Comscore Tracker

Samsung Klaim Sedang Kembangkan Chip 3nm, Secepat Kilat!

Saat ini, baru chip 4nm yang tercepat

Sebagai salah satu perusahaan teknologi besar dunia, Samsung tidak ingin ketinggalan. Selain memproduksi gadget dan peralatan rumah tangga, perusahaan asal Korea Selatan ini juga memproduksi chip untuk kamera dan jeroan HP.

Bersaing dengan kompetitor seperti Qualcomm dan MediaTek, Samsung tidak ingin kecolongan. Oleh karena itu, saat kompetitor masih sibuk dengan chip fabrikasi 4 nanometer (4nm), Samsung mengklaim tengah sibuk dengan chip 3nm!

1. Lebih cepat dari estimasi

Samsung Klaim Sedang Kembangkan Chip 3nm, Secepat Kilat!Samsung memproduksi wafer chip 3nm di pabrik Hwaseong (Dok. Samsung)

Dilaporkan 9to5Google, Samsung mengumumkan telah memulai produksi chip fabrikasi 3nm. Mengejutkannya, proses ini lebih awal dibanding Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang berencana di paruh kedua 2022, mengukuhkan posisi Samsung sebagai pionir chip 3nm.

Menurut SamMobile pada April 2022, Samsung dikatakan tengah kesulitan dengan produksi chip 3nm. Pengumuman produksi chip 3nm Samsung ini juga sekaligus mematahkan anggapan tersebut. Samsung akan memulai produksi di pabrik Hwaseong, sebelum migrasi ke Pyongtaek.

Baca Juga: Fans Samsung? Ini 7 Produk Samsung Terbaik di 2022

2. Lebih cepat, lebih efisien, lebih hemat daya

Untuk chip 3nm ini, Samsung mengandalkan arsitektur transistor Gate-All-Around untuk menjamin performa dan penghematan daya. Samsung mengklaim bahwa chip 3nm ini lebih hemat daya 45 persen dan 23 persen lebih gahar dalam hal performa.

Chip 3nm ini akan menggunakan teknologi Multi-Bridge-Channel FET (MBCFET). Selain mengurangi tingkat tegangan suplai untuk meningkatkan efisiensi daya, MBCFET juga meningkatkan performa chip dengan meningkatkan kemampuan arus penggerak.

Dalam tulisan blognya, Samsung menjelaskan bahwa chip 3nm akan meningkatkan performa hingga 30 persen, menghemat daya hingga 50 persen, dan mengurangi ukuran chip 35 persen.

3. Belum meluncur ke HP

Samsung Klaim Sedang Kembangkan Chip 3nm, Secepat Kilat!Samsung memproduksi wafer chip 3nm di pabrik Hwaseong (Dok. Samsung)

Meski begitu, perlu diingat, perbandingan ini dilakukan dengan chip 5nm, bukan dengan chip 4nm yang umum dipakai di 2022. Contoh chip 5nm adalah Snapdragon 888 buatan Qualcomm atau Exynos 2100 buatan Samsung. Chip 4nm masa kini adalah Dimensity 9000 buatan MediaTek atau Snapdragon 8 Gen 1 buatan Qualcomm.

Pada akhir Mei, 9to5Google melaporkan bahwa chip Google Tensor generasi kedua yang diproduksi Samsung akan disematkan dalam prosesor 4nm pada Google Pixel 7. Dengan kata lain, kecil kemungkinannya untuk melihat chip Google Tensor teranyar ini pada chip 3nm.

Untuk saat ini, Android Authority melaporkan bahwa chip 3nm Samsung ini akan dioptimasikan untuk sistem berspesialisasi. Meski begitu, Samsung menjamin bahwa chip ini akan meluncur ke HP pada waktunya.

Baca Juga: Samsung Bakal Stop Bikin LCD, Ada Apa Gerangan?

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya