage: layar dapat ditarik ke depan, sehingga menutupi keyboard, cocok untuk bermain gamestreaming, atau menulis dan menggambar dengan Slim Pen 2
  • Studio: dari mode Stage, layar Surface Laptop Studio dilipat sehingga "mirip tablet", cocok untuk menulis, menggambar, atau mengerjakan karya seni digital  

Surface Laptop Studio memiliki dua port USB-C yang mendukung Thunderbolt 4 untuk tampilan beresolusi tinggi, port Surface Connect untuk pengisian daya, dan lubang jack headphone 3,5mm. Sisi samping Surface Laptop Studio juga dapat digunakan untuk mengisi daya Slim Pen 2.

Microsoft Luncurkan 7 Produk Surface Baru, Ada HP Lipat!tiga mode Surface Laptop Studio (kiri-kanan: mode Laptop, Stage, dan Studio) (Dokumentasi Microsoft)

Surface Laptop Studio dibanderol dengan harga mulai dari US$1600 (Rp22,8 juta). Opsi RAM terbagi jadi 16 dan 32GB, dengan memori internal SSD 2TB yang bisa diganti. Dibekali dengan prosesor quad core Intel Gen 11 dengan variasi mulai dari Core i5 hingga Core i7, apa bedanya?

  • Model i5 ditemani dengan Intel Iris Xe
  • Model i7 ditemani dengan NVIDIA RTX 3050 Ti dan VRAM 4GB.

Itulah seluruh produk lini Surface baru yang diluncurkan oleh Microsoft. Seluruh perangkat ini akan diluncurkan secara resmi ke pasaran pada 5 Oktober mendatang, bertepatan dengan peluncuran resmi Windows 11!

Baca Juga: Microsoft: Mau Upgrade Gratis Windows 11? Tunggu 2022, ya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya